9+ Destinasi Wisata Edukasi untuk Isi Waktu Liburan Anak Sekolah di Jakarta


Loading...
Libur sekolah telah tiba. Ini artinya waktu anak sekolah untuk melepaskan penat karena telah hampir setengah tahun berkonsentrasi dalam belajar. Jadi, tak berlebihan kiranya jika sebagai orangtua kita memberikan waktu yang lebih panjang dan spesial bagi mereka untuk bermain dan bersenang-senang.

Ada banyak pilihan untuk bersenang-senang. Salah satunya dengan berwisata. Wisata alam, misalnya. Harapannya, mereka dapat mengekploitasi keindahan dan mengenal alam. Contohnya, mengajak mereka ke Lembah Bakkara Danau Toba atau ke Taman Bunga Sapo Juma yang juga berlokasi di kawasan objek wisata Danau Toma, Sumatera Utara yang menawarkan keindahan alam yang eksotis.

Nah, bagi Anda yang tinggal di wilayah Jakarta dan tak ingin jauh-jauh ke luar kota atau ke luar pulau, beruntunglah karena ada banyak destinasi yang cocok untuk mengisi waktu liburan sekolah. Sebab, destinasi yang ditawarkan kali ini tak hanya sekadar menawarkan keasyikan, tapi juga ada memiliki unsur edukasi. Mau tahun destinasi mana saja yang menawarkan permainan edukasi untuk mengisi waktu liburan anak sekolah di Jakarta? Simak ulasannya berikut ini yuk!

destinasi wisata edukasi untuk isi waktu libran anak sekolah di Jakarta
destinasi wisata edukasi untuk isi waktu libran anak sekolah di Jakarta

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII merupakan suatu kawasan yang dibangun untuk memberikan edukasi kepada anak bangsa geografi, seni, budaya, hingga adat-istiadat Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya akan perbedaan namun tetap bineka tunggal ika. Di kawasan wisatan seluas 150 hektare ini bisa dieksplore melalui kereta gantung.

TMII

Tak hanya itu, TMII juga menawarkan berbagai pertunjukan di Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku. Selain itu ada juga berbagai museum yang akan menambah wawasan anak-anak kita tentang Indonesia. Asyik, bukan?

Lokasi: Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta.
Jam buka: (setiap hari) 07.00-22.00 WIB.
Harga tiket masuk: Rp 6.000-Rp 30.000/kedaraan.

2. Pinisi Edutainment Park

Pinisi Edutainment Park

Tempat wisata edukasi selanjutnya adalah Pinisi Edutainment Park. Di sini kita dapat memperkenalkan kepada anak-anak tentang beragam budaya Indonesia. Mulai dari batik, wayang hingga berbagai tarian tradisional.

Tak hanya menontong, kita juga bisa memberikan kepada anak kita untuk belajar membatik, berwayang, dan tentunya juga belajar menari. Selain memberikan kesenangan kepada anak, baik secara langsung maupun tidak langsung, kita juga telah menanamkan bening kecintaan mereka pada budaya lokal demi kelestarian budaya kita sendiri.

Lokasi: Pasar Raya Blok M Lantai 9 & 10, Jl. Iskandarsyah II No. 2, Jakarta Selatan.
Jam buka: 09.00-20.00 WIB.
Harga tiket masuk: Rp. 50.000/anak/6 jam.

3. The Playground

The Playground

Kalau anak-anak Anda suka berpetualang, sepertinya destinasi yang kita ini akan sangat cocok dengan mereka. Ya, The Playground.

Dari namanya saja, pasti Anda sudah tahu wahana permainan apa saja yang ditawarkan di sini. Anak-anak Anda pasti akan senang bermain flying fox, ayunan, berbagai wahana pajat-memanjat dan berselunjur dan basah-basahan di area bermain air.

Tak hanya menawarkan kesenangan bagi anak-anak Anda yang berusia maksimum 10 tahun, tapi juga sangat baik untuk merangsang perkembangan syaraf motorik mereka. Sebab, mereka dapat dengan leluasa dan bebas bergerak dan bermain sesuka mereka. Tapi, harus tetap dalam pengawasan ya!

Lokasi: Jl. Kemang Dalam IIIB, Jakarta Selatan.
Jam buka: 10.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk: Rp 65.000/anak.

4. Cibubur Garden Dairy (Cibugary)

Cibubur Garden Dairy (Cibugary)

Nah, buat anak-anak yang suka berbagai hewan, Anda bisa mengajaknya bersenang-senang di Cibubur Garden Dairy (Cibugary). Selain berwisata, Anda juga bisa memperkenalkan dunia peternakan kepada meraka.

Siapa tahu besarnya nanti mereka bisa menjadi peternak dan atau pengusaha produk olahan peternakan yang sukses. Pasti banggakan sebagai orangtuanya?

Tak hanya melihat berbagai hewan ternak, seperti sapi perah dan kambing, Cibugary juga menawarkan playground yang cukup menyenangkan.

Lokasi: Kompleks Peternakan DKI Blok C No. 1 RT 1 RW 2, Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur.
Jam buka: 09.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk: 65.000/anak.

5. Planetarium

Planetarium, Taman Ismail Marzuki

Siapa yang anaknya bercita-cita ingin menjadi pilot atau astronot? Sepertinya Anda wajib mengajaknya ke destinasi yang satu ini. Ya, Planetarium Jakarta.

Di sini anak-anak bisa mengenal tata surya. Yang menarik, destinasi wisata ini juga menawarkan pertunjukan teater bintang dan multimedia.

Dengan begitu mereka bisa mengenal benda asin di luar angkasa. Tak hanya itu anak-anak juga bisa melihat secara langsung fenomena angkasa melalui teleskop. Mantapkan?

Lokasi: Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat.
Jam buka:
Harga tiket masuk: Rp 3.500/anak dan Rp 7.000/dewasa.

6. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara

Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara

Destinasi selanjutnya adalah Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara. Di sini, anak-anak bisa belajar dan praktik secara langsung berkendara di jalan raya.

Tentunya dengan kendaraan mainan dan miniatur jalan raya yang dirancang lengkap dengan berbagai rambu lalu lintas. Sebab, taman bermain ini memang dirancang dan dimaksudkan untuk memberikan edukasi sejak dini kepada anak untuk berbudaya tertip lalu lintas di jalan raya.

Di sini mereka juga bisa mengendarai mobil-mobilan dan bersepeda menggunakan sepeda mini untuk berkeliling area simulasi lalu lintas. Asyik banget, bukan?

Lokasi: Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.
Jam buka: 08.00-15.00 WIB.
Harga tiket masuk: Rp 10.000/anak.

7. Kidzania

Kidzania

Boleh dibilang Kidzania adalah surganya permainan edukasi untuk anak. Bagaimana tidak, di sini menawarkan 71 paviliun yang dirancang sedemikian rupa untuk memberikan keleluasaan kepada anak untuk melakukan permainan edukasi. Mulai dari bermain menjadi petugas SPBU, mengendarai mobil-mobilan, berkunjung ke rumah sakit, hingga berbelanja ke supermarket pun ada.

Di Kidzania anak-anak Anda bisa merasakan kehidupan yang nyata "sebagai orang dewasa". Dengan begitu, mereka dapat belajar mengenal berbagai pekerjaan, profesi, dan aktivitas orang-orang dewasa menjalani kehidupan sehari-hari.

Lokasi: Pacific Place Mall Lantai 6, Jl. Jenderal Soedirman Kav. 52-53, Jakarta Pusat.
Jam buka: 09.00-20.00 WIB.
Harga tiket masuk: Rp 100.000/anak.

8. Sky Rink

Sky Rink

Anak-anak Anda pasti akan suka banget diajak ke Sky Rink untuk mengisi waktu libur sekolah ini. Di sini mereka bisa berlajar bermain ice skating.

Tempat bermain yang ice skating yang disediakan pihak pengelola pun cukup luas. Jadi, Anda bisa dengan leluasa bermain dan belajar ice skating di sini.

Lokasi: Mall Taman Anggrek Lantai 3, Jl. Letjen. S. Parman Kav. 21, Jakarta Barat.
Jam buka: 09.00-21.30 WIB.
Harga tiket masuk: Rp 85.000 per orang.

9. Sea World, Ancol

Sea World, Ancol

Mungkin anak-anak Jakarta sudah sering berkunjung ke Sea World yang berlokasi di kawasan Ancol ini. Betapapun mereka sering ke sana, tapi kemungkinan besar mereka bakal sangat antusias jika diajak lagi ke tempat wisata yang memperkenalkan kehidupan dunia bawah laut ini.

Tak hanya menelusuri lorong 'bawah laut', pihak pengelola Sea World biasa juga mengadakan berbagai pertunjukan menarik yang mengundang decak kagum dari para pengunjung.

Lokasi: Jl. Lodan Timur No. 7, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.
Jam buka: 09.00-18.00
Harga tiket masuk: Rp 85.000/orang.

10. Dunia Fantasi (Dufan), Ancol

Dufan, Ancol

Destinasi lain yang anak-anak pasti tetap senang bila diajak ke sana meski sudah sering ke sana adalah Dunia Fantasi (Dufan). Bagaimana tidak, Dufan menyediakan wahana permainan anak yang sangat menyenangkan. Tentunya ada juga beberapa wahana permainan edukasi di sini. Salah satunya adalah menyusuri niagara.

Selain badut, komedia putar, dan wahana air, banyak juga wahana permainan yang menantang, seperti halilintar, hysteria, dan masih banyak lagi. Seru banget, bukan?

Lokasi: Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Jakarta Utara.
Jam buka: 08.30-17.00 WIB.
Harga tiket masuk: Rp 125.000/orang.

Nah, itulah berbagai destinasi wisata edukasi yang bisa Anda jadikan referensi untuk menyenangkan anak-anak Anda di masa libur sekolah tahun ini. Selamat berlibur dan bersenang-senang. Semoga sehat selalu!

Sumber: wikipedi.com, miner8.com
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9+ Destinasi Wisata Edukasi untuk Isi Waktu Liburan Anak Sekolah di Jakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel