Cara Memasak Ikan Goreng Renyah Pasti Enak dengan Bahan Simpel


Loading...
Anda mungkin setuju dengan ungkapan, "Tidak semua orang bisa memasak." Tapi hal itu tentunya tidak berlaku untuk selama-lamanya, jika kita mau belajar dan punya banyak referensi.

Kalau sekarang Anda tidak pernah berhasil memasak ikan goreng tepung yang renyah dan enak, mungkin Anda belum menenukan resep yang tepat. Nah, kali ini County Food akan membahas resep serta cara memasak ikan goreng yang seperti itu.

Bahan yang digunakan pun tergolong simpel. Tapi, bukan berarti menggunakan tepung bumbu instan, seperti, 'Tepung Bumbu Trispi'; 'Sajiku Tepung Bumbu', atau semacamnya.

cara memasak ikan goreng renyah yang pasti enak yang dibuat dengan bahan simpel
ikan goreng renyah pasti enak yang dibuat dengan bahan simpel

Adonan tepung yang digunakan untuk memasak ikan goreng renyah dan enak ini murni buatan sendiri. Jadi, kita juga bisa sedikit berbangga karena bisa membuat sendiri ikan goreng tepung yang renyah dan krispi tanpa harus menggunakan tepung bumbu instan. Yuk, langsung simak!


Bahan:
1. 1 ekor (lebih kurang 400 gram) ikan mujair, fillet daging ikannya, kemudian dipotong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
2. Minyak sayur untuk menggoreng.

Marinasi:
1. 0,125 sendok teh garam.
2. 0,125 sendok teh lada putih bubuk.

Bahan dan bumbu untuk membuat adonan pencelup (aduk sampai encer):
1. 100 mililiter air putih.
2. 3 sendok makan tepung terigu protein sedang.
3. 1 sendok teh tepung sagu.
4. 1 sendok teh kaldu ayam instan.
5. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.

Bahan dan bumbu untuk membuat adonan pelapis (aduk sampai tercampur rata):
1. 6 sendok makan tepung terigu protein sedang.
2. 1 sendok makan tepung sagu.
3. 1 sendok makan kaldu ayam instan.
4. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.


Tips:
1. Pastikan ikan mujair yang digunakan masih dalam kondisi segar. Setelah mengambil daging ikannya, sisanya ikannya jangan dibuang karena nanti akan dimasak juga.
2. Sebelum di-fillet, balur ikan dengan air jeruk nipis atau lemon untuk mengurangi bau amis.
3. Agar hasilnya matang merata, disarankan untuk menggunakan minyak sayur dalam jumlah cukup banyak. Ketika digunakan untuk menggoreng, minyak sayur harus sudah dalam kondisi panas, tapi api kompor disarankan disetel kecil-sedang saja agar tidak cepat gosong.
4. Jika kaldu ayam instan yang Anda gunakan berbentuk blok atau butiran kecil, disarankan dihaluskan terlebih dahulu ketika membuat adonan pelapis.
5. Saat membuat adonan pecelup jangan heran kenapa teksturnya encer banget. Ya, memang sengaja dibuat seperti ini karena fungsinya hanya sebatas agar adonan pelapis dapat menempel.
6. Kuliner ikan goreng renyah seperti ini paling enak disantap bersama sasu tomat dan saus sambal. Kalau ingin membuat sendiri, referensinya ada di resep saus tomat homemade dijamin enak serta resep saus tomat pedas pemicu selera makan.


Cara memasak ikan goreng renyah pasti enak dengan bahan simpel:
1. Balur ikan dengan marinasi, diamkan selama 5 menit supaya meresap.
2. Celupkan potongan fillet daging ikan dan sisa ikan mujair ke dalam adonan pencelup, angkat.
3. Guling-gulingkan ke adonan pelapis sambil ditekan, ketuk-ketuk agar tepung yang tidak lengket rontok.
4. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
5. Masukkan ikan yang sudah dilapisi tepung ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil dibolak-balik sampai berwarna coklat keemasan dan matang, angkat, tiriskan, dan sisihkan.
6. Pindah ke wadah saji, ikan goreng renyah yang pasti rasanya enak meski dibuat dengan bahan simpel ini sudah siap dinikmati. Selain saus, ikan goreng renyah seperti ini juga cocok dihidangkan bersama orek tempe tahu dan bakso atau pecel terong.

Sebagai menu pelengkap County Food sarankan hidangkan bersama tumis cabe hijau bumbu kecap serta tumis oncom dan ikan teri.

Simpel banget kan bahan yang digunakan. Aplikasikan penjelasan cara memasak ikan goreng renyah pasti enak dengan bahan simpel ini secara benar agar berhasil. Selamat mencoba!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memasak Ikan Goreng Renyah Pasti Enak dengan Bahan Simpel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel