Begini Tips atau Cara Memastikan Ikan Asap Diolah dari Ikan Segar


Loading...
Ikan asap merupakan salah satu olahan ikan asli Indonesia. Sebelum ada kulkas, orang zaman dulu melakukan pengasapan ikan segar hasil tangkapan dari laut agar lebih bisa bertahan lama.

Tapi yang menarik, dari hasil pengasapan ini, ikan laut tadi jadi memiliki aroma serta cita rasa yang khas dan unik. Kabar baiknya, cita rasanya tersebut banyak yang suka.

Mungkin itu pula yang membuat kuliner tradisional Indonesia ini masih eksis sampai sekarang. Selain itu, banyak juga varian resep masakan yang bisa diolah dari ikan asap. Seperti, resep mangut kuah merah dengan ikan asap & belimbing sayur serta resep ikan asap goreng asam pedas manis.

ikan asap

Jenis-jenis (Macam-macam) Ikan Asap

Dulu, hanya ikan laut yang diolah menjadi ikan asap. Tapi belakangan, mulai muncul produk ikan asap yang diolah dari ikan air hasil budidaya air darat.

Adapun beberapa jenis ikan asap, antara lain, ikan asap tongkol, ikan asap pari (pe), ikan asap manyung, dan ikan asap juwi. Keempat jenis ikan asap tersebut merupakan ikan laut.

Selain itu, ada juga ikan asap lele dan ikan asap bandeng. Sedangkan dua jenis ikan asap tersebut merupakan ikan hasil budidaya ikan di perairan darat (tawar/payau).

Celakanya, tidak semua ikan asap yang ada dipasaran diolah dari ikan segar. Ada juga produsen nakal yang mengolah ikan tidak segar menjadi ikan asap demi mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Tapi jangan khawatir, ada tips yang bisa kita gunakan untuk mengenali bahwa ikan asap yang akan kita beli diolah dari ikan segar. Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Bau khas

Ikan asap yang diolah dari ikan segar memiliki bau yang khas. Apapun jenis ikan yang diasap, jika berasal dari ikan segar, meski masih tercium sedikit bau amis, tapi bau asapnya lebih kuat.

Berbeda jika ikan asap diolah dari ikan yang sudah tidak segar lagi. Bau amisnya lebih menonjol daripada bau asapnya.

2. Daging ikan berwarna kemerahan

Daging ikan asap yang berasal dari ikan segar biasanya berwarna kemerahan. Tanda ini biasanya terlihat jelas pada jenis ikan asap pari dan ikan asam manyung.

Selain itu, tekstur daging ikan asap juga lebih kenyal. Sebaliknya, jika ikan asap bukan berasal dari ikan segar, biasanya tekstur dagingnya tidak kenyal.

3. Rasanya manis

Seperti ikan segar pada umumnya, meskipun telah melalui proses pengasapan, rasa daging ikan asap yang diolah dari ikan segar tentu saja sedikit manis. Tapi jangan harap mendapatkan rasa manis dari ikan asap yang diolah dari bukan ikan segar.

Nah, itulah tips atau cara yang dapat kita gunakan untuk mengenali apakah ikan asap yang akan kita beli diolah dari ikan segar atau tidak. Semoga bermanfaat!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Begini Tips atau Cara Memastikan Ikan Asap Diolah dari Ikan Segar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel