Mana Favoritmu? Ini 10 Menu Sarapan Favorit Orang Indonesia


Loading...
Sarapan punya peran penting bagi kehidupan manusia. Bagaimana tidak, di pagi hari tubuh perlu makanan sebagai sumber energi untuk menyongsong berbagai aktivitas hingga siang nanti.

Tapi sayangnya, tak sedikit di antara kita yang mengabaikan rutinitas ini. Banyak alasan yang menyebabkannya. Salah satu alasan klise adalah tak berselera kalau harus sarapan dengan menu telur ceplok atau omelet saja.


Kalau sudah begini, Anda tentu membutuhkan berbagai pilihan menu sarapan yang menggugah selera, bukan?

Nah, berikut ini adalah 10 menu sarapan favorit orang Indonesia yang mungkin salah satunya bakal menggugah selera Anda di pagi hari. Yuk, simak!

1. Nasi goreng

Nggak peduli siang atau malam, sepertinya nasi goreng tak pernah salah disantap kapan saja. Bahkan, sangat cocok dihidangkan di pagi hari sebagai menu sarapan.


Selain itu, variannya pun banyak. Bukan cuma dari bahan yang digunakan, tapi juga dari bumbu yang dipakai. Mulai dari nasi goreng kampung, nasi goreng Surabaya, nasi goreng Tegal, hingga nasi goreng ala resto.

2. Soto

Sama dengan nasi goreng, soto juga enak-enak saja disantap kapan saja. Aromanya yang sedap dan kuahnya yang segar dan berkaldu sangat ampuh menggugah selera makan di pagi hari.


Apalagi dengan lauk yang komplit, mulai dari tempe goreng, perkedel kentang, sate kerang, hingga sate ayam dan sate telur puyuh. Pasti acara sarapan tidak akan pernah Anda tinggalkan lagi.

3. Bubur ayam

Mungkin Anda tak asing dengan akronim sabu.  Ya, sarapan bubur.


Varian bubur ayam yang ditawarkan juga cukup bervariasi. Ada bubur ayam yang disiram dengan kuah semur, opor, dan kuah kari.

4. Nasi uduk

Meski berasal dari Betawi, tapi bukan orang Betawi saja yang suka sarapan dengan seporsi nasi uduk lengkap. Dan, mungkin Anda adalah salah satunya.


Rasa gurih dari nasi uduk dengan aneka lauk yang ditambahkan sangat ampuh membangkitkan selera makan.

5. Lontong sayur

Kalau pas makan lontong sayur itu pasti teringat memen Lebaran. Soalnya, menu lontong sayur selalu terhidang di meja makan sebelum berangkat Shalat Idul Fitri.


Buat yang suka, sepertinya tak perlu menunggu momen Lebaran, dech. Soalnya, banyak juga pedagang makanan yang jual di pagi hari.

6. Pecel sayur

Kalian orang Jawa pasti tak asing dengan yang namanya pecel sayur. Aroma bumbu (saus) kacangnya yang kuat sangat bisa di andalkan untuk menggugah selera makan yang belum benar-benar bangun di pagi hari.


Bukan cuma orang Jawa saja yang suka. Tapi, banyak juga lho orang luar Jawa yang suka pecel.

Tak heran jika, pecel sayur menjadi salah satu menu sarapan favorit orang Indonesia. Mungkin, Anda salah satu di antara sekian banyak orang yang memfavoritkan hidangan sederhana ini sebagai menu sarapan.

7. Nasi kuning

Biasanya sich nasi kuning dibuat untuk acara hajatan tertentu. Tapi nyatanya, tak sedikit di antara kita yang suka makan nasi kuning sebagai menu sarapan.


Nasi kuning biasanya dihidangkan bersama beragam lauk pauk. Antara lain, balado kentang, kering (orek) tempe, irisan telur dadar, dan perkedel kentang.

8. Nasi rames

Sama halnya dengan nasi goreng dan bubur ayam, nasi rames cukup layak dijuluki sebagai makanan sejuta umat.


Nasi rames terdiri atas nasi putih hangat dan aneka lauk pauk yang disiram sayur yang dimasak dengan kuah santan bercita rasa manis, asin, gurih, dan sedikit pedas.

9. Gudangan

Sama dengan pecel, gudanga juga terdiri atas beragam sayur. Bedanya, gudangan tidak menggunakan bumbu kacang, melainkan kelapa parut yang dicampur bumbu khas Indonesia yang pedas dan beraroma kuat.


Selain dengan nasi putih hangat, gudangan biasa dihidangkan bersama nasi jagung. Anda masih bisa menemukan gudangan dengan nasi jagung di beberapa daerah di Jawa Tengah.

10. Nasi ayam

Satu lagi menu sarapan favorit orang Indonesia yang mungkin juga jadi favoritmu. Yaitu, nasi ayam.


Nasi ayam biasanya dipresentasikan pada piring yang di alas daun pisang, dengan nasi putih hangat di atasnya yang sudah disiram dengan sayur labu siam, kuah opor, suwiran ayam, dan telur ayam yang dimasak manis.

4 Kebiasaan yang Bikin Minyak Goreng Cepat Hitam (Tak Layak Lagi Dipakai Sebelum Waktunya)
⬇️


Nah, dari sekian banyak menu sarapan tersebut, mana nich yang jadi favoritmu?
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mana Favoritmu? Ini 10 Menu Sarapan Favorit Orang Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel