Begini Cara Membedakan Kepiting dan Rajungan Meski Sudah Dimasak


Loading...
Menikmati seafood di pinggiir pantai memang sangat menyenangkan. Apalagi kalau menu laut itu adalah favorit kita, tentu akan menjadi sebuah kenangan terindah yang ingin kita ulang lagi dan lagi.

Menu kepiting, salah satunya. Ada banyak menu kepiting yang bisa kita pilih, mulai dari kepiting goreng asam manis hingga kepiting saus lada hitam spesial, masing-masing menawarkan cita rasa lezat yang unik.

Tapi, apakah Anda masih akan suka jika kepiting yang dihidangkan itu diganti dengan rajungan? Ya, jika sudah dimasak, kita memang agak sulit untuk membedakannya. Sebab, baik bentuk maupun rasanya hampir mirip, Terlebih jika rajungan yang dimasak sudah tidak utuh lagi. Untuk membedakannya, semakin tambah susah.

Meski susah, kita tetap masih bisa membedakannya kok. Sebab, ada ciri-ciri khusus yang dimiliki kepiting, begitu juga sebaliknya dengan rajungan. Ada ciri khusus pada rajungan yang tidak ditemukan pada kepiting.

beda antara menu kepiting dan menu rajungan
Dari gambar di atas, coba bedakan mana menu kepiting dan mana menu rajungan?

Lantas, bagaimana sich mengenali beda antara kepiting dan rajungan? Agar tidak sampai salah pilih, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Bentuk

Meski sudah dimasak dan tidak utuh lagi, tapi ada cara paling mudah apakah menu seafood yang dimasak itu kepiting atau rajungan. Cangkang atau karapas kepiting bersifat sangat keras dan cukup tebal. Sedangkan karapas rajungan, meski juga relatif keras, namun tidak terlalu tebal atau bahkan tipis.

Selain itu, meski sudah dimasak dan tidak utuh lagi, kita tetap bisa membedakan mana menu kepiting dan mana menu rajungan. Sebab, cangkang kepiting biasanya hanya memiliki satu warna. Sedangkan, rajungan biasanya cangkangnya memiliki lebih dari satu warna.

2. Daging

Selain dari bentuknya, kita juga bisa membedakan antara kepiting dan rajungan dengan melihat dagingnya. Meski ukurannya sama, umumnya daging kepiting lebih tebal dibanding daging rajugan.

Begitu juga dengan daging yang tersimpan di dalam capit. Sebab, capit kepiting lebih besar dan gemuk ketimbang capit rajungan.

3. Rasa

Selain dagingnya lebih tebal dan banyak, rasa daging kepiting biasanya lebih manis ketimbang daging rajungan. Perbedaan ini akan lebih terasa jika dimasak dengan bumbu minimalis. Seperti, kepiting/rajungan goreng sederhana atau kepiting/rajungan masak pedas khas Tuban.

Nah, sekarang sudah tahu kan beda antara kepiting dan rajungan meski sudah dimasak dan bentuknya sudah tak utuh lagi? Mulai sekarang jangan sampai salah pilih menu ya! Semoga berguna dan selamat bersenang-senang.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Begini Cara Membedakan Kepiting dan Rajungan Meski Sudah Dimasak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel