Terkuak! Ini Resep Rahasia Singkong Keju Kukus Melepuh Empuk Enak Banget


Loading...
Kota Salatiga, Jawa Tengah bukan cuma punya kuliner sambal tumpang koyor saja yang di andalkan. Kuliner lain yang menjadi andalan kota ini adalah singkong kukus.

Nah, kalau Anda suka singkong kukus D-9 Salatiga, mungkin sempat terlintas dalam benak Anda tentang bagaimana membuat singkong kukus seenak itu. Tekstur singkong kukusnya bisa melepuh (pecah) dan empuk. Jika digoreng, ada sensasi krispi (crispy) di bagian luarnya.

Jangan heran, ada beberapa rahasia yang mungkin belum Anda tahu mengenai cemilan berbahan dasar singkong yang kini sudah menjadi oleh-oleh khas Salatiga ini.

Nah, pada kesempatan ini County Food akan mengulas beberapa rahasia untuk membuat singkong kukus yang tekstur dan rasanya mirip banget dengan singkong kukus D-9. Yuk, kita kuak rahasianya satu per satu.

resep rahasia singkong keju kukus yang melepuh, empuk, dan enak banget
singkong keju kukus

1. Pilih singkong berkualitas

Sebelum mengulas resep dan cara membuat singkong keju kukus rahasia pertama yang wajib Anda tahu adalah cara memilih singkong berkualitas bagus. Maksudnya, jika dimasak nanti, tekstur singkong akan empuk dan melepuh (merekah).

Cara paling gampang adalah dengan mmenusuk singkong mentah dengan kuku. Jika terasa empuk, maka dijamin singkong tersebut punya kualitas bagus seperti yang dijelaskan di atas.

2. Rendam dengan air garam

Setelah mendapatkan singkong berkualitas bagus dan telah dikupas, rendam potongan singkong dengan air garam. Adapun komposisi air garam adalah 50 mililiter air putih dicampur dengan 2 sendok makan garam per 500 gram singkong. Setelah itu, kukus singkong sekurang-kurangnya selama 10 menit.

Jika singkong yang kita dapatkan punya kualitas bagus, maka singkong tersebut terlihat pecah, merekah, atau melepuh. Angkat dan sudah siap ditaburi keju.

3. Resep singkong keju kukus yang melepuh, empuk, dan pasti enak banget!

Usai mendapatkan singkong kukus yang melepuh, empuk, dan matang, langkah selanjutnya adalah tinggal menyiapkan keju cheddar parut dan menyajikannya.

Caranya, susun singkong kukus di wadah saji. Taburi dengan keju cheddar yang sudah diparut. Singkong keju kukus sudah siap dinikmati bersama secangkir wedang ronde spesial multi khasiat atau es coklat dingin klasik juga enak.

4. Alternatif penyajian

Selain disajikan seperti yang dijelaskan pada point 3, singkong seperti ini juga bisa disajikan menjadi singkong goreng tabur keju (singkong keju) yang banyak dijual di luaran sana. Begini caranya!

Usai singkong dikukus sampai matang, angkat singkong dan rendam di larutan air garam. Panaskan minyak sayur dengan jumlah cukup banyak. Maksudnya, minyak sayur yang digunakan untuk menggoreng harus bisa merendam seluru bagian singkong saat digoreng, agar tekstur luarnya krispi.

Setelah minyak cukup panas, masukkan potongan singkong, dan goreng sambil dibolak-balik sampai warnanya coklat keemasan, angkat, dan tiriskan. Susun di wadah saji, taburi dengan keju cheddar yang sudah diparut, singkong goreng tabur keju sudah siap dinikmati bersama es kepal Milo aneka topping atau kopi susu jahe yang paling nikmat.

Selamat mencoba!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Terkuak! Ini Resep Rahasia Singkong Keju Kukus Melepuh Empuk Enak Banget"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel