14 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Part 2


Loading...
Bukan cuma menghantui kaum pria, kebotakan yang dipicu masalah rambut rontok juga dialmi sebagian wanita. Tak jarang hal ini membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Wajar, karena rambut ibarat mahkota bagi manusia.

Masakan rambut rontok ternyata memiliki banyak faktor penyebab, bukan cuma faktor usia dan genetika. Lantas apa saja faktor penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya?

rambut rontok tidak cuma dialami para pria, tapi juga para wanita.
diambil dari istanacerita.com

Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Kekurangan vitamin B

aneka bahan makanan kaya vitamin B untuk mengatasi rambut rontok
bahan makanan kaya vitamin B/diambil dari naturesown.com

Kalau di part 1 disebutkan salah satu penyebab rambut rontok adalah kelebihan vitamin A, rupanya kekurangan vitamin B juga bisa memicu masalah kerontokan rambut. Namun jangan terlalu risau, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin B. Di antaraya, daging ikan, jagung, labu, kacang polong dan kacang-kacangan lainnya, kentang, serta alpukat. Atau, rutin mengonsumsi suplemen vitamin B.

2. Kekurangan protein

aneka bahan makanan kaya protein untuk mengatasi masalah rambut rontok
bahan makanan kaya protein/diambil dari vixendaily.com

Selain lebih banyak mengonsumsi bahan makanan kaya vitamin B, Anda juga wajib lebih banyak mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Misalnya, daging sapi, daging ayam, telur dan beberapa jenis ikan.

Pasalnya, protein adalah zat pembangun utama tubuh, tak terkecuali sel rambut. Lantaran asupan protein yang terlalu rendah, bukan tidak mungkin akan melemahkan struktur rambut dan memperlambat proses pertumbuhan rambut.

Menurut AKG Kementerian Kesehatan RI, rata-rata angka kecukupan protein adalah 56-59 gram per hari bagi wanita. Dan, 62-66 gram per hari bagi pria.

3. Anemia

anemia dapat menyebabkan rambut rontok.
ilustrasi/diambil dari hellosehat.com

Anemia atau yang lebih dikenal dengan sebutan kekurangan darah juga dapat memicu masalah rambut rontok. Gejalanya antara lain, kulit terlihat pucat, lemah tubuh, cepat lelah, dan tubuh terasa lemas.

Adapun anemia adalah karena tubuh kekurangan zat besi. Padahal zat besi memiliki peran penting membawa oksigen ke sel-sel tubuh lewat darah, termasuk ke foliker rambut. Maka dari itu jika orang mengalami anemia biasanya juga mengalami rambut rontok.

Cara mengatasinya tentu saja dengan mengonsumsi zat besi dalam jumlah cukup. Beberapa alteranif selain mengonsumsi suplemen penambah darah, Anda bisa memasukkan beberapa menu makanan kaya zat besi ke dalam jadwal makan setiap hari.

Adapun beberapa bahan makanan kaya zat besi, antara lain, sayuran berzat hijau daun, kacang mede, daging, unggas, sereal, pasta, buah-buahan kering, dan daun bawang. Dalam mencukupi konsumsi zat besi, ada baiknya dibarengi dengan mengonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup. Sebab, vitamin C dapat memperlancar penyerapan zat besi.

Nah, itulah beberapa penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya yang bisa County Food jelaskan pada part 2 ini. Simak kelanjutannya pada part 3. Semoga berguna!

Sumber:Kemenkes RI, hellosehat.com
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "14 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Part 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel