7 Menu Sarapan Sehat Berbahan Telur, Kamu Suka yang mana?


Loading...
Sarapan adalah kegiatan rutin yang seharusnya tak boleh dilewatkan oleh setiap orang. Logikanya, sarapan adalah bekal bagi kita untuk mempersiapkan tenaga guna menjalani aktivitas setiap hari.

Agar kita mendapatkan manfaat lebih dari kegiatan sarapan, tentu saja sarapan tidak boleh asal makan dan kenyang. Bahan makanan yang kita konsumsi pun harus sehat agar kita mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, seperti karbohidrat, protein, mineral, serta vitamin.

Dari berbagai bahan makanan sehat, telur boleh jadi adalah bahan makanan sehat yang banyak dipilih. Selain karena sehat, telur juga termasuk bahan makanan mentah yang mudah diolah.

sumber gambar: khabriye.com

Asal tahu saja, telur merupakan bahan makanan padat gizi. Pasalnya, terdapat berbagai vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Antara lain, vitamin A, B6, B12, D, dan vitamin E serta asam folat, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Jadi, beruntunglah Anda yang suka makan telur. Anda pun bisa membuat berbagai menu sarapan sehat dari telur.

Nah, pada kesempatan ini County Food akan mengulas 10 menu sarapan sehat berbahan telur yang praktis dan mudah untuk diaplikasikan. Apa saja? Simak yuk!

1. Telur rebus

sumber gambar: cnnindonesia.com

Menu sarapan sehat yang paling mudah untuk dibuat adalah telur rebus. Dikutip dari laman Doktersehat, sebuah penelitian yang dilakukan Rochester Center of Obesity di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa 2 butir telur rebus dalam menu sarapan dapat memangkas kebutuhan sekitar 400 kalori sepanjang hari.

Siapapun pasti bisa membuat telur rebus sendiri di rumah. Setelah telur mentah dicuci dengan air mengalir hingga bersih, rebus telur sampai matang. Proses merebus telur lebih kurang selama 20 menit.

2. Telur ceplok 'goreng' air

sumber gambar: kidsdiscover.com

Dibanding telur yang digoreng dengan minyak sayur, telur ceplok yang 'digoreng' dengan air tentu lebih sehat. Caranya mudah banget.

Tuang air secukupnya pada teflon. Setelah air mendidih, masukkan telur, 'goreng' sampai matang, angkat. Telur ceplok goreng air pun siap disantap.

Simak juga: Agar tetap sehat, hindari memasak telur seperti ini

3. Omelet atau telur dadar

sumber gambar: incredibleegg.org

Selain telur ceplok atau mata sapi, menu sarapan sehat lain yang juga praktis adalah omelet atau telur dadar. Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda tinggal mencampur telur kocok dengan berbagai aneka sayuran, daging atau bahkan keju. Lihat: resep omelet isi sayur & jagung manis atau resep telur dadar (omelet) gulung isi tuna spesial.

4. Orak-arik telur


Menu sarapan sehat berbahan telur selanjutnya adalah orak-arik telur. Sama halnya dengan telur ceplok maupun omelet atau telur dadar, orak-arik telur juga sangat mudah dibuat.

Ada berbagai varian orak-arik telur yang bisa Anda masak. Pun County Food sudah banyak mengulas aneka resep orak-arik telur. Antara lain, resep orak-arik telur pedas spesial serta resep tumis sawi putih orak-arik telur.

5. Sandwich telur

sumber gambar: isigood.com

Buat yang terbiasa sarapan roti tawar di pagi hari, Anda pun bisa membuat sandwich dengan telur sebagai isiannya. Supaya lebih kaya rasa dan bergizi, Anda bisa menambahkan potongan selada dan tumisan daging cincang.

Simak juga: Banyak yang belum tahu, ternyata begini cara tepat menyimpan telur di dalam kulkas

6. Telur gulung sayur


Pada dasarnya adonan telur gulung sayur mirip dengan omelet maupun telur dadar. Bedanya, presentasi salah satu menu sarapan sehat yang satu ini adalah dengan cara digoreng kemudian digulung.

Setelah menyiapkan telur kocok yang sudah diberi bumbu, tambahkan potongan wortel, daun bawang, dan seledri. Goreng seperti membuat telur dadar dan gulung selagi telur masih setengah matang.

7. Kentang telur panggang


Menu sarapan sehat berbahan telur selanjutnya adalah kentang telur panggang. Untuk membuat sarapan sehat yang satu ini, Anda wajib memiliki oven.

Caranya, belak kentang menjadi dua bagian. Kerok sedikut permukaannya. Pecahkan telur di atasnya. Tambahkan garam dan lada putih atau lada hitam secukupnya. Masukkan ke dalam oven, dan panggang sampai matang.

Nah, dari ketujuh menu sarapan sehat berbahan telur tersebut, kamu suka yang mana?
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Menu Sarapan Sehat Berbahan Telur, Kamu Suka yang mana?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel