Gampang Banget! Begini Cara Masak Keong Sawah dan Kerang agar Tidak Bau Amis


Loading...
Hampir seluruh masyarakat di Indonesia pasti kenal dong dengan yang namanya keong sawah dan kerang? Jadi, tak heran jika ada begitu banyak aneka masakan keong sawah maupun kerang. Misalnya, tumis keong sawah pedas bumbu iris hingga krengsengan kerang kupas bumbu tradisional asli Surabya.

Tapi, memasak keong sawah maupun kerang memang susah-sudah gampang. Soalnya, ada beberapa cara yang harus dilakukan agar masakan keong dan kerang buatan kita tidak bau amis.

Meski beberapa cara tersebut gampang untuk diaplikasikan, tapi kalau tidak tahu, yang pasti bau amis itu akan sangat mengurangi cita rasa masakan.

keong sawah dan kerang

Namun, tidak perlu khawatir. Sebab, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang beberapa cara gampang masak keong sawah maupun kerang agar tidak amis.

1. Segar

Ketika membeli keong sawah, pastikan keong sawah maupun kerang yang Anda beli masih dalam kondisi segar. Maksudnya, keong baru saja ditangkap dari sawah dan kerang baru saja ditangkap dari laut. Cirinya, biasanya warnanya masih segar. Selain itu, juga tidak berbau.

2. Bersihkan

Karena rumah keong sawah dan kerang berteksturnya dan terpapar lumpur, jadi untuk membersihkannya juga membutuhkan cara ekstra. Rumah keong sawah dan kerang harus digosok dengan sikat.

3. Simpan di dalam plastik kedap udara

Jika dimaksudkan sebagai stok, akan lebih baik bila keong sawah dan kerang disimpan di dalam plastik kedap udara. Dengan begitu keong maupu kerang tidak mudah bau amis.

4. Jangan direndam air

Jangan pernah menyimpan keong sawah atau kerang dengan cara merendam di dalam air dalam jangka waktu lama. Cara ini justru akan membuat bau keong sawah maupun kerang menjadi sangat amis.

5. Tambahkan bumbu beraroma kuat

Saat memasak, pastikan menambahkan bumbu atau bahan beraroma kuat. Aroma tersebut akan menyamarkan aroma amis keong sawah maupun kerang. Adapun beberapa jenis bumbu tersebut di antaranya, lemon, serai, daun salam, lengkuas, jahe, dan kemangi.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan ketika memasak keong sawah atau kerang agar tidak bau amis. Mudah banget, bukan? Tapi, kalau nggak tahu caranya yang tetap saja nggak bakal bisa. Semoga berguna.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gampang Banget! Begini Cara Masak Keong Sawah dan Kerang agar Tidak Bau Amis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel