Waspada! Keseringan Makan Makanan yang Dibakar Berisiko Hipertensi


Loading...
Siapa sih yang bisa menolak ajakan teman atau keluarga untuk mengadakan acara bakar-bakaran? Selain seru dan memiliki sensasi tersendiri, aroma makanan yang dimasak dengan cara dibakar, seperti, ikan bakar, ayam bakar, dan barbeque, memang sungguh menggoda selera.

Tapi, tahukah Anda jika sampai keseringan makan makanan yang dibakar berisiko meningkatkan kemungkinan terserang hipertensi atau darah tinggi?

ikan bakar

"Temuan kami mungkin akan sangat membantu kita semua dalam mencegah risiko hipertensi atau darah tinggi. Sebaiknya kita mengurangi asupan makanan yang dimasak dengan suhu terlalu tinggi. Sebaliknya, kita mengurangi asupan makanan yang dimasak dengan suhu terlalu tinggi termasuk makanan yang dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, brolling atau dengan api terbuka," ungkap salah satu peneliti postdoctoral di Departemen of Nutrition di Harvard T.H. Chan Scholl of Public Health di Boston, Gang Liu Ph.D, dikutip laman Ibtimes.co.in.

Hipertensi atau yang biasa juga disebut tekanan darah tinggi adalah seseorang yang mengalami kondisi di mana tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi tersebut tentu sangat berbahaya. Pasalnya, jantung dipaksa untuk memompa darah lebih kencang ke seluruh tubuh.

ilustrasi

Bahkan, serangan hipertensi akan membuat yang berasangkutan mengalami risiko terserang penyakit berbahaya lainnya yang bisa berakibat vatal. Seperti, gagal ginjal, stroke, hingga gagal jantung yang sebelumnya di awali dengan gejala-gejala hipertensi tertentu.

Kesimpulan tentang makan makanan yang dimasak dengan cara dibakar berisiko hipertensi yang diungkapkan Gang Liu itu didasarkan pada hasil sebuah studi yang dipresentasikan di American Heart Association di New Orleans, Amerika Serikat.

Studi tersebut melibatkan 103 partisipan yang dibagi berdasarkan jenis kelamin. Yakni, 86 ribu partisipan perempuan dan 17 ribu partisipan pria. Semua partisipan diketahui memiliki risiko hipertensi. Hasilnya, 37 ribu partisipan ditemukan mengalami risiko hipertensi yang lebih tinggi karena punya kebiasaan makan makanan yang dibakar.

ilustrasi

Dijelaskan Gang Liu, ternyata makanan yang dimasak dengan menggunakan suhu tinggi dapat menghasilkan senyawa tertentu. Nah, senyawa tertentu inilah yang kemudian menyebabkan stres oksidatif serta meningkatkan risiko hipertensi atau penyakit darah tinggi.

Sudah tahu kan bahaya keseringan makan makanan yang dibakar. Mulai sekarang sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang dimasak dengan cara dibakar dech.

Makan makanan yang dibakar sih boleh-boleh saja jika tidak terlalu sering. Lantas, bagaimana kalau di hari-hari sebelumnya sudah terlanjur sering makan makanan yang dibakar? Imbangi dengan rutin mengonsumsi menu makanan penakluk tekanan darah tinggi dan gejalanya mulai sekarang. Dan, jika gejala-gejala hipertensi sudah muncul di diri Anda, sebaiknya berkonsultasilah pada dokter. Semoga bermanfaat!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Waspada! Keseringan Makan Makanan yang Dibakar Berisiko Hipertensi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel