Penting! 10 Tips Super Ampuh Mengendalikan Nafsu Makan Saat Merayakan Lebaran


Loading...
Lebaran boleh diartikan sebagai hari kemenangan, terkhusus bagi umat Muslim yang telah menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan suci Ramadhan. Puasa Ramadhan merupakan perintah bagi umat Muslim untuk mengendalikan nafsu dan syahwat sejak Subuh hingga Magrib dengan ritual puasa.

Tak ayal jika mereka yang telah menunaikannya dinilai telah kembali ke kondisi diri yang suci. Oleh sebab itu, Lebaran disebut juga Hari Raya Idul Fitri.

Tapi celakanya, begitu Lebaran tiba, beberapa orang jadi kembali sulit mengendalikan nafsu makan. Godaan untuk menyantap apa saja seakan tidak bisa dibendung. Terlebih-lebih lantaran saat Lebaran biasanya banyak makanan enak nan lezat, mulai dari ketupat opor, gulai, hingga rendang daging. Tentu saja upaya untuk mengendalikan nafsu makan akan menjadi berlipat-lipat beratnya.


Dibutuhkan tips super ampuh untuk menolak godaan untuk tidak menyantap berbagai kuliner enak nan lezat saat Lebaran. Mau tahu apa saja tips super ampuh mengendalikan nafsu makan saat Lebaran itu? Yuk simak 10 tipsnya berikut ini.

1. Fokus hanya pada satu makanan

Hidangan Lebaran pasti banyak ragamnya. Dan, hampir semua enak-enak dan kita suka. Tapi, fokuslah hanya pada satu makanan saja.

Simak juga: 10 Cara Agar Tidak Ngantuk di Malam Hari Biar Kuat Begadang Semalaman

2. Mengunyah makanan hingga lembut


Biasakan untuk mengunyak makanan hingga lembut. Hal ini akan memberikan efek cepat kenyang. Selain itu, membiasakan ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ pencernaan.

Simak juga: 3 Bumbu Dapur Ini Ampuh untuk Mengatasi Bau Mulut

3. Sela dengan minum air putih

Di tengah makan, sela dengan minum air putih. Hal ini akan memberikan efek cepat kenyang.

4. Segera santap menu penutup

Setelah puas menyantap hidangan  utama, segeralah menyantap hidangan penutup. Selain memberikan efek tambah kenyang, secara tidak sadar akan menyugesti diri kita untuk menyudahi kegiatan makan.

5. Pilih makanan manis

Sebagai hidangan penutup, pilihlah makanan manis. Rasa manis yang pekat akan cepat memberikan efek cepat kenyang.

6. Ingat efek buruk banyak makan


Setelah menyantap menu penutup, segeralah mengingat efek buruk banyak makan, baik itu dampaknya terhadap program diet yang sedang Anda jalani maupun efek buruknya berkait kesehatan, seperti kolesterol, diabetes, atau gangguan pencernaan. Ingat-ingatlah hal itu, dan jangan tunggu sampai nafsu atau hasrat ingin makan lagi muncul kembali.

Simak juga: Inilah yang Wajib Dilakukan Agar Sambal Super Pedas Buatanmu Tak Bikin Sakit Perut!

7. Jauhi meja saji

Selesai makan, segeralah untuk menjauhi meja saji, di mana berbagai makanan lezat khas Lebaran berjejer di sana. Meskipun sepele, namun cara ini cukup ampuh menghilangkan keinginan untuk makan terus, ketimbang Anda tetap saja di dekat meja saji.

Simak juga: Sering Alami Sembelit dan Gangguan Pencernaan? Inilah 5 Makanan yang Wajib Kamu Konsumsi

8. Bukalah obrolan dengan orang sekitar


Setelah menjauhi meja saji, berusahalah untuk membuka obrolan dengan orang sekitar. Saat Lebaran biasanya banyak anggota keluarga atau tetangga yang datang untuk ber-silaturahim sekaligus halal bi halal. Ajak satu atau dua di antara mereka yang Anda anggap enak untuk diajak mengobrol. Obrolan yang seru akan sangat membantu menghilangkan keinginan untuk makan terus.

9. Cek pesan singkat atau medsos

Jika sudah tak ada lagi orang yang bisa diajak mengobrol, cek pesan singkat atau bukalah media sosial (medsos) lewat smartphone Anda. Saat Lebaran, biasanya akan ada banyak ucapan 'Selamat Lebaran' dari teman dan handai taulan. Keasyikan cek pesan singkat atau ber-medsos ria cukup ampuh untuk menghilangkan keinginan untuk makan.

10. Tinggalkan acara makan-makan

Jika sudah tak punya banyak kuasa untuk menghindari godaan makan enak nan lezat khas Lebaran, segera tinggalkan acara makan-makan. Habiskan acara Lebaran dengan kegiatan yang lebih bermanfaat atau mencari hiburan bersama keluarga atau teman-teman.

Nah, itulah 10 tips ampuh menjaga nafsu makan saat merayakan Lebaran. Tapi, ampuh tidaknya tips ini tetap berpulang pada seberapa konsisten Anda mengaplikasikan tips ini pada diri Anda sendiri. Semoga berguna.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penting! 10 Tips Super Ampuh Mengendalikan Nafsu Makan Saat Merayakan Lebaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel