8 Tips Mudah Merawat Meja Makan Berbahan Kayu


Loading...
Sama seperti dapur, meja makan memiliki fungsi yang penting di dalam sebuah rumah. Selain sebagai tempat makan, meja makan juga menjadi wadah dimana kita bisa bercengkrama hangat bersama anggota keluarga satu sama lain.

Bahkan terkadang, segala macam masalah rumit bisa diselesaikan di meja makan. Tak hanya itu, di meja makan pula seorang ibu bisa menunjukkan betapa sayangnya ia terhadap anak-anak dan suami lewat berbagai masakan yang dihidangkan di atasnya.

meja makan berbahan kayu

Mengingat betapa pentingnya meja makan dalam sebuah keluarga atau rumah tangga, tak berlebihan kiranya jika kita selalu merawatnya agar tak cepat lapuk dimakan usia, khususnya meja makan yang terbuat dari kayu.

Ada beberapa tips khusus untuk merawat meja makan berbahan kayu. Yuk simak!

1. Letakkan di lokasi bersuhu normal

Sebisa mungkin letakkan meja makan di lokasi yang bersuhu normal. Pasalnya, jika sampai terpapar matahari secara langsung, meja makan berbahan kayu akan mengering dan menyusut. Tak jarang hal itu menyebabkan munculnya retakan.

Simak juga: 10 Cara Mudah Merawat Rumah Agar Tetap Rapi Sehat dan Bersih

2. Selalu gunakan alas

Alas seperti taplak sangat penting peranannya dalam merawat meja makan. Alas atau taplak akan memininalisir goresen atau benturan benda tajam atau keras lainnya yang dapat merusak lapisan kayu.

Simak juga: 10 Cara Agar Tidak Ngantuk di Malam Hari Biar Kuat Begadang Semalaman

3. Hati-hati saat memindah

Tak jarang meja makan cepat rusak karena sering dipindah-pindah. Jika tak hati-hati, meja makan rentan terbentur tembok atau benda keras lain di dalam rumah.

Simak juga: Gampang Diaplikasikan! Begini Cara Membuat Hembusan Kipas Angin Jadi Sesejuk AC (Air Conditioner)

4. Bersihkan meja makan secara teratur

Minimal seminggu sekali, kita wajib membersihkan meja makan berbahan kayu. Jika tidak, noda yang terlanjur menempel jadi sulut dibersihkan.

Simak juga: Tak Usah Pakai Racun, 3 Bahan Alami Ini Sangat Ampuh untuk Membasmi Tikus

5. Segera keringkan jika terkena air

Cipratan air cola atau bahkan air putih dapat meninggalkan noda pada meja makan berbahan kayu. Jika ingin meja makan berbahan kayu milik kita tetap awet, segera bersihkan jika terkena noda air.

Simak juga: Banyak Orang Belum Tahu, Inilah Sejumlah Bahan Makanan yang Harusnya Tak Disimpan di Kulkas

6. Gunakan kuas lukis untuk membersihkan bagian yang sulit

meja makan ukir

Meja makan berbahan kayu biasanya memiliki beragam model. Model ukir atau klasik biasanya memiliki bagian-bagian yang sulit dijangkau dengan lap atau kemoceng. Nah, kalau sudah begini, kita bisa memanfaatkan kuas lukis atau bahkan sikat gigi anak-anak untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Simak juga: Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu! Tips Menghemat Penggunaan Gas 3 Kilogram

7. Lap dengan air seduhan teh

Jika ingin lapisan kayu meja makan kita tetap bersih dan terlihat seperti baru, ada cara mudah untuk merawatnya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan air rendaman teh. Cukup seduh teh tubruk atau teh kepyur dan biarkan hingga warnanya menjadi sangat pekat. Celupkan kain lap ke dalam air seduhan dan peras. Kemudian, lap seluruh permukaan meja makan berbahan kayu sampai bersih.

Simak juga: Jangan Sampai Tertitu, Pakai Tips Ini untuk Mendapatkan Beras Berkualitas Bagus

8. Beri lapisan secara berkala

Jika lapisan cat atau vernis pada meja makan berbahan kayu sudah mulai pudar, agar tetap awet dan terlihat baru, tak ada salahnya untuk melapisinya kembali. Hal ini bisa kita lakukan setidaknya setahun sekali.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Tips Mudah Merawat Meja Makan Berbahan Kayu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel