Agar Fit dan Kuat Puasa Penuh, Ini Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Jelang Ramadhan!


Loading...
Bulan Ramadhan tinggal menunggu hari. Insya Allah, puasa pertama Ramadhan akan dimulai 5 atau 6 Mei 2019. Sudahkah Anda mempersiapkan diri agar vit dan kuat puasa penuh sepanjang bulan Ramadhan?

Kalau belum, simak nich tips ampuh mempersiapkan diri jelang Ramadhan berikut ini!

1. Sarapan lebih awal


Selama bulan Ramadhan, rutinitas yang biasa Anda lakukan akan berubah. Yang biasanya sarapan pukul 06.00 atau 07.00 akan berubah menjadi waktu sahur, sekitar pukul 03.00. Agar lebih mudah untuk menyesuaikan diri, mulailah dengan sarapan lebih awal.

2. Makan secukupnya

Mulai sekarang, biasakan diri untuk makan secukupnya. Jangan mentang-mentang Bulan Ramadhan, Anda jadi berbelanja apa saja. Hal ini justru akan meningkatkan nafsu makan, sehingga Anda malah akan sulit untuk berpuasa.

3. Kurangi ngemil

Buat Anda yang suka ngemil, sebaiknya kurangi kesukaan itu. Konsentradikan diri untuk hanya makan di tiga jam utama, yakni, sarapan, makan siang, dan makan malam. Ingat! Selama Ramadhan nanti, Anda hanya boleh makan dua kali, yaitu waktu sahur dan buka. Oleh karena itu, hindari ngemil dari pagi hingga sore hari.

4. Hindari kopi


Paduan rasa kopi yang manis dan pahit justru membuat kita menjadi cepat haus. Jika tak ingin kehausan sepanjang bulan Ramadhan nanti, sebaiknya hindari minum kopi mulai dari sekarang.

5. Kurangi merokok

Sama seperti minum kopi, merokok juga membuat kita lebih cepat haus. Agar tak lekas merasa haus, sebaiknya kurangilah kebiasaan merokok. Seperti tidak merokok di pagi hingga sore hari.

6. Menyesuaikan waktu tidur

Selama Ramadhan nanti, mau tidak mau kita harus bangun pagi buta untuk sahur. Agar terasa mudah, biasakan untuk tidur lebih awal.

7. Siapkan menu sahur dan buka puasa jauh hari

Perubahan yang terjadi di bulan Ramadhan akan sangat merepotkan bila dijauh hari kita tidak mempersiapkan jadwal menu sahur dan buka puasa. Agar lebih mudah dan menghemat waktu serta tenaga, buat stok bahan makanan untuk 7 hari pertama Bulan Ramadhan.

8. Puasa sunnah

Agar terbiasa, tak ada salahnya latihan puasa dengan melakukan puasa sunnah, sebelum Bulan Ramadhan tiba. Selain dapat pahala, akan banyak faedah yang kita dapatkan dari berpuasa.

9. Cek kesehatan


Buat Anda yang memiliki penyakit tertentu yang sekiranya akan menghambat keinginan Anda untuk berpuasa di Bulan Ramadhan, sebaiknya cek kesehatan mulai dari sekarang.

Nah, itulah beberapa tips ampuh mempersiapkan diri jelang Ramadhan agar lebih vit dan bisa puasa sebulan penuh. Semoga berguna!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Agar Fit dan Kuat Puasa Penuh, Ini Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Jelang Ramadhan!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel