14 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Part 4


Loading...
Rambut rontok merupakan hal yang wajar jika kerontokan itu terjadi hanya di kisaran 50-100 helai/hari. Kisaran tersebut juga bergantung dengan jumlah rambut pada masing-masing individu.

Namun, jika jumlah kerontokan melebihi kisaran angkat tersebut, maka itu yang lantas menjadi masalah. Jika dibiarkan berlarut-larut, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kebotakan.

Celakanya, masalah kebotakan bukan cuma milik pria. Tapi, wanita juga mengalaminya, seperti yang telah dijelaskan pada part sebelumnya.

14 penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya
rambut rontok pada pria/diambil dari tribunstyle.com

Nah, selain yang sudah disebutkan sebelumnya, sebenarnya apa lagi sich yang menjadi penyebab rambut rontok, dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak kelanjutannya berikut ini.

1. Keseringan pakai pemanas rambut

terlalu sering menggunakan alat pemanas rambut menyebab rambut rontok
hair dryer dan catokan rambut/diambil dari topwiki.co

Pemanas rambut (hair dryer) memang memudahkan kita untuk mengeringkan rambut. Dengan alat ini, rambut yang basah jadi cepat kering, dan itu artinya kita dapat menghemat waktu.

Selain hair dryer, wanita pasti juga suka pakai catokan rambut. Dengan alat ini kita bisa membuat rambut kriting menjadi lurus atau sebaliknya dalam sekejam. Meski daya tahannya tidak lama, tapi tetap saja alat ini cukup membantu.

Padahal, keseringan memakai dua alat tersebut atau alat sejenis lainnya sangat tidak dianjurkan. Pasalnya, rambut mudah jadi rusak, kering, bercabang. Akibatnya, rambut jadi rapuh dan mudah rontok. Celakanya, rambut juga jadi sulit tumbuh kembali.

Cara mengatasinya sudah barang tentu Anda harus membatasi penggunaan berbagai alat tersebut. Pun terpaksa harus memakainya, Anda wajib menggunakan kondisioner agar rambut tetap sehat.

2. Trichotillomania

Mungkin Anda baru mendengar istilah trichotillomania. Ini semacam gangguan kontrol impuls yang menyebabkan seseorang tanpa sadar (impulsif) dan secara terus-menerus mencabut rambutnya sendiri. Bahkan yang dicabut bukan cuma rambut di bagian kepala saja, tapi juga rambut alis, bulu mata, dan lainnya.

Orang yang mengalami gangguan ini biasanya akan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Proses penyembuhannya pun bersifat individu. Tak jarang penanganan ini membutuhkan waktu yang panjang.

3. Kulit kepala tidak sehat

berketombe/ diambil dari parasayu.net

Peradangan pada kulit kepala akibat kondisi kulit kepala yang tidak sehat akan menyulitkan rambut untuk tumbuh. Munculnya ketombe adalah satu indikator bahwa kulit kepala Anda bermasalah. Ini juga yang menyebabkan rambut rontok.

Solusi atau cara mengatasinya adalah dengan menggunakan sampo yang khusus untuk mengatasi masalah ketombe. Namun, jika dalam jangka waktu sebulan usaha tersebut tidak membuahkan hasil, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Nah, itulah beberapa penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya yang County Food bahas pada part 4. Penyebab lain dari rambut rontok dan cara mengatasinya biasa Anda simak di part selanjutnya. Semoga berguna!

Sumber: hellosehat.com
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "14 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Part 4"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel