Mau Membuat Sambal Pecel Lele yang Enak Seperti di Warung Lamongan? Ini Rahasianya


Loading...
Siapa yang tak suka makan di warung pecel lele Lamongan? Pasti banyak yang suka kan. Selain rasanya yang lezat, makan di tempat tersebut cukup memuaskan, karena biasanya porsi yang disediakan lebih dari mengenyangkan.

Selain lele goreng yang dihidangkan bersama sambal dan lalapan, masih ada menu lain yang juga menjadi menu andalan warung Lamongan. Ya, ayam goreng dan bebek goreng-nya. Tapi tetap saja, seenak apapun lele goreng, ayam goreng, maupun bebek goreng-nya, jika tak disajikan bersama sambalnya yang khas itu, makan serasa hambar.

sambal pecel lele Lamongan

Dibanding dengan sambal serupa, sambal pecel lele di warung Lamongan memang memiliki cita rasa tersendiri. Tak cuma menonjolkan cita rasa pedas, tapi juga gurih dan segar. Meski sama-sama menggunakan tomat dan terasi, tapi tetap saja rasa sambal pecel lele di warung makan tersebut berbeda dan spesial.

Ternyata ada rahasia tersendiri lho untuk membuat sambal yang selezat sambal pecel lele di warung pecel lele Lamongan. Pada kesempatan sebelumnya, County Food pun sudah mengulas resep rahasia sambal pecel lele Lamongan.

Meski sudah cukup mewakili, tapi ternyata masih ada rahasia lain yang wajib diketahui agar rasa sambal pecel lele buatan kita benar-benar seenak sambal pecel lele di rawung Lamongan. Mau tahu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Jenis tomat yang dipakai sangat menentukan

Untuk membuat sambal pecel lele selezat di warung Lamongan, jenis tomat yang dipakai sanga menentukan. Agar rasanya lezat, kita wajib menggunakan tomat merah, bukan tomat hijau atau tomat yang lain.

Selain itu, jenis tomat merah yang dipakai pun wajib memakai tomat sayur, bukan tomat merah yang biasa diolah menjadi jus. Biasanya, kuran tomat merah yang diolah menjadi sayur lebih kecil ketimbang tomat buah. Pasalnya, tomat merah yang biasa digunakan untuk memasak sayur memiliki rasa asam yang lebih menggigit ketimbang tomat buah atau tomat yang biasa diolah menjadi jus atau lalapan.

2. Kualitas terasi sangat menentukan

Hal lain yang sangat menentukan enak tidaknya sambal pecel lele adalah kualitas teras yang dipakai. Semakin bagus kualitas terasi yang kita pakai, maka cita rasa sambal pecel lele buatan kita akan semakin lezat.

Untuk menentukan kualitas terasi, kita bisa melihatnya dari sisi harga. Biasanya, semakin mahal harga terasi, maka semakin bagus pula kualitasnya.

3. Beberapa bumbu wajib digoreng

Rahasia selanjutnya untuk membuat sambal pecel lele agar seenak yang ada di warung pecel lele Lamongan adalah beberapa bumbu wajib digoreng sebelum dihaluskan. Lantas, apa saja bumbu yang dihaluskan? Yaitu, cabai, tomat, terasi, dan beberapa bumbu lain yang sudah disebutkan pada resep rahasia sambal pecel lele Lamongan.

Menggorengnya juga harus menggunakan minyak sayur yang cukup banyak. Tujuannya agar bumbu tersebut menyerap minyak, yang tentu saja saat dihaluskan nanti sambal akan terasa lebih gurih.

4. Haluskan dengan cobek dan ulekan

Tak heran jika orangtua zaman dulu lebih suka membuat sambal dengan cobek dan ulekan, meski sudah ada blender. Pasalnya, kita akan mendapatkan cita rasa yang khas jika sambal pecel lele itu dihaluskan menggunakan cobek dan ulekan dari pada dihaluskan dengan menggunakan blender.

Nah, itulah rahasia membuat sambal pecel lele agar rasanya selezat sambal pecel lele warung Lamongan. Dan kalau membuat lele goreng sekalian, begini cara membuat lele goreng seenak di warung pecel lele Lamongan Semoga berguna!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mau Membuat Sambal Pecel Lele yang Enak Seperti di Warung Lamongan? Ini Rahasianya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel