Luar Biasa! Inilah Khasiat Rebusan Air Daun Salam yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui


Loading...
Sudah sejak lama masyrakat Indonesia mengenal daun salam. Ya, daun salam adalah tanaman berdaun tunggual dengan bentuk daun jorong-lonjong dan berbintik ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan karena aromanya yang sedap.

Tapi, tahukah Anda jika daun yang memiliki nama ilmiah Syzygium polyanthum ini menyimpan berbagai khasiat yang luar biasa untuk kesehatan?

Menurut Mediskus.com, daun yang memiliki nama lain Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel ini mengandung sejumlah komponen aktif mudah menguap dan berkhasiat sebagai antioksidan, antiseptik, serta dianggap memiliki sifat antikanker.

Tak heran jika didunia pengobatan alternatif, daun salam kerap disarankan sebagai obat berbagai penyakit. Salah satu cara mudah untuk mengonsumsinya adalah dengan memanfaatkan rebusan air daun salam.

rebusan air daun salam

Adapaun berberapa khasiat luar biasa dari mimun air rebusan daun salam, melansir Vemale.com, antara lain;

1. Membuat jantung tetap sehat

Rutin minum air rebusan daun salam disebut-sebut mampu membuat jantung kita tetap sehat. Pasalnya, kandungan asam caffeic, fitonutrien, dan senyawa salisilat pada daun salam bisa membantu mencegah stroke. Selain itu, flavonoid dari daun salam pun bisa membantu menstabilkan tekanan darah.

2. Penunjang diet sehat

Nah, bagi Bunda yang tengah menjalani program diet sehat, ada baiknya jika membiasakan diri minum air rebusan daun salam. Kenapa? Sebab, kandungan serat air rebusan daun salam bisa memberikan efek tidak mudah lapar. Jadi, kalau sudah makan, kita akan mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama.

Tak hanya itu, air rebusan daun salam pun mampu melancarkan metabolisme dan meluruhkan lemak jahat yang bersarang di dalam tubuh. Dengan didukung pola makan serta gaya hidup sehat, bukan tidak mungkin racun penyebab obesitas bisa terbuang dan berat badan pun bisa turun lebih cepat.

3. Meredakan sakit maag

Bagi Anda yang mengidap sakit maag, sangat disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun salam secara teratur. Alasannya, air rebusan daun salam dapat mengurangi rasa mual saat sakit maag kambuh.

4. Menjaga tubuh tidak mudah sakit

Air rebusan daun salam dianggap dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mangandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, B6, B12, C, dan D. Salah satu vitamin yang berperan aktif dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan sistem imun kita adalah vitamin C. Dengan begitu, tubuh menjadi tidak mudah sakit ringan, seperti batuk, flu, dan demam.

Lantas, bagaimana caranya membuat rebusan air daun salam? Mudah saja! Ada 2 cara yang bisa Bunda lakukan untuk membuat rebusan air daun salam.

Cara pertama untuk membuat rebusan air daun salam!

Siapkan 10 lembar daun salam dan 3 gelas air mineral. Rebus dengan api kecil sampai warnanya menjadi lebih gelap. Saring, dan langsung bisa diminum.

Cara kedua untuk membuat rebusan air daun salam!

Siapkan 30 lembar daun salam dan 2 gelas air mineral. Rebus air sampai mendidih, kemudian masukkan daun salam. Rebus dengan api kecil-sedang sampai air hanya sisa setengahnya saja. Saring, dan minum rebusan air daun salam dalam kondisi hangat atau dingin.

Buat Anda yang pertama kali mencoba, County Food sarankan untuk menggunakan cara yang pertama. Tapi, kalau sudah terbiasa minum jamu (pahit), silakan gunakan cara yang kedua.

Nah, sekarang Bunda tahu kan kalau daun salam itu punya banyak khasiat. Mulai sekarang, jangan cuma memanfaatkan daun salam sebagai bumbu masakan, tapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat ya Bunda.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Luar Biasa! Inilah Khasiat Rebusan Air Daun Salam yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel