Rahasia Cara Merawat Pisau Agar Tetap Tajam dan Awet


Loading...
Pisau adalah alat paling penting saat kita berada di dapur. Jika tidak ada pisau, bagaimana mungkin kita bisa memotong/mencincang bahan serta bumbu untuk memasak.

Meski keberadaannya sangat penting dan harus ada di dapur, namun kita sering mengabaikannya. Terutama soal perawatannya. Lantaran jarang diperhatikan, pisau jadi tidak tajam. Dan lebih parah lagi, pisau menjadi berkarat.

Kalau sudah begini, tentu saja pisau tersebut sudah tidak higienis lagi. Bahkan, bisa memicu munculnya gangguan pada kesehatan pencernaan.

cara merawat pisau agar tetap tajam dan awet

Padahal, merawat pisau itu tidaklah susah. Syaratnya, kita harus disiplin dan tahu kapan boleh atau tidak boleh untuk menggunakan pisau. Nah, berikut rahasia cara merawat pisau agar tetap tajam dan awet!

1. Rutin mengasah pisau

Untuk menjaga agar pisau tetap tajam sehingga dapat diandalkan untuk keperluan memasak di dapar, tidak ada hal lain yang dapat kita lakukan kecuali mengasah pisau secara rutin. Bahkan, semakin sering mengasahnya, maka pisau yang Anda punya akan selalu tajam. Dan, selalu dapat diandalkan untuk memotong, mengiris, maupun mencincang.

Asah pisau setidaknya sehari sekali. Anda dapat melakukannya setiap kali selesai menggunakannya.

2. Langsung dicuci

Agar tetap awet, sebaiknya pisau langsung dicuci setelah dipakai. Hal ini untuk menghindari penumpukan sisa bahan makanan yang mungkin saja menempel pada permukaan serta mata pisau.

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin kotoran tersebut akan berkerak. Bahkan, bisa menyebabkan berkarat.

3. Segera dilap setelah dicuci

Jangan membiarkan pisau dalam kondisi basah setelah dicuci. Pasalnya, kondisi tersebut akan membuat pisau menjadi lembab, dan sangat sangat mungkin membuatnya jadi cepat berkarat.

Terlebih lagi jika pisau yang Anda gunakan tidak berbahan stainles steel. Setelah dicuci, segera dilap sampai kering.

4. Jangan dicampur dengan alat dapur lain

Sebaiknya jangan pernah menyimpannya menjadi satu dengan alat dapur lain berbahan metal atau stainles steel. Ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya benturan dengan peralatan dapur lain.

Jika sampai sering berbenturan, dikhawatirkan mata pisau jadi penyok, dan akhirnya menjadi tumpul. Untuk menghidari kemungkinan tersebut, sebaiknya simpan pisau di wadah terpisah atau amankan dengan sarung pisau.

5. Jangan pernah memotong di alas keramik atau granit

Kalau meja dapur Anda berbahan keramik atau granit, sebaiknya jangan langsung memotong bahan di atas meja. Pasalnya, jika sering berbenturan dengan keramik dan granit, mata pisau jadi lebih cepat tumpul. Sebaiknya selalu gunakan talenan berbahan kayu atau plastik.

Nah, itulah rahasia dari cara merawat pisau agar tetap tajam dan awet. Semoga bermanfaat!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rahasia Cara Merawat Pisau Agar Tetap Tajam dan Awet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel