2 Jenis Ayam yang Paling Enak Dimasak Opor, Rendang, atau Gulai


Loading...
Jika Anda ingin memasak opor ayam, rendang ayam, atau gulai ayam sebagai hidangan spesial untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) tahun ini, sepertinya Anda wajib tahu jenis ayam apa yang tepat untuk digunakan. Dengan memilih satu dari 2 jenis ayam ini, masakan Anda dijamin terasa lezat banget.

Meski namanya sama-sama ayam, namun Anda wajib tahu bahwa ayam dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Setidaknya, ada 3 jenis ayam yang umum digunakan sebagai bahan masakan. Yaitu, ayam broiler atau ayam sayur, ayam merah atau ayam horen, dan ayam kampung atau ayam Jawa.

potongan ayam

Lantas, dari 3 jenis ayam tersebut, mana yang paling enak jika dimasak opor, rendang, atau gulai? Dan, apa alasannya ayam tersebut hingga membuat masakan opor, rendang, atau gulai yang kita buat nanti akan terasa sangat lezat?

Biar tak penasaran dan bisa memuaskan selera kelurga dengan masakan kita untuk Lebaran nanti, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Ayam merah atau ayam horen

ayam merah/ayam broiler

Disebut ayam merah karena ayam ini memiliki warna bulu cokelat kemerahan. Masyarakat di daerah lain, juga umum menyebutnya ayam horen.

Dibanding dengan ayam broiler atau ayam sayur, ayam merah punya banyak keunggulan. Antara lain, dagingnya yang lebih banyak, serat dagingnya lebih tebal, kandungan airnya tidak terlalu banyak.

Namun, kandungan lemak pada ayam merah tergolong cukup banyak. Meski begitu, tetap itulah yang membuat salah satu jenis ayam ini cocok dimasak opor, rendang, atau gulai. Dengan kandungan lemak yang cukup banyak, cita rasa masakan akan menjadi lebih gurih.

Selain itu, ayam merah juga tidak banyak menyusut bila dimasak. Itu karena serat dagingnya yang lebih tebal dan tidak mengandung banyak air.

Cita rasa kaldu ayam merah juga sangat khas. Hal ini pula yang membuat ayam merah atau ayam horen sangat cocok jika dimasak menjadi opor, rendang, atau gula yang notabene juga menonjolkan cita rasa gurih dari bahan utama yang digunakan.

2. Ayam kampung atau ayam Jawa

ayam kampung/ ayam Jawa

Dari tiga jenis ayam yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, ayam kampung atau ayam Jawa-lah yang paling unggul. Pasalnya, ayam kampung memiliki cita rasa kaldu yang sangat khas dan istimewa.

Jika dimasak opor, rendang, atau gulai, cita rasa kuahnya nanti akan menjadi sangat gurih. Selain itu, kandung lemak dari ayam kampung juga tidak terlalu banyak.

Pasalnya, ayam ini biasanya dipelihara sebagai hewan ternak dengan cara dibiarkan mencari pakan sendiri. Karena sering bergerak (tidak dikandang terus).

Sehingga, kandungan lemaknya berkurang. Tidak seperti dua jenis ayam yang telah disebutkan sebelumnya, yakni lemak dan gampang putus asa.

Nah, bila Anda ingin masak opor ayam, rendang ayam, atau gulai, pakailah ayam merah atau ayam kampung karena cita rasa kaldunya sangat kuat.

Adapun referensi dari ketiga masakan tersebut dapat Anda simak, perlihatkan:
1. Resep gulai ayam kampung cabai gelondongan.
2. Terkuak! Beginilah cara membuat opor ayam kampung agar cepat empuk dan hemat gas.
3. Resep daging ayam istimewa.

Nah, sekarang Anda sudah semakin mengertikan, Semoga bermanfaat!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 Jenis Ayam yang Paling Enak Dimasak Opor, Rendang, atau Gulai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel