8 Oleh-oleh Lebaran Khas Semarang yang Ditunggu-tunggu Teman dan Tetangga di Perantauan


Loading...
Banyak orang Semarang yang merantau ke kota-kota besar di Indonesia. Mungkin, Anda adalah salah satunya.

Setelah puas mudik di kampung halaman, mau tak mau Anda harus pulang ke kota perantauan. Selain karena tuntutan pekerjaan, kuliah, atau segala aktivitas lainnya, kedatangan Anda pasti juga sudah ditunggu-tunggu teman maupun tetangga di perantauan.


Jangan kecewakan mereka. Jika ingin memberi mereka oleh-oleh, simak nich oleh-oleh Lebaran khas Semarang yang bakal menyenangkan mereka rekomendasi dari County Food!

1. Lumpia


Meski termasuk makanan peranakan karena berasal dari warga Tionghoa yang tinggal di Semarang, tapi lumpia yang berisi rebung, orak-arik telur, dan udang cincang ini sudah menjadi bagian dari Kota Semarang. Sampai-sampai kota ini dijuluki Kota Lumpia.

2. Tahu petis


Bukan cuma lumpia yang menjadi makanan khas Kota Semarang. Tapi ada juga tahu petis.

Meski sama-sama dari udang, namun petis Semarang berbeda dengan petis Jawa Timur. Rasanya lebih manis. Nah, petis inilah yang dijadikan sebagai isian dari tahu yang digoreng sampai kering.

3. Babat gongso


Mungkin Anda masih bisa mendapatkan lumpia dan tahu petis di perantauan. Tapi, tidak dengan babat gongso.

Makanan khas Semarang yang satu ini dibuat dari jeroan sapi yang dimasak dengan sambal dan kecap manis. Rasanya sudah pasti bakal membuat lidah teman dan tetangga di kota perantauan ketagihan.

4. Bandeng presto


Konon, bandeng presto adalah makanan khas Juwana, Pati. Tapi apapun alasannya, sama seperti lumpia, bandeng presto sudah terlanjur menjadi ikon Kota Semarang dan menjadi makanan khasnya.

Bandeng presto biasanya dilengkapi dengan sambal tomat dan lalapan. Selain digoreng, bandeng presto juga enak diolah menjadi berbagai masakan.

5. Kue ganjel rel


Kue yang satu ini epik banget. Bentuknya yang cukup besar untuk ukuran kue dan teksturnya yang padat menjadi ciri khas dari kue yang bentuknya mirip dengan papan pengganjal rel kereta api ini.

6. Tahu bakso


Tahu bakso Semarang sudah sangat terkenal di seantero pelosok negeri ini. Adonan bakso yang dijadikan sebagai isian tahu ini biasanya diolah dari daging sapi dan atau ayam. Rasanya enak dan teksturnya kenyal.

7. Wingko babat


Adalah kue yang terbuat dari adonan tepung ketan yang dicampur dengan kelapa. Rasanya sudah pasti gurih dan manis. Belakangan, banyak varian wingko babat yang dibuat, mulai dari coklat, nangka, hingga durian.

8. Kue leker


Kalau mau nyicipin kue leker, yang pertama harus dicoba adalah kue leker khas Semarang. Isiannya bukan cuma susu kental manis, meises, dan keju parut, tapi ada juga yang isi daging asap, daging cincang, dan telur. Sudah bisa membayangkan sensasi kelezatan rasanya, bukan?

Nah, itulah 8 oleh-oleh Lebaran khas Semarang yang bakal ditunggu-tunggu teman dan tetangga kamu di perantauan. Semoga berguna!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Oleh-oleh Lebaran Khas Semarang yang Ditunggu-tunggu Teman dan Tetangga di Perantauan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel