12 Makanan Jepang yang Unik dan Enak yang Mungkin Kamu Belum Pernah Tahu


Loading...
Bukan cuma industri musik dan film Jepang saja yang sukses go internasional. Industri kulinernya pun demikian.

Di Indonesia saja, banyak permunculan restoran yang khusus menjual makanan Jepang. Restoran sushi, misalnya.

Hampir di semua kota besar di Indonesia ada restoran sushi. Setali tiga uang, pelanggannya pun cukup banyak.


Bukan cuma karena rasanya saja yang enak, tapi ada tata cara dalam menikmati sushi yang menjadikanny punya daya tarik tersendiri. Mungkin hal itu pula yang membuat salah satu industri kuliner Jepang ini mampu bertahan.

Selain sushi, ternyata masih banyak lagi lho aneka makanan Jepang dengan presentasi unik dan rasa yang enak! Mau tahu? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Onigiri

Buat yang suka makan makanan Jepang pasti sudah tak asing lagi dengan onigiri, bukan? Makanan berbahan utama beras ini mirip dengan lemper.


Bedanya, lemper dibuat dari beras ketan. Tapi, tekstur onigiri dan lemper sangat mirip. Sebab, tekstur beras Jepang sangat mirip dengan beras ketan di Indonesia.


Onigiri, biasanya dipresentasikan ke dalam bentuk segitiga yang sebagian permukaannya ditutup dengan nori.


Ada pula yang ditaburi dengan wijen hitam. Dengan begitu, bentuknya menjadi semakin unik dan menggugah selera.

2. Mochi

Mochi atau kue mochi adalah salah satu kue khas Jepang. Kue ini dibuat dari tepung beras ketan.


Zaman dulu, untuk mendapatkan tepungnya, pengrajin kue mochi harus menumbuk beras ketan terlebih dulu. Konon, kue mochi yang dibuat dari beras ketan yang ditumbuk sendiri lebih enak.


Bentuknya bulat beragam warna dengan tekstur yang kenyal. Biasanya, di dalam kue mochi terdapat olahan kacang merah dengan rasa manis sebagai isiannya.


Belakangan, kue mochi dibalut dengan aneka rupa. Mulai dari binatang berwajah imut, boneka lucu hingga beberapa karakter di film kartun.


Unik banget, bukan?

3. Ramen

Kalau Indonesia punya mie godok Jawa dan mie goreng Aceh, Jepang juga punya hidangan khas bernama mie ramen.


Meski ramen asal mulanya adalah makanan warga Tionghoa yang tinggal di Jepang, tapi mie ini sudah terlanjur sangat populer di Jepang.


Yang membuatnya unik adalah kuahnya. Ada 4 jenis kuah ramen. Yaitu, shoyu atau kecap, shio atau garam, miso atau pasta kacang yang sudah difermentasi, dan tonkotsu atau daging babi.

4. Tempura

Adalah makanan yang dibuat dari bahan makanan mentah yang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan kuning telur yang disatukan dengan air bersuhu rendah, kemudian digoreng hingga menghasilkan gorengan yang bertekstur renyah dan berwarna kuning keemasan.


Adapun aneka bahan mentah yang biasa diolah menjadi tempura adalah udang, cumi, sayuran, dan jamur. Selain enak, tempura juga kerap dipresentasikan ke dalam bentuk yang unik.

5. Sashimi

Sashimi adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari ikan segar. Yang membuatnya unik adalah makanan ini memang sengaja hanya menggunakan daging segar mentah tanpa dimasak sedikitpun.


Sashimi biasa disajikan bersama kecap asin dan jeruk lemon. Bagi yang suka pedas, biasanya juga disajikan bersama washabi.

6. Wasabi

Wasabi adalah salah satu tanaman asli Jepang yang bentuk buahnya mirip dengan buah mengkudu. Bedanya, tanaman yang termasuk ke dalam kelompok kubis-kubiasan memiliki rasa pedas yang khas dan unik.


Rasa pedas dari wasabi berbeda dengan rasa pedas dari cabai. Rasa pedasnya bahkan lebih kuat.


Biasanya buah washabi diolah dengan cara diparut. Dan, disajikan sebagai pelengkap sushi dan sashimi.

7. Takoyaki

Takoyaki adalah kudapan khas Jepang yang dibuat dari adonan tepung yang diencerkan dengan air kaldu. Biasanya, di dalam takoyaki terdapat potongan daging gurita.


Dimasak dengan cara dipanggang di dalam cetakan mirip dengan cekatan kue cubit, tapi dengan diameter yang lebih kecil.


Kudapan ini sangat digemari oleh masyarakat Jepang. Dan, salah satu street food yang sangat populer di sana.

8. Teriyaki

Teriyaki adalah makanan berbahan daging yang dimasak dengan cara dipanggang dengan sedikit minyak dengan kecap, sake/mirin/gula beraneka rasa sebagai bumbunya.


Adapun jenis daging yang di masak teriyaki adalah ayam, bebek, sapi, dan bahkan juga daging babi.

9. Dorayaki

Buat Anda yang dulu suka nonton serial kartun Doraemon, sedikit banyak pasti sudah tahu yang namanya dorayaki. Ya, makanan favorit tokoh kartun Doraemon ini terbuat dari adona. tepung mirip pancake.


Sama seperti kue mochi, dorayaki biasanya ditambah dengan olahan kacang merah berbentuk seperti selai yang dijadikan sebagai isian.

10. Udon (undon)

Sama seperti ramen, masyarakat Jepang mengenal udon dari warga Tionghoa yang tinggal di Jepang. Namun, karena sudah terlanjur terkenal di Jepang, tak heran jika banyak orang awam mengenalnya sebagai makanan Jepang.


Orang Jepang biasa melafalkan udon dengan undon. Udon adalah makanan berbahan dasar mie.


Yang membuatnya unik, mie udon biasanya dibuat secara manual dengan mengandalkan keahlian tangan dari para pengrajinnya. Tak heran jika udon memiliki ukuran yang lebih besar dan lebar ketimbang mie instan.

11. Tamago kake gohan

Tamago kake gohan adalah salah satu menu sarapan favorit masyarakat Jepang. Menu sarapan ini terdiri atas nasi putih hangat dan telur.


Yang membuatnya unik karena telur yang digunakan adalah telur mentah. Cara makannya adalah dengan mengaduk hingga tercampur menjadi satu.

12. Ikura don donburi

Ikura don Donburi adalah salah satu jenis makanan Jepang yang terdiri atas nasi putih jangan dengan aneka lauk yang ditambah dengan telur ikan mentah.


Makanan ini sangat digemari masyarakat Jepang. Bahkan ada juga varian donburi yang dicampur dengan telur ayam mentah.

Nah, itulah 12 makanan Jepang yang unik dan enak. Tertarik mencicipi yang mana?
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "12 Makanan Jepang yang Unik dan Enak yang Mungkin Kamu Belum Pernah Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel