4 Tips Agar Usaha Menanam Sayur Dalam Pot Berhasil


Loading...
Setiap orang pasti punya hobi yang berbeda-beda. Ada yang suka memodifikasi motor atau mobil, mengumpulkan benda atau barang unik, beternak, dan ada juga yang hobi berkebun.

Meski tak meluli dimonopoli perempuan, tapi kebanyakan para wanita-khususnya ibu rumah tangga-banyak yang punya hobi yang disebut terakhir. Ya, berkebun memang kegiatan yang menyenangkan dan banyak manfaatnya.

Selain membuat lingkungan menjadi asri, hasil dari berkebun juga dapat dinikmati. Bahkan, banyak pula yang menjadikan hobi berkebun sebagai penghasilan sampingan.

menanam sayur dalam pot

Sayangnya kini, tidak semua orang beruntung bisa menyalurkan hobinya tersebut. Terlebih bagi mereka yang tinggal di kota, di mana lahan atau halaman rumah yang luas menjadi langka.

Namun jangan berkecil hati. Dengan sedikit kreativitas, kita masih bisa menyalurkan hobi berkebun dengan cara yang kreatif. Bahkan dengan sedikit manipulasi, kita bisa menanam tanaman sayur, seperti selada, bayam, terong, tomat, cabai, dan lain sebagainya, di dalam pot lho!

Nah, buat Anda yang yang ingin menyalurkan hobi berkebun dan ingin menanam sayur dalam pot, ada beberapa tips yang wajib Anda ketahui agar berhasil.

1. Benih dan bibit

Benih menjadi hal utama yang harus kita perhatikan sebelum mulai menanam. Pasalnya, kualitas benih sangat menentukan hasil akhir. Panen yang kita harapkan sangat bergantung dengan benih yang digunakan. Maka itu, pilihkan benih tanaman sayur yang berkualitas. Benih yang berkualitas otomatis akan menghasilkan bibit tanaman sayur yang berkualitas pula. Sehingga tanaman sayur akan menghasilakan hasil panen yang berkualitas dan memuaskan.

2. Pot

Karena yang akan kita lakukan adalah menamam sayuran dalam pot, maka pot mejandi barang wajib yang harus diadakan. Pilih pot dengan ukuran menyesuaikan tanaman sayur yang akan ditanam.

Jika kita ingin menanam selada, misalnya. Sebaiknya gunakan pot dengan diameter tidak terlalu besar, antara 10 sampai 15 sentimeter pun sudah cukup. Namun sebaliknya, jika tanaman sayur yang akan di taman adalah cabai, sebaiknya gunakan pot dengan diameter yang lebih besar.

Simak juga: Cara menanam cabe di rumah mulai dari penyemaian sampai panen, gampang banget!

3. Media tanam

Selain benih, hal yang juga sangat menentukan bagus tidaknya hasil panen yang akan kita tuai nanti setelah menanam tanaman sayur di dalam pot adalah media tanam yang kita gunakan. Gunakan media tanam yang dapat menunjang kesuburan tanaman. Anda bisa menggunakan media tanam campuran antara tanah merah, kompos atau pupuk kandang, dan sekam. Perbandingan cukup 1:1:1.

4. Perawatan

Selain ketiga tips yang sudah disebutkan sebelumnya, tips yang terakhir ini juga sangat penting untuk diperhatikan dalam berkebun. Khusunya, menanam sayur dalam pot.

Perawatan meliputi beberapa hal. Di antaranya, penempatan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman sayur, penyiraman yang dilakukan secara berkala, dan pemupukan agar tanaman menjadi lebih subuh dan menghasilkan panen yang melimpah. Lihat: Agar panen melimpah, begini perawatan menanam sayur dalam pot.

Nah, itu dia 4 tips agar usaha menanam sayur berhasil dan menghasilkan penen yang memuaskan. Semoga berguna.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Tips Agar Usaha Menanam Sayur Dalam Pot Berhasil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel