Waspada! Inilah 7 Gejala Hipertensi yang Mungkin Tidak Pernah Kita Sadari


Loading...
Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan penyakit tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah mencapai lebih dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Sedang pada kondisi normal tekanan darah berkisar di angka 120/80 mmGH. Kondisi tersebut berkaitan erat dengan kinerja jantung dalam  memompa darah ke seluruh tubuh.

Ada berbagai faktor penyebab hipertensi. Mulai dari kebisaan merokok, efek samping dari beberapa jenis obat, seperti obat gagal ginjal, jantung, dan bahkan karena efek samping mengonsumsi pil KB dan obat flu hingga terlalu seringnya mengonsumsi makanan asin. Penderita hipertensi wajib tahu! Ini lho 6 menu makanan penakluk tekanan darah tinggi dan gejalanya.

ilustrasi: hipertensi (tekanan darah tinggi)

Pada kondisi tertentu, hipertensi dapat menyebabkan munculnya penyakit berisiko tinggi. Seperti, penyakit jantung dan stroke. Jika tak diwaspadai, penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian.

Oleh sebab itu, sebagai langkah untuk mewaspadai hipertensi, tak ada salahnya jika kita berusaha untuk mengetahui gejala hipertensi yang mungkin selama ini tidak kita sadari.

1. Sakit kepala

Gejala yang umum terjadi ketika seseorang mengalami hipertensi adalah sakit kepala. Yang penting untuk diketahui adalah kondisi sakit kepala tersebut tak akan muncul pada kondisi hipertensi yang ringan. Pada kondisi yang lebih serius, sakit kepala biasanya akan terasa secara terus-menerus.

2. Mimisan

Gejala hipertensi yang biasanya tersejadi adalah keluarnya darah dari lubang hidung secara tiba-tiba (mimisan). Ini merupakan gejala awal dari hipertensi. Pada kondisi lanjut, mimisan terjadi sulit dihentikan.

3. Mati rasa (kesemutan)

Mati rasa atau yang biasa dikenal dengan kesemutan ini bisa jadi merupakan gejala hipertensi. Celakanya, gejala tersebut kerap dikaitkan dengan tanda awal strok akibat meningkatnya tekanan darah. Pada kondisi yang lebih parah, hipertensi yang mengakibatkan strok dapat merusak fungsi dan kinerja saraf dalam tubuh.

4. Mual hingga muntah

Kebanyakan orang mengaitkan mual dengan gangguan lambung. Tapi, mual hingga muntah juga menjadi salah satu gejala hipertensi. Oleh sebab itu, gejala hipertensi yang satu ini menjadi satu dari sekian banyak gejala hipertensi yang wajib diwaspadai.

5. Pandangan kabur dan susah bernapas

Pada kondisi tertentu, gejala mual dan muntah kerap diikuti dengan kondisi mengalami pandangan kabur dan sulit bernapas.

6. Vertigo

Selain sakit kelapa, gejala khas dari hipertensi adalah penderitanya kerap mengalami vertigo. Penderitanya biasanya mengalami sakit di bagian kepala dan merasa ruangan berputar-putar di sekitarnya. Yang penting untuk diketahui adalah vertigo yang disertai dengan kesuitan berjalan hingga pingsan juga bisa menjadi gejala awal dari stroke.

7. Titik darah pada mata

Munculnya bintik merah atau biasa disebut titik darah pada bola mata. Kebanyakan orang kerap tidak menyadari gejala hipertensi yang satu ini. Padahal, munculnya bintik darah pada bola mata itu bisa jadi karena pembekuan darah akibat hipertensi.

Jika Anda mengalami satu atau beberapa dari gejala hipertensi tersebut, jangan panik! Segeralah berkonsultasi dengan dokter pribadi Anda. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan ya!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Waspada! Inilah 7 Gejala Hipertensi yang Mungkin Tidak Pernah Kita Sadari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel