7 Khasiat Sawi Hijau Untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui!


Loading...
Bukan cuma enak dimasak atau dijadikan sebagai tambahan pada masakan, sawi hijau juga punya banyak khasiat untuk kesehatan.

Ya, karena sawi hijau merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang daunnya kerap dimanfaatkan untuk diolah menjadi aneka makanan. Di Indonesia, sawi hijau biasa juga disebut sawi bakso.


Sedang orang Tionghoa menyebutnya dengan caisim atau caisin. Atau, choy sum dalam bahasa Kanton yang artinya hatinya sayur.

Ada berbagai jenis sawi selain sawi hijau. Di antaranya, sawi putih, sawi sendok, dan sawi huma.

Nah, setidaknya terdapat 7 khasiat sawi hijau untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui! Yuk simak!

1. Menjaga berat badan ideal

Secara umum, kesehatan seseorang dapat dilihat dari berat badan. Jia berat badannya ideal, kemungkinan besar seseorang tersebut dalam kondisi sehat. Sawi hijau berkhasiat untuk menjaga berat badan tetap ideal karena tinggi serat.

2. Menjaga kulit dan rambut tetap sehat

Meski tergolong sayuran hijau, namun sawi hijau memiliki kandungan vitamin C yang cukup dapat diandalkan untuk menutrisi tubuh dan membentuk kolagen guna menjaga kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, sawi hijau juga mengandung vitamin A yang mampu menghasilkan sebum untuk menjaga kelembaban rambut.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Seperi yang telah disebutkan di awal tadi, sawi hijau merupakan tanaman sayur yang tinggi serat. Jadi sangat bisa di andalkan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

4. Menjaga kesehatan tulang

Rutin mengonsumsi sawi hijau sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K yang terdapat pada sawi hijau Ki dipercaya mampu mengubah protein matriks tulang dan meningkatkan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang.

5. Menstabilkan kolesterol

Kadar kolesterol di dalam tubuh yang tidak seimbang akan menyebabkan masalah kesehatan. Nah, antioksidan dalam sawi hijau mampu menstabilkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

6. Mencegah risiko diabetes

Antioksidan alpha-lipoic acid di dalam sawi hijau dapat menekan kadar glukosa di dalam darah. Oleh sebab itu, sawi hijau disebut-sebut baik untuk orang-orang yang berisiko kolesterol.

7. Mencegah kanker

Antioksidan alpha-lipoic acid juga dapat mencegah munculnya radikal bebas penyebab kanker di dalam tubuh. Selain itu juga mengandung sulfur glucosinolates yang berfungsi mencegah pertumbuhan sel kanker.

Nah, itulah beberapa khasiat sawi hijau untuk kesehatan tubuh. Semoga berguna!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Khasiat Sawi Hijau Untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel