Agar Tetap Sehat, Hindari 3 Cara Memasak Telur Seperti Ini


Loading...
Telur merupakan salah satu sumber protein bagi kita. Selain kaya akan vitamin serta nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, telur juga tergolong sebagai bahan makanan yang mudah diolah.

Tak ayal jika banyak varian masakan berbahan telur, seperti resep telur mata sapi tumis sambal tomat serta resep telur petis enak bikin ketagihan. Tak hanya itu, telur juga biasa dipakai sebagai pelengkap atau bahan tambahan supaya masakan menjadi terasa lebih lezat. Lihat aneka resep nasi goreng spesial dan istimewa part 1 serta resep cumi goreng saus telur asin sederhana.


Meski enak dan berkhasiat menyehatkan badan, tapi jika dikonsumsi secara tidak benar, maka telur juga bisa malah menjadi sumber masalah bagi kesehatan. Nah, agar tetap sehat, ada baiknya jika Anda mengetahui hal apa saja yang harus dihindar ketika masak telur.

1. Memakai minyak sayur atau minyak goreng terlalu banyak

Selain sumber protein yang tinggi, telur juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, mencapai 186 miligram dan hampir 100 persen di antaranya terkandung di dalam kuning telur. Penggunaan minyak sayur atau minyak goreng yang terlalu banyak saat memasak telur tentu saja akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Simak juga: Banyak yang belum tahu, ternyata begini cara tepat meyimpan telur di dalam kulkas

2. Menambahkan aneka bahan makanan lemak hewani tinggi

Apakah Anda terbiasa makan telur dan sosis atau daging secara bersamaan? Jika iya, sebaiknya hindari. Pasalnya, lemak yang terkandung di dalam berbagai macam bahan makanan mengandung lemak hewani tinggi akan semakin menambah risiko terserang penyakit kolesterol dan jantung jika dimasak bersama telur yang notabene mengandung kolesterol tinggi.

Simak juga: Vatal! Inilah kesalahan yang sering kita lakukan saat menggoreng telur

3. Memasak telur dengan mentega atau margarin

Selain minyak sayur atau minyak goreng, sebisa mungkin hindari juga menggunakan mentega atau margarin ketika memasak telur atau menggoreng telur. Asal tahu saja, lemak jenuh pada margarin dan mentega tergolong cukup tinggi. Hal ini sangat berisiko bagi kesehatan, utamanya pada kadar kolesterol dan kesehatan jantung. Solusinya, Anda bisa menggantinya dengan minyak zaiutun atau olive oil.

Simak juga: Jangan cuma dimakan gelondongan, dimasak begini, tak disangka telur asin berubah jadi sajian istimewa lezat baget!

Nah, setidaknya itu dia 3 hal yang sebisa mungkin kita hindari ketika memasak telur agar tetap sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, hal yang wajib diketahui adalah jangan terlalu banyak mengonsumsi telur. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, setidaknya mengonsumsi telur sebanyak 2 butir sehari itu sudah cukup.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Agar Tetap Sehat, Hindari 3 Cara Memasak Telur Seperti Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel