14 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Part 1


Loading...
Setiap manusia pasti mengalami rambut rontok. Perlu Anda ketahui bahwa sudah menjadi fenomena yang wajar jika manusia mengalami rabot rontok kurang dari 50 helai per hari.

Jangan khawatir, sebab setiap manusia rata-rata memiliki 100 ribu helai rambut di kepala dan helai rambut baru pada waktu bersamaan menggantikan rambut yang rontok. Namun, jika kerontokan rambut yang Anda alami lebih dari rata-rata kewajaran, maka itu yang kemudian menjadi masalah.

rambut rontok pada pria dan wanita

Nah, sebenarnya apa saja sich penyebab rambut rontok dan bagaimana cara mengatasinya. Simak ulasannya berikut ini!

1. Sering begadang

begadang dapat memicu rambut rontok
diperoleh dari keepo.me

Tak perlu dipungkiri bahwa pola hidup sering begadang sangat tidak baik untuk kesehatan. Manusia jadi gampang capek dan sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh.

Dan, kondisi ini pula yang mengganggu siklus rambut. Akibatnya, rambut lebih cepat mengalami kerontokan.

Cara mengatasinya tentu dengan merubah pola hidup yang tadinya sering begadang menjadi pola hidup sehat. Yaitu, tidur sebelum pukup 10 malam, dan bangun sebelum waktu Subuh.

Anda juga perlu membiasakan diri tidur siang. Minimal 10 menit untuk menyegarkan kondisi badan.

2. Genetik

Faktor genetik atau keturunan menjadi penyebab klasik dari rambut rontok. Jika Anda memiliki keturunan botak, maka bersiap-siaplah untuk mengalami hal yang sama.

Bahkan, Anda akan mengalami kerontokan rambut yang lebih parah. Meski seiring dengan pertumbuhan rambut baru mana kala ada rambut yang rontok, namun celakanya helai rambut baru tersebut biasanya akan punya tekstur yang semakin halus dan tipis dari sebelumnya. Sebab, folikel rambutnya mengecil, dan celakanya lagi lama-kelamaan akan berhenti tumbuh.

Namun tak perlu terlalu risau, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat dan memakan serum penumbuh rambut dan mengatasi kerontokan rambut. Mulai dari obat dan serup alami hingga kimia. Dan, konsultasikan masalah rambut rontok Anda dengan dokter.

3. Stres

stres dapat memicu rambut rontok
diperoleh dari citraindonesia.com

Segala macam trauma dan tekanan hidup dapat memicu kondisi stres. Hal ini pun dapat menjadi penyebab rambut rontok. Jika tak segera diatasi, maka kerontokan yang dialami pun bakal menjadi semakin parah.

Ada tiga fase penting terkait siklus hidup rambut. Yakni, fase pertumbuhan, istirahat, dan rontok. Dan, stres berat dapat menggangu siklus kehidupan rambut.

Tandanya bisa dilihat dari helai rambut yang rontok. Jika helai rambut yang rontok sampai akar, artinya helai rambut telah melalui keseluruhan fase pertumbuhan. Dan, hal ini mengindikasikan bahwa sikluskan telah dipercepat akibat pengaruh stres.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Rambut yang rontok akibat stres, intensitas rontoknya akan kembali normal seiring dengan kondisi Anda. Dengan kata lain, rambut Anda akan kembali normal jika Anda sudah tak mengalami stres.

Jadi, jangan terlalu khawatir. Cukup perbaiki pola pikir Anda agar tidak terjebak dalam kondisi stres yang berkepanjangan.

4. Kelebihan vitamin A

kelebihan vitamin A dapat memicu rambut rontok
diperoleh dari okeinfo.net

Vitamin A tentu sangat baik untuk menunjang kesehatan. Tapi, jika kelebihan justru akan merusak kesehatan rambut. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi vitamin A dalam bentuk suplemen atau obat-obatan tertentu akan memicu kerontokan rambut.

Cara mengatasinya tentu saja dengan membatasi konsumsi suplemen atau obat-obatan tertentu yang mengandung vitamin A. Beralihkan dengan mengonsumsi bahan alami yang mengandung vitamin A secara wajar dan cukup.

Nah, itulah 4 penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya. Simak faktor penyebab rambut rontok lainnya di part 2. Semoga berguna!

Sumber: hellosehat.com, healt.com, webmd.com
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "14 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Part 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel