Agar Tidak Kembung Saat Menstruasi, Begini Caranya!


Loading...
Apakah Bunda kerap mengalami perut kembung saat haid atau menstruasi? Kalau iya, County Food punya solusinya.

Ketika menstruasi, tubuh wanita mengalami perubahan hormon. Salah satu dampaknya adalah perut kembung. Ini hal yang biasa.

Meski begitu, tetap saja kondisi tersebut sangat tidak mengenakkan. Apalagi kalau Bunda tetap harus melakukan berbagai aktivitas sebagai pekerja maupun ibu rumah tangga.

ilustrasi

Tapi tenang, ada beberapa cara kok yang bisa Bunda lakukan untuk menghilangkan kembung ketika masa menstruasi tiba. Dilansir dari Womenshealthmag.com, begini caranya!

1. Jangan makan makanan mengandung gas

Selama masa menstruasi, sebisa mungkinan jangan pernah mengonsumsi makanan mengandung gas. Misalnya, brokoli, kembang kol, selada, dan kol. Pasalnya, beberapa sayuran tersebut dapat memicu pembentukan gas di dalam perut. Sebaiknya, konsumsilah makanan berkarbohidrat agar pencernaan tetap nyaman.

2. Makan makan berprotein dan berkalium tinggi.

Selain makanan berkabohidrat, sering-seringlah mengonsumsi makanan dengan kadar protein dan kalium tinggi. Antara lain, pisang, asparagus, melon, dan tomat.

Diungkapkan Isabel Smith, R.D., ahli diet dari New York, Amerika Serikat, mengonsumsi berbagai makanan tersebut punya efek positif untuk meredakan kembung. Pasalnya, mineral yang terkandung di dalamnya dapat membantu membuang kelebihan gas ketika mengalami kembung.

Selain buah dan berbagai sayuran yang sudah disebut, masih ada beberapa makanan yang disarankan bagi wanita yang mengalami kembung saat menstruasi karena memiliki kadar protein tinggi.

Di antaranya, telur, tahu, dan tempe. Ketiga bahan makanan ini dapat menurunkan hormon penyebab perut kembung lho!

3. Kurangi konsumsi makanan manis

Selama menstruasi, khusus buat Bunda yang mengalami kembung, sebaiknya sebisa mungkin untuk mengurani konsumsi makanan manis. Pasalnya, gula dan makanan manis lainnya justru akan memicu pembentukan gas berlebihan di perut. Termasuk makanan kaya karbohidrat.

Meski boleh mengonsumsi karbohidrat selama menstruasi, tapi jumlahnya harus dijaga, tidak boleh berlebihan. Sebab, karbohidrat juga mengandung kadar gula. Bunda pasti tahu itu kan?

4. Lebih giat olahraga

Menstruasi bukanlah saatnya untuk bermalas-malasan. Olahraga justru punya peranan penting untuk menghindari perut kembung di masa-masa 'merah' tersebut. Dengan berolahraga, metabolisme di dalam tubuh, termasuk pencernaan, otomatis menjadi lebih baik. Sehingga, gas yang tidak diperlukan di dalam perut pun bisa keluar dengan sendirinya.

Nah, itu dia 4 cara yang bisa Bunda lakukan selama masa menstruasi agar terbebas dari perut kembung. Semoga berguna!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Agar Tidak Kembung Saat Menstruasi, Begini Caranya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel