10 Makanan dan Minuman Sehat Pengganti Susu Kental Manis


Loading...
Miris mendengar kabar belakangan ini yang menyebut bahwa susu kental manis diproduksi tanpa menggunakan susu sapi murni.

Padahal, masyarakat sudah terlanjut percaya bahwa susu kental manis adalah salah satu produk olahan susu yang diproduksi dari susu sapi murni.

Tak ayal jika selama ini masyarakat mengonsumsi susu kental manis untuk memenuhi kebutuhan akan susu. Mengingat, banyak sekali manfaat dari mengonsumsi susu.


Jika kabar itu benar, lantas kita harus bagaimana? Jangan khawatir, County Food punya solusinya. Ini 10 makanan dan minuman sehat pengganti susu kental manis.


1. Susu bubuk


Untuk mendapatkan manfaat susu, selain susu kental manis, masih banyak makanan dan minuman olahan susu. Salah satunya adalah susu bubuk. Ada dua varian yang bisa kita pilih. Yaitu, susu bubuk full cream dan susu bubuk cream. Susu bubuk umumnya diproduksi dari susu sapi murni yang dihilangkan kadar airnya dan diolah sedemikian rupa hingga teksturnya menjadi bubuk dan padat.

2. Keju


Selain susu bubuk, makanan olahan susu lainnya adalah keju. Banyak makanan lezat yang bisa kita buat dari keju, seperti resep kue renyah udang keju atau resep cheese stick keju Kraft renyah dan gurih gampang dibuat. Jenis keju juga beragam. Lihat saja 4 jenis keju yang membuat aneka kuliner jadi semakin lezat menggoda selera. Bahkan, keju cheddar parut juga dapat dijadikan sebagai topping untuk minuman.

3. Yoghurt


Yoghurt adalah hasil olahan susu yang lain. Yoghurt dihasilkan dari fermentasi susu murni, bisa dari susu sapi atau susu kambing. Ada banyak aneka resep minuman menggoda selera berbahan yoghurt yang sudah pernah diulas County Food. Antara lain, resep smoothies anggur praktis enak dan resep smoothies nanas segar.

4. Sayuran


Sudah menjadi rahasia umum bahwa di dalam susu terkandung zat kalsium yang baik untuk tulang dan gigi. Kalau ternyata susu kental manis memang terbukti tidak terbuat dari susu, jangan khawatir. Kita masih bisa mendapatkan zat kalsium dari aneka sayuran. Adapun beberapa jenis sayuran yang kaya akan kalsium adalah bayam, kale, dan brokoli. Lantas 3 sayuran tersebut mau diolah seperti apa? Jangan khawatir, ini referensinya: resep sayur bening bayam sambal ikan asap bikin ketagihan dan resep cah brokoli ala resto spesial udang dan jamur.

5. Buah-buahan


Tak banyak yang tahu, ternyata ada juga beberapa jenis buah-buahan yang kaya akan kalsium. Salah satunya adalah buah semangka (lihat: kumpulan resep aneka minuman segar 8). Disebutkan Astri Kurniati, ST, MAppSc dari Nutrition and Health Science Manager, Nutrifood Research Center (Republika.co.id/17 Juni 2015) bahwa buah semangka juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk perkembangan tulang dan gigi. Hanya saja memang kandungannya tidak sebanyak yang ada pada susu murni. Tapi, kalau cuma difungsikan sebagai pengganti susu kental manis, boleh-boleh saja kan?

6. Kacang-kacangan


Dari sekian banyak kacang-kacangan, kacang kedelai yang secara umum dikenal masyarakat biasa diolah menjadi susu. Selain tinggi kalsium, susu kedelai juga mengandung vitamin B, E, dan antioksidan yang terdiri atas pitosterol atau polifenoh. Tak hanya itu, susu kedelai juga sangat dianjurkan bagi penderita intoleransi laktosa, penderita alergi susu sapi, dan vegetarian. Bahkan bisa membuat kita awet muda lho! Simak: Wow, minum susu kacang kedelai secara rutin bisa bikin awet muda.

7. Roti tawar


Roti tawar merupakan salah satu bahan makanan yang dibuat dari campuran susu dan gandum. Anda bisa mendapatkan manfaat susu dengan mengonsumsi roti tawar. Ada begitu banyak varian makanan yang diolah dari roti tawar, seperti resep roti tawar isi ceplok telur saus orange (resep masakan praktis) atau resep wedang roti hangat super nikat.

8. Santan


Bahan makanan lain yang bisa kita jadikan sebagai pengganti susu kental manis adalah santan. Tak kalah dengan susu, santan kaya akan zat besi, kalsium, kalium, magnesium, dan seng. Bahkan, santan segar yang diperas dari kelapa parut kaya akan vitamin C dan E. Kabar baiknya, ada banyak aneka minuman yang dibuat dari santan. Seperti, resep es cincau santan manis serta resep es kolang kaling spesial santan segar. Agar santan segar lebih awet, simak cara aman menyimpan santan segar supaya tahan lama.

9. Telur


Telur disebut-sebut lebih sehat daripada susu. Sepertinya hal itu bukan mengada-ada. Pasalnya, kandungan gizinya lebih baik dari susu. Hal itu diungkapkan Peneliti Pusat Pengembangan Imu Pengetahuan Teknologi Pangan dan Pertanian Asian Tenggara IPB, Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN (Kompas.com/20 September 2017). Selain itu, telur termasuk bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai kuliner lezat. Referensinya ada pada aneka masakan berbahan telur part 1.

10. Madu


Sepertinya tak ada yang bisa memungkiri bahwa madu punya banyak manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, di dalam madu terkandung aneka gizi yang dapat kita manfaatkan sebagai pengganti susu kental manis. Di antaranya, vitamin, asam folat, asam amino, protein, dan mineral. Ada banyak aneka makanan dan minuman yang terbuat dari madu. Misalnya, resep pisang goreng siram madu sederhana tapi menggoda selera serta resep teh (celup) jahe madu.

Nah, jika memang benar susu kental manis seperti yang diberitakan belakangan ini, jangan khawatir. Sebab, kita masih punya begitu banyak bahan makanan dan minuman yang bisa jadikan sebagai pengganti susu kental manis. Semoga berguna.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Makanan dan Minuman Sehat Pengganti Susu Kental Manis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel