Tidak Cuma Es dan Gorengan, Ini 5 Jenis Makanan yang Wajib Dihindari Saat Batuk Pilek


Loading...
Kasus batuk dan pilek kerap muncul saat pergantian musim (pancaroba) seperti sekarang ini. Kasus ini bermunculan akibat kondisi tubuh tak mampu menyesuaikan diri secara semestinya karena perubahan suhu dari panas ke dingin atau sebaliknya.

Meski tergolong penyakit ringan, tak jarang penyakit ini mengganggu para penderitanya. Terlebih jika tak pandai menjaga tubuh dalam kondisi tetap fit.

Yang lebih menjengkelkan, penyakit ini umumnya juga disertai pusing dan meriang. Kalau Anda mengalami kondisi seperti itu, itu artinya Anda harus lebih banyak meluangkan waktu untuk beristirahan dan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi.

batuk pilek

Tak jarang pula para penderita batuk dan pilek akan merasakan tenggorokan kering yang memicu keinginan minum lebih banyak. Minum es memang bisa memberikan efek menyegarkan tenggorokan sesaat.
Tapi, hal itu justru akan memperparah sakit batuk dan pilek yang diderita. Terlebih lagi jika mengonsumsi gorengan. Intensitas rasa gatal pada tenggorokan akan meningkat dan hanya akan memperparah keadaan.

Tahukah Anda ternyata tidak cuma es dan gorengan saja yang harus dihindari saat sakit batuk pilek? Ternyata ada juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat batuk pilek agar penyakit tak bertambah parah.

Apa saja kelima bahan makanan tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

susu, keju, yoghurt, dan produk olahnnya

1. Susu

Tak bisa dipungkiri jika susu dan produk olahannya mengandung vitamin dan mineral penting untuk kesehatan tubuh. Tapi, jika Anda masih mengalami sakit batuk pilek, sebaiknya jangan mengonsumsi susu terlebih dulu.

Sebab, jika terlalu sering mengonsumsi susu justru akan mengentalkan mukus atau lendir dan meningkatkan inflamasi. Kondisi ini tentu akan memperparah sakit yang Anda alami.

2. Keju

Sama dengan susu. Meski banyak vitamin dan mineral yang terkandung pada keju dan produk olahannya, tapi sebaiknya hindari dulu mengonsumsi keju saat batuk pilek.

Sebab, bila intensitas mengonsumsi keju dikurangi, maka kemungkinan terjadinya pengentalan mukus atau lendir dan inflamasi akan berkurang.

3. Yoghurt

Sama seperti susu dan keju, yoghurt juga kaya vitamin dan mineral yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Tapi sayangnya, mengonsumsi yoghurt saat mengalami batuk pilek justru memperparah keadaan.

Teksturnya yang kental membuat akumulasi cairan riak batuk akan meningkat. Pada kasus tertentu, kondisi tersebuat akan membuat penderita sulit bernapas.

4. Minuman bersoda

minuman bersoda

Meski tidak dalam kondisi dingin, sebaiknya Anda hindari dulu minum minuman bersoda saat mengalami batuk pilek. Kenapa? Karena efek minuman berkarbonasi yang khas justru akan memperparah iritasi pada tenggorokan saat batuk pilek.

5. Buah bercita rasa asam

stroberi dan lemon (buah bercita rasa asam)

Untuk meningkatkan kondisi tubuh, biasanya kita diminta untuk mengonsumsi vitamin C. Dan, vitamin ini banyak terdapat pada buah-buahan bercita rasa asam. Seperti, lemon atau jeruk nipis, nanas, dan stroberi.

Tapi, kalau pas batuk pilek, sebaiknya hindari dulu makan buah-buahan segar bercita rasa masam. Sebab, rasa asam pada aneka buah tersebut justru akan menyakit tenggorokan dan meningkatkan inflamasi.

Nah, itulah 5 bahan makanan selain es dan gorengan yang wajib Anda hindari saat mengalami sakit batuk pilek. Semoga bermanfaat!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tidak Cuma Es dan Gorengan, Ini 5 Jenis Makanan yang Wajib Dihindari Saat Batuk Pilek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel