3 Tips Mudah Memasak Pare Agar Tidak Pahit


Loading...
Pare adalah tanaman merambat dari suku labu-labuan yang buahnya pahit. Tanaman ini cukup populer di Indonesia karena kerap dimanfaatkan sebagai bahan makanan maupun sebagai pengobatan alternatif.

Daging buahnya pare dipercaya dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, regenerasi hati, menurunkan berat badan, kesehatan kulit, meredakan gangguan pernapasan hingga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Cara memanfaatkannya juga cukup mudah, daging buah pare langsung dikonsumsi atau diolah terlebih dahulu menjadi jus.

pare

Meski rasanya pahit, pare juga banyak diolah menjadi berbagai masakan lezat. Pada beberapa kesempatan sebelumnya, County Food juga sudah pernah mengulas berbagai resep masakan berbahan pare. Antara lain, resep masak pare isi botok tahu & udang serta resep tumis pare tempe dan udang pedas enak mudah diaplikasikan.

Walau begitu, tak sedikit pula orang yang menghindari makan pare karena tak tahan atau tak suka dengan rasanya yang pahit. Tapi jangan khawair, pada kesempatan ini County Food akan mengulas 3 tips mudah memasak pare agar tidak pahit.

Lantas bagaimana caranya? Silakan simak ulasannya berikut ini.

1. Menggunakan garam

Rasa asin pada garam ternyata dapat dimanfaatkan untuk meredam rasa pahit buah pare lho! Caranya juga cukup mudah. Anda tinggal melarutkan 2 sendok makan garam dengan 200 mililiter air putih. Masukkan 1-2 buah pare yang sudah dipotong-potong pada larutan garam. Diamkan selama 15-25 menit. Setelah itu, bilas dengan air mengalir sampai bersih. Nah, potongan daging buah pare sudah siap dimasak.

2. Menggunakan daun jambu biji

Bukan cuma untuk meredakan diare, daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa pahit daging buah pare. Caranya, rebus daun jambu biji dengan air sampai mendidih. Gunakan air daun jambu biji tersebut untuk merendam potongan daging buah pare. Diamkan sampai pare menjadi layu, angkat, dan tiriskan. Sampai di sini, potongan daging buah pare sudah bisa digunakan untuk memasak.

3. Menggunakan gula pasir

Dari dua tips sebelumnya, tips yang ketiga ini yang paling mudah. Untuk menghilangkan rasa pahit daging buah pare, Anda cukup meremas-remas pare dengan gula pasir. Caranya, siapkan 3-4 sendok makan gula pasir dan letakkan pada baskom. Setelah 2 buah pare dipotong-potong, balur dengan gula pasir, kemudian diremas-remas. Setelah itu, bilas dengan air mengalir. Potongan daging buah pare sudah siap dimasak.

Nah, itulah 3 tips paling mudah memasak pare agar tidak pahit. Masih ada banyak tips lain yang juga sangat bermanfaat dan mudah diaplikasikan. Seperti: Terkuak! Begini cara memasak telur asin mentah agar mansir atau cara ampuh untuk menahan nafsu makan dan ngemil berlebihan. Semoga berguna!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Tips Mudah Memasak Pare Agar Tidak Pahit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel