Bosan dengan Makanan Khas Lebaran? Coba 10 Kuliner Segar Ini, Dijamin Suka!


Loading...
Hari Raya (Idul Fitri) Lebaran telah tiba. Selamat buat Anda yang merayakannya. Semoga puasa dan ibadah kita selama Bulan Ramadhan diterima Allah SWT.

Berbicara Lebaran, pasti tak bisa dipisahkan dari makanan khasnya. Seperti, opor ayam (lihat: resep opor ayam spesial Lebaran), ketupat, rendang hingga gulai (resep gulai ayam kampung spesial).

Dari keempat kuliner tersebut, mana yang jadi favoritmu? Sudah puas kan menyantapnya saat merayakan Lebaran tadi?

food court

Pasalnya, hampir di semua tempat yang Anda kunjungi, pasti menyuguhkan makanan khas Lebaran tersebut. Mungkin saat ini Anda juga sudah pada kondisi bosan dan merasa enek bila harus menyantap itu lagi dan lagi.

Nah, buat Anda yang bosan dengan makanan khas Lebaran, sepertinya wajib mencoba 10 kuliner segar ini, dan dijamin pasti Anda suka!

1. Bakso


Siapa yang bisa menolah semangkuh bakso dengan kuah kaldu yang segar itu. Kesegaran kuah bakso sangat ampuh menyegarkan lidah karena sudah bosan menyantap makanan khas Lebaran yang berlemak dan bersantan. Kekenyalan bakso sapi atau bakso ikan juga memberikan sensasi kelezatan tersendiri bukan?

Untungnya, kuliner ini hampir selalu ada dan dijajakan di pinggir jalan. Bahkan, saat hari H (Lebaran), ada saja pedagang yang menjajakannya. Tapi kalau ingin bikin sendiri, Anda bisa mempelajari resep bakso sapi kuah sedap mantap atau resep bakso ikan tenggiri lengkap dengan cara membuatnya ini.

2. Mie ayam


Alternatif lain untuk menyegarkan lidah yang sudah bosan karena terus menerus makan makanan berlemak dan bersantan saat Lebaran adalah mie ayam. Meski sederhana, kesegaran serta sensasi kelezatan cita rasa mie ayam juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Sama seperti bakso, mie ayam juga banyak dijajakan di pinggir jalan dan selalu ada pada saat Lebaran. Pastikan Anda memilih warung mie ayam yang enak, baik tempat maupun rasanya agar tak kecewa. Tapi jika ingin menjajal untuk membuat sendiri referensinya ada pada resep mie ayam sedap & lezat: ini rahasinya atau resep mie ayam bakso asam pedas.

3. Mie kocok


Sama lezat dan segarnya bakso dan mie ayam, mie kocok juga bisa dijadikan sebagai alternatif yang tepat untuk menghilangkan rasa bosan di lidah. Mie kocok terdiri dari mie kuning yang disiram dengan kuah kaldu segar. Pelengkapnya ada lontong, tauge, daun seledri, dan kerupuk gendar (lihat: resep cara membuat kerupuk gendar pasti renyah). Jika ingin menambahkan rasa pedas dan manis, Anda bisa menambahkan kecap manis dan cabai rebus yang digerus.

Tidak seperti bakso dan mie ayam, terkadang kita masih sulit menemukan mie kocok di beberapa daerah. Sebab, kuliner ini tidak sepopuler bakso atau mie ayam.

Tapi jangan khawatir, kalau ingin membuat sendiri, County Food punya referensinya. Anda bisa mendapatkannya pada resep mie kocok khas Semarang segar menyehatkan atau resep mie kocok khas Bandung yang paling dicari.

4. Pecel sayur


Jika makan daging-dagingan secara terus menurus saat lebaran, pasti banyak orang akan merasa bosan. Nah, kalau Anda salah satu di antaranya, pecel sayur bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan.

Pecel sayur terdiri dari beragam sayuran, seperti, daun bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya, daun kenikir, tauge, dan terkadang ada juga irisan wortel yang direbus setengah matang. Berbagai sayuran itu disusun di wadah saji, kemudian disiram dengan bumbu kacang yang pedas dan menawarkan cita rasa yang khas.

Di beberapa daerah, pecel sayur dapat ditemukan dengan mudah karena banyak pedagang yang menjajakannya di warung di pinggir jalan. Tapi, jika Anda ingin membuat sendiri, silakan simak resep pecel sayur khas Jawa atau resep pecel sayur komplit khas Sunda.

5. Gado-gado


Hampir sama dengan pecel sayur, gado-gado juga merupakan makanan tradisional yang menghadikan bumbu kacang. Bedanya, isian gado-gadon lebih beragam. Tidak hanya aneka sayur, dalam seporsi gado-gado, biasanya juga ada irisan telur dan tahu goreng serta kerupuk bawang dan atau emping melinjo.

Kuliner ini semakin terasa segar karena ada irisan tomat merah dan ketimun di dalamnya. Anda juga bisa mendapatkan gado-gado dengan mudah, karena cukup banyak pedagang di pinggir jalan yang menjajakannya. Namun, bila mau membuat sendiri, Anda bisa mempelajari resep gado-gado enak tanpa santan atau resep gado-gado Betawi bumbu ulek lebih sedap.

6. Sup atau sop


Sama seperti bakso yang telah dijelasakan di poin pertama, sup atau banyak juga yang biasa menyebutnya sop juga menawarkan sensasi kesegaran cita rasa kuah kaldunya. Variannya pun cukup beragam, mulai dari sup ayam, sup sapi, sup ikan hingga sup kambing.

Nah, kalau kesulitan mendapatkan warung atau rumah makan yang menjajakan sup saat Lebaran, kenapa tidak bikin sendiri? Ini referensinya, resep sup ayam sederhana atau resep sup ikan tenggiri khas Batam.

7. Seafood


Makanan alternif yang menyegarkan lainnya adalah seafood. Ada berbagai macam seafood yang menawarkan kesegaran. Salah satunya adalah seafood yang dimasak sup.

Jika ke restoran atau warung makan Chinese Food, kemungkinan besar Anda bisa menemukan menu tersebut. Tapi kalau tidak beruntung, Anda bisa juga kok membuat sendiri. Referensinya ada pada resep sup kerang pedas kuah segar atau resep sup tom yam seafood spesial lezat pasti keluarga suka.

8. Soto


Makanan segar lainnya yang sangat ampuh untuk mengembalikan kesegaran lidah adalah soto. Variannya pun beragam, ada soto ayam dan soto sapi.

Kabar baiknya, pedagang yang menjual soto saat Lebaran juga masih cukup banyak. Jadi Anda tak perlu khawatir, jika menginginkannya.

Tapi kembali lagi, kalau ingin membuat sendiri, County Food juga punya referensinya. Seperti, aneka resep soto ayam enak yang wajib dicoba atau resep soto tetelan sapi kuah bening segar dan enak.

9. Mie godog


Mie godog atau mie rebus khas Jawa dan Yogyakarta (Jogja) ini juga sangat bisa diandalkan untuk mengembalikan kesegaran di lidah, karena keseringan makan makanan khas Lebaran yang sarat dengan santan dan lemak. Di dua daerah tersebut, masakan sangat populer dan tentu saja banyak dijajakan di pinggir jalan, meski hari H Lebaran.

Tapi, bila ingin juga bisa membuat mie godog sendiri, simak saja resep mie godog (rebus) enak sederhana atau ini dia resep mie godog (rebus) Jawa dijamin lezat.

10. Mie rebus instan


Nah, alternatif kesepuluh untuk menghilangkan rasa bosan karena terus-terusan makan makanan berbahan daging dan santan saat Lebaran adalah mie instan. Jangan remehkan makanan ini!

Rasa kuahnya juga sangat ampuh mengembalikan kesegaran lidah setelah keseringan makan makanan bersantan, berminyak, dan berlemak. Nah, jika ingin mie rebus instan yang Anda buat lebih lezat, simak dulu resep mie rebus sederhana pedas menggoda selera atau cara membuat mie instan komplit yang istimewa.

Semoga bermanfaat.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bosan dengan Makanan Khas Lebaran? Coba 10 Kuliner Segar Ini, Dijamin Suka!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel