Tips Memilih VPS Terbaik yang Wajib Anda Tahu!


Loading...

Tips Memilih VPS Terbaik yang Wajib Anda Tahu!

Tips Memilih VPS Terbaik yang Wajib Anda Tahu!

Setelah Anda memutuskan dan menentukan pilihan untuk berpindah dan menggunakan VPS  (Virtual Private Server), apa saja faktor yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan VPS terbaik? Tentu saja cukup banyak dan di artikel berikut kami akan membahas tips memilih VPS terbaik yang bisa anda jadikan referensi. Tidak seperti shared hosting, memilih untuk sewa VPS berarti anda wajib menggunakan beberapa pertimbangan khusus agar nantinya bisa lebih efektif dan efisien. Hal ini tentu untuk mencegah kesalahan dalam membeli VPS, seperti  tidak dapat berjalan sesuai dengan harapan, atau masalah lain yang berhubungan dengan layanan yang dipakai.
Menggunakan VPS juga cukup mudah dilakukan, minimal untuk pengguna yang sudah paham tentang perintah dasar di Linux. Penggunaannya pun akan jauh lebih mudah jika Anda menggunakan panel, seperti WHM atau Webuzo. Berikut ini adalah beberapa tips memilih VPS terbaik yang bisa anda manfaatkan.

Tips Memilih VPS Terbaik Yang Wajib Anda Ketahui!

1. Menentukan Tujuan Dalam Menggunakan VPS

Hal pertama yang paling penting adalah anda harus menentukan tujuan penggunaan. VPS tentu saja tidak hanya digunakan untuk menyimpan dan menjalankan situs web saja. Ada sangat banyak hal yang dapat dilakukan dengan VPS. Selain berfungsi sebagai web hosting, VPS juga bisa digunakan sebagai penghubung layanan Internet of Things (IOT).
Tips memilih VPS terbaik
idwebhost

2. Sesuaikan Dengan Rencana Anda ke Depannya

Tips memilih VPS terbaik yang kedua Setelah menentukan tujuan dari penggunaan, pikirkan juga perencanaan ke depan.Bisnis Anda butuh berkembang untuk tetap bisa terus berjalan. Jadi perhitungkan juga apakah ada kemungkinan sistem akan membutuhkan sumber daya yang tinggi dalam waktu dekat atau tidak. Perencanaan ini salah satunya untuk menentukan proses migrasi yang mungkin dilakukan. Dikarenakan, proses migrasi VPS tidak lebih sederhana dibandingkan dengan shared hosting.

3. Sistem Operasi Yang Digunakan (Windows atau Linux)

Perhatikan juga sistem operasi yang tersedia. Karena sistem operasi akan menjadi faktor utama yang perlu anda ketahui. Beberapa penyedia VPS hanya menyediakan salah satu saja, tetapi ada juga beberapa penyedia layanan VPS yang menyediakan kedua sistem operasi ini. Jika sistem yang ingin dipasang lebih maksimal menggunakan Windows, tentu saja harus menggunakan server Windows juga. Namun saat ini penyedia VPS Windows jarang, lebih banyak menyediakan VPS dengan Linux.

4. Kapasitas Bandwidth Bulanan

Kebanyakan penyedia layanan VPS hosting akan menentukan batas penggunaan bandwidth setiap bulannya. Jika penggunaan melebihi kapasitas yang ditentukan, maka kecepatan akses ke VPS tentu akan berkurang. Namun, perhitungan kapasitas akan diatur ulang setiap bulan. Ketika memilih VPS, anda harus memastikan tidak perlu membayar untuk kelebihan bandwidth yang dibutuhkan untuk penggunaan normal.

5. Mengecek RAM dan CPU

Tips memilih VPS terbaik yang kelima adalah dengan mengecek RAM dan CPU yang ada di PC anda. Menjalankan beberapa situs web dalam satu VPS? Di dalam satu VPS tentu saja Anda bisa menambahkan berapapun jumlah situs web di dalamnya. Anda dapat menambahkan beberapa domain sekaligus. Namun, wajib diingat bahwa kapasitas RAM dan CPU di dalam sebuah server VPS tentu ada batasannya. Besar batasan ini tergantung dengan paket yang Anda gunakan. Efektif VPS paling tidak berjalan di dalam RAM dengan kapasitas 4 GB. Semakin tinggi paket yang anda gunakan, semakin banyak situs web yang bisa ditambahkan tanpa perlu mengalami overload.
Tips memilih VPS terbaik
idwebhost

6. Penyimpanan di Perangkat

Pada saat ini ada dua tipe penyimpanan yang banyak ditawarkan, yakni Hardisk dan SSD (Solid-state Drive). Penyimpanan menggunakan hardisk ini akan lebih murah ditawarkan, Namun, akan lebih optimal jika VPS menggunakan SSD. SSD memiliki lahu lebih cepat dibandingkan dengan penyimpanan tradisional. Ketahanan dalam menangani masalah kegagalan power juga menjadi faktor positif menggunakan SSD sebagai media penyimpanan di VPS. Memaksimalkan RAM dan CPU memang perlu, tetapi jika tidak didukung dengan penyimpanan yang cepat untuk melayani proses data, itu menjadi tidak terlalu bermanfaat dan bisa menjadi sia – sia.

7. Lihat Teknologi Yang Digunakan

Lihat juga teknologi yang digunakan di dalam, termasuk di dalamnya ada perangkat lunak apa saja yang didukung. Contohnya saja, versi kernel yang dipakai atau virtualisasi yang digunakan di dalam cloud VPS. Kenapa? Karena beberapa aplikasi terkadang tidak mendukung versi kernel tertentu atau harus menggunakan versi kernel terbaru. Apalagi, semakin baik kinerja dari server secara tidak langsung bisa menginkatkan kualitas Search Engine Optimization atau SEO situs web.

8. Managed Atau Unmanaged

Ini merupakan poin penting lainnya. Apalagi jika Anda tidak paham mengenai konfigurasi yang ada di VPS. Dikarenakan penyedia layanan hosting biasanya menawarkan dua pilihan, yaitu diantara unmanaged atau managed. VPS Managed akan memberikan kemudahan bagi pengguna supaya tidak perlu repot-repot melakukan instalasi, konfigurasi, dan maintenance VPS. Jadi, pengguna hanya tinggal menggunakannya. Jika terjadi masalah, penyedia layanan VPS akan membantu menyelesaikannya. Namun, peraturan ini berbeda-beda pada setiap penyedia layanan. Sehingga Anda harus menanyakannya terlebih dahulu. Sedangkan untuk VPS Unmanaged, segala bentuk konfigurasi dan pengaturan dilakukan oleh pengguna. Penyedia hanya menyediakan VPS dan akses ke dalamnya.

9. Dapatkan Informasi Lengkap Seputar Pelayanan Yang Akan Didapat

Cari informasi secara lengkap tentang apa batasan dalam menggunakan layanan VPS terbaik di penyedia web hosting. Jangan sampai ketika sudah menggunakan layanan ternyata Anda melanggar peraturan atau Term Of Service yang telah ditentukan dan telah berlaku sebelumnya. Di beberapa penyedia layanan web hosting terbaik terkadang tidak mengizinkan layanannya digunakan untuk situs perjudian, porno, dan yang melanggar hak cipta. Tidak membutuhkan konfirmasi kepada klien, VPS pasti akan di-suspend atau bahkan dihapus.
Tips memilih VPS terbaik
idwebhost

10. Anggaran Belanja

Kemudian jangan lupa sesuaikan juga anggaran yang tela ditentukan sebelumnya dengan harga VPS terbaik yang banyak ditawarkan di internet. Di Niagahoster menyediakan layanan VPS Murah dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga kelas enterprise. Anda juga jangan ragu untuk mengeluarkan pengeluaran lebih banyak ketika budget tidak sesuai spesifikasi yang ditentukan. Jangan sampai memaksakan budget untuk membeli VPS terbaik dengan spesifikasi standar padahal sistem membutuhkan spesifikasi server yang maksimal. Tentu hal ini akan merepotkan kedepannya.

11. Support dan Pemindahan

Masalah yang terjadi di VPS tidak mengenal waktu. Tak jarang situs web/sistem yang terinstal di VPS tidak berjalan dengan baik. Sudah mencoba untuk memecahkannya, tetapi masih belum bisa.Atau tidak bisa melakukan instalasi WordPress tetapi masih tidak dapat berjalan. Pada kasus seperti ini Anda bisa berdiskusi dengan support dari penyedia layanan. Meskipun untuk layanan unmanaged, penyedia layanan tidak menyediakan dukungan teknis. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan penyedia layanan yang bisa dihubungi 24 jam 7 hari?
Nah itu dia tips memilih VPS terbaik yang bisa anda gunakan. Jika anda ingin hosting murah bisa sekali di IDwebhost ya! 
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memilih VPS Terbaik yang Wajib Anda Tahu!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel