Penderita Hipertensi Wajib Tahu! Ini Lho 6 Menu Makanan Penakluk Tekanan Darah Tinggi dan Gejalanya


Loading...
Hipetensi atau yang dikenal orang awam sebagai tekanan darah tinggi merupakan suatu penyakit yang sangat berhubungan dengan kiner jantung dalam memompa darah melalui jaringan saraf ke seluruh tubuh. Biasanya tekanan darah tinggi ini juga disebabkan karena adanya penyumbatan pada saraf di dalam tubuh.

Penyebab penyakit hipertensi juga kerap dihubungkan dengan kebiasaan hidup (gaya hidup) tidak sehat dan pola makan yang tidak benar. Seperti, kebiasaan merokok, sering mengonsumsi makanan berkadar garam tinggi, dan kerap juga dihubungkan dengan penyakit diabetes.

ilustrasi hipertensi (tekanan darah tinggi)

Gejalanya pun beragam. Lihat: Waspada! Inilah 7 gejala hipertensi yang mungkin tidak pernah kita sadari. Penyakit ini juga dapat berakibat fatal karena bisa menyebabkan penyakit munculnya penyakit mematikan, seperti penyakit jantung dan stroke.

Tentu Anda akan setuju dengan ungkapan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Nah, membiasakan diri melakukan gaya hidup serta pola makan sehat menjadi sangat penting sebagai upaya pencegahan. Karena dua hal tersebut setidaknya dapat menghindarkan kita dari risiko penyakit hipertensi. Terlebih bagi Anda sebagai penderita hipertensi.

Upaya untuk mengobati hipertensi tak melulu dengan terapi obat-obatan. Kita juga bisa melakukan pencegahan serta pengobatan dengan mengonsumsi bahan makanan alami yang secara khusus memiliki kandungan zat atau nutrisi yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Mau tahu apa saja bahan makanan yang bisa diolah menjadi makanan penakluk tekanan darah tinggi? Simak ulasannya berikut ini!

1. Buah-buahan kaya vitamin C

salad buah

Tak sedikit penelitian yang menyimpulkan bahwa vitamin C yang diperoleh dari buah-buahan dapat mengurani kemungkinan tekanan darah tinggi. Adapun aneka buah kaya vitamin C, antara lain, jeruk, kiwi, cranberry, jambu biji, anggur, dan stroberi.

Nah, aneka buah tersebut dapat kita olah menjadi menu makanan penurun tekanan darah tinggi. Salah satunya dengan mengolahnya menjadi bermacam jus.

2. Pisang

nugget pisang aneka topping

Selain buah kaya vitamin C, pisang juga menjadi salah satu buah yang penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi 1-2 buah pisang per hari guna mengontrol tekanan darah tinggi.

Agar tidak bosan, ada bisa mengolahnya menjadi berbagai menu makanan. Mulai dari jus hingga nugget pisang.

3. Bayam

cah bayam

Selain vitamin C, zat besi, folat, dan magnesium dari makanan yang kaya akan zat hijau daun ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ada berbagai jenis masakan yang dapat Anda masak dengan memanfaatkan bayam. Mulai dari cah bayam hingga sayur bening bayam.

4. Bawang putih

bawang putih

Bukan cuma ampuh untuk meredakan perut kembung dan masuk angin, mengonsumsi bawang putih juga sangat baik untuk menurunkan risiko penyakit hipertensi hingga penyakit jantung. Mengolah menu makanan berbahan bawang putih tentu tidak sulit, karena hampir semua masakan tradisional Indonesia menggunakan bawang sebagai salah satu bumbunya.

5. Brokoli

brokoli kukus

Selain berguna untuk mengontrol kadar gula darah, insulin, dan menyehatkan jantung, brokoli yang kaya dengan potasium dan krom ini juga sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi guna menurunkan tekanan darah tinggi. Selain sup atau sop, Anda bisa mengolah brokoli menjadi berbagai menu makanan sehat lain.

6. Tomat

sup tomat

Lycopene (antioksidan) yang kaya pada buah tomat dipercaya sangat ampuh untuk menaklukkan tekanan darah tinggi. Tak heran jika banyak penderita darah tinggi yang menongsumsinya secara teratur gunakan mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Sama seperti brokoli, Anda juga bisa mengolah berbahai makan sehat berbahan tomat.

Nah, itulah beberapa bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai menu makanan guna menurunkan tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penderita Hipertensi Wajib Tahu! Ini Lho 6 Menu Makanan Penakluk Tekanan Darah Tinggi dan Gejalanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel