Cantik dan Enak Banget! Cara Membuat Puding Isi Sponge Cake dengan Topping Aneka Buah


Loading...
Bagi Anda yang merayakan Natal, dan masih bingung ingin mau bikin apa yang spesial untuk hidangan untuk memon spesial tersebut, sepertinya satu dari aneka puding yang ini bisa Anda pertimbangkan. Puding yang ini lain dari puding pada umumnya.

Dari namanya saja, kita sudah bisa menebang puding macam apa puding yang satu ini. Ya, di dalamnya terdapat sponge cake yang lembut dengan topping aneka buah. Tak ayal jika baik masih utuh maupun setelah dipotong, presentasi puding ini tetap cantik. Dan, sudah barang tentu rasanya enak banget.

Ada tiga tahap yang harus dilalui untuk membuat puding isi sponge cake dengan topping aneka buah. Pertama, membuat adonan puding, adonan sponge cake, dan menyiapkan potongan aneka buah segar.

puding isi sponge cake dengan topping aneka buah untuk natal
puding spesial Natal

Daripada berlama-lama, yuk langsung simak ulasan lengkap cara membuat puding isi sponge cake dengan topping aneka buah berikut ini hingga tuntas.


Bahan untuk membuat puding susu:
1. 2 bungkus (lebih kurang 14 gram) agar-agar putih.
2. 1,2 liter susu sapi segar.
3. 300 gram gula pasir.

Bahan untuk membuat sponge cake:
1. 125 gram tepung terigu protein sedang, diayak.
2. 100 gram gula pasir.
3. 1 sendok teh emulsifier.
4. 5 butir telur ayam.
5. 100 gram margarin, panaskan hingga meleleh.

Topping:
1. 100 gram nata de coco.
2. 1 kaleng fruit cocktail.


Tips:
1. Selain menggunakan fruit cocktail, Anda juga bisa menggunakan aneka buah segar. Potong dengan rapi agar presentasinya lebih cantik.
2. Selain susu sapi segar, Anda juga bisa menggunakan susu kedelai.
3. Jumlah gula pasir yang digunakan untuk membuat puding susu dan sponge cake boleh disesuaikan selera.
4. Untuk memastikan sponge cake sudah matang, tusuk sponge cake dengan tusuk sate, jika ditarik tusuk sate tetap kering, tandanya sponge cake sudah matang.


Cara membuat puding isi sponge cake dengan topping aneka buah:
1. Tahap pertama adalah membuat sponge cake. Masukkan gula pasir, telur, dan emulsifier ke dalam baskom. Kocok dengan mixer sampai mengembang.
2. Sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah, tambahkan tepung terigu, kocok sampai tercampur rata dan lembut.
3. Tuangkan margarin, aduk dengan menggunakan spatula.
4. Tuangkan ke dalam loyang yang sebelum sudah dioles margarin dan ditabur tepung terigu agar tidak lengket, panggang di dalam oven bersuhu 170 derajat celcius sampai matang (lebih kurang selama 30 menit), angkat, dinginkan.
5. Tahap kedua adalah membuat puding susu. Tuangkan susu segar ke dalam panci. Tambahkan gula pasir dan agar-agar, aduk sampai tercampur rata.
6. Panaskan dengan api kecil, masak dengan cara diaduk perlahan sampai mendidih, angkat.
7. Tuangkan setengah dari puding yang masih panas ke dalam cetakan puding (jaga agar sisa puding tetap hangat agar tidak mengeras), diamkan sampai mengeras.
8. Letakkan sponge cake di atas puding yang sudah mengeras, siram dengan sisa puding yang belum digunakan (sisakan sedikit untuk lapisan terakhir dan jaga agar suhunya tetap hangat supaya tidak mengeras), diamkan sampai mengeras.
9. Tuangkan sisa puding, susun fruit cocktail dan nata de cocok di atasnya sebagai topping, diamkan sampai mengeras.
10. Simpan di dalam kulkas hingga menjadi dingin, keluarkan, dan puding isi sponge cake dengan topping anek buah sudah siap dihidangan bersama kue kering coklat spesial Natal dan Tahun Baru serta kue tart stroberi pesial.

Adapun cara membuat puding isi sponge cake dengan topping aneka buah yang diresepkan ini cukup untuk 8 orang.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cantik dan Enak Banget! Cara Membuat Puding Isi Sponge Cake dengan Topping Aneka Buah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel