Tanpa Air Sabun! Ini Cara Jitu Membersihkan Noda Berkerak di Lantai Keramik Rumah dan Teras


Loading...
Mengalasi rumah dengan lantai keramik sudah menjadi suatu keharusan. Sudah sejak lama hal itu dilakukan oleh masyarakt modern.

Wajar saja, dibanding dengan menggunakan lantai non-keramik, lantai keramik lebih mudah dan praktis dalam perawatannya. Salah satu keunggulannya dibanding jenis lantai semen atau yang lain adalah karena permukaan lantai keramik lebih mudah dibersihkan.

Selain lantai keramik konvensional, belakangan ini mulai muncul beberapa jenis lantai keramik. Salah satunya yang tengah ngetren adalah keramik granit.

lantai keramik rumah

Jenis lantai keramik granit diklaim lebih kokoh ketimbang lantai keramik konvensional. Oleh sebab itu, wajar jika dilihat dari sisi harga, lantai keramik granit lebih mahal daripada lantai keramik konvensional.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, pemilihan lantai keramik untuk rumah maupun lantai teras semakin populer dan masih bertahan hingga sekarang karena lebih mudah dibersihkan. Meski begitu, bukan berarti semua noda bisa dibersihkan dengan mudah jika tertinggal pada permukaan lantai keramik.

Terlebih jika noda tersebut telah tertinggal di lantai selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Meski tetap bisa dibersihkan, namun bukan berarti perkara yang mudah membersihkan noda yang sudah terlanjur tertinggal sekian lama itu. Tentu dibutuhkan 'treatment' khusus untuk menghilangkannya.

lantai keramik teras

Salah satu cara yang biasa kita lakukan adalah membersihkannya dengan menggunakan air sabun khusus, seperti cairan pembersih lantai. Memang cara tersebut dapat diandalkan. Tapi, biayanya relatif mahal.

Sebenarnya, ada juga lho bahan-bahan lain yang harganya relatif lebih murah dibanding air sabun untuk membersihkan noda berkerak di lantai keramik konvensional maupun lantai keramik granit. Dan bahan tersebut dapat kita jadikan sebagai alternatif cara jitu menghilangkan noda berkerak di lantai keramik rumah dan teras.

Mau tahu apa saja cari jitu tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Air lemon (jeruk nipis) dan cuka

lemon dan cuka

Jika di kulkas masih ada sisa lemon atau jeruk nipis, kita bisa memanfaatkan sari atau airnya untuk menghilangkan noda berkerak di lantai keramik lho. Agar bekerja lebih maksimak dalam menghilangkan noda, kita bisa menambahkan sedikit air cuka. Begini caranya;

  • Masukkan 4 sendok teh air cuka dan 4 sendok teh air lemon (jeruk nipis) ke dalam wadah berisi 50 mililiter air hangat, kocok sampai larut dan menyatu.
  • Tuang ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan cairan tersebut pada lantai yang bernoda atau berkerak, biarkan beberapa saat.
  • Usap atau gosok dengan kain pel sampai noda atau kerak hilang.


2. Larutan baking soda

larutan baking soda

Selain sebagai pengembang untuk kue dan roti, rupaya baking soda juga punya khasiat untuk menghilangkan noda yang berkerak atau membandel. Caranya;

  • Masukkan 2 sendok makan baking soda ke dalam botol semprot berisi 100 mililiter air bersih, kocok sampai larut.
  • Semprotkan larutan baking soda pada noda atau kerang membandel, dan diamkan beberapa saat.
  • Usap dengan kain pel sampai noda hilang.


3. Larutan baking soda dan cuka

baking soda dan cuka

Dibanding 2 larutan yang sudah disebutkan sebelumnya, larutan baking soda dan air cuka ini yang paling jitu untuk menghilangkan noda berkerak yang sangat membandel sekalipun. Caranya;

  • Masukkan 2 sendok makan baking soda dan 2 sendok makan air cuka ke dalam botol semprot berisi 100 mililiter air putih, kocok sampai larut dan menyatu.
  • Langsung saja semprotkan pada noda membandel yang tertinggal di lantai keramik rumah atau teras, diamkan sebentar.
  • Usap atau gosok sampai noda atau kerak membandel lenyap.


Nah, itulah 3 cara jitu menghilangkan noda berkerak yang membandel yang terlanjur tertinggal di lantai keramik rumah dan teras sekian lama. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan maksimal, selain menggunakan kain lap, Anda juga bisa memanfaatkan sikat gigi. Semoga berguna!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanpa Air Sabun! Ini Cara Jitu Membersihkan Noda Berkerak di Lantai Keramik Rumah dan Teras"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel