10 Cara Mudah Merawat Rumah Agar Tetap Rapi Sehat dan Bersih


Loading...
Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Terlebih bagi kita yang sudah membangun rumah tangga. Keberadaan rumah menjadi teramat penting.

Bukan cuma melindungi kita dari panas dan hujan serta sebagai tempat untuk melepas penat dan istirahat, lebih dari itu, rumah menjadi wadah atau tempat yang hangat untuk menjalin hubungan antar-anggota keluarga, sehingga terwujud kehidupan rumah tangga yang harmonis.

Anda tentu bisa membayangkan betapa besarnya kebahagiaan sebuah keluarga yang terdiri atas ayah, bunda, dan anak-anak ketika mengisi waktu luang di rumah sendiri dengan bercanda dan saling berkeluh kesah.


Tak ayal jika banyak orang menyebut bahwa 'rumahku adalah surgaku'. Anda tentu juga ingin merasakan kebahagiaan itu kan?

Namun, rumah yang kita anggap sebagai 'surga' bisa juga berubah menjadi 'neraka' bila kondisi rumah sering kotor dan berantakan. Bukan cuma tak sedap dipandang mata, tapi kondisi rumah yang seperti itu menjadi rumah menjadi yang tidak sehat.

Padahal ada cara mudah untuk merawat rumah agar tetap sehat bersih dan rapi, jika kita tidak malas. Nah, pada kesempatan ini County Food akan berbagi 10 cara mudah menjaga rumah agar tetap rapi, sehat, dan bersih.

1. Buka pintu dan jendela di pagi hari

Membuka pintu dan jendela di pagi hari sangat penting untuk menjaga agar rumah tetap sehat. Dengan begitu, sirkulasi udara terjadi. Udara kotor di dalam rumah akan berganti dengan udara sejuk yang notabene belum banyak terkontaminasi polusi udara.

Silakan baca: 10 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Orang Beruntung Terhindar dari Kanker Payudara

2. Menyapu lantai rumah di pagi

Banyak orang enggan atau malas menyapu lantai di pagi hari. Padahal, waktu yang paling lama dibutuhkan untuk menyapu lantai rumah tak lebih dari 15 menit. Jika cara ini Anda lakukan secara rutin setiap pagi, niscaya kebersihan dan kesehatan rumah Anda akan tetap terawat.

Silakan baca: Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu! Tips Menghemat Penggunaan Gas 3 Kilogram

3. Pel lantai rumah secara rutin


Mengepel menjadi cara yang paling mudah untuk merawat kebersihan rumah, terutama dari debu dan noda yang menempel akibat makanan dan minuman yang tercecer. Hal ini juga dapat menjauhkan rumah kita dari keberadaan serangga, seperti kecoa dan semut. Setidaknya pel-lah lantai rumah 2 kali dalam seminggu.

Silakan baca: Wow! 2 Bahan Dapur Ini Ternyata Dapat Menyembuhkan Luka Bakar

4. Buang wadah bekas yang sudah tak terpakai

Wadah bekas sampo, sabun cuci, atau yang lain kering kali tercecer atau terselip di mana-mana. Hal ini tentu saja akan memberikan kesan berantakan di dalam rumah. Kalau ingin rumah kita tetap terlihat rapi, segera buang wadah bekas yang sudah tak terpakai itu.

Silakan baca: Tak Usah Pakai Racun, 3 Bahan Alami Ini Sangat Ampuh untuk Membasmi Tikus

5. Letakkan barang pada tempatnya


Banyak orang punya kebiasaan meletakkan barang tidak pada tempatnya setelah menggunakannya. Menjadi sebuah pemandangan yang tak mengenakkan jika ada sapi atau alat pel lantai yang tergeletak di ruang tamu atau dapur. Setelah memakai, biasakan untuk meletakkan kembali pada tempatnya semua.

Silakan baca: Nggak Nyangka, Hanya Dengan Ini, Kita Pun Bias Menambal Panci Bocor Sendiri

6. Jangan biarkan udara kotor masuk ke rumah secara bebas

Agar udara kotor tak bisa langsung masuk ke dalam rumah, tutuplah lubang angin di tembok rumah. Anda bisa memanfaatkan jala lembut untuk menutupinya. Alternatif lain adalah dengan menanam pohon atau tanaman hias di teras atau di depat rumah. Keberadaan tanaman tersebut dapat sebagai penyaring (filter) udara kotor yang mengarah ke rumah.

Silakan baca: Gampang Diaplikasikan! Begini Cara Membuat Hembusan Kipas Angin Jadi Sesejuk AC (Air Conditioner)

7. Jaga agar kamar mandi tetap kering


Beruntung jika Anda memiliki kamar mandi dengan konsep kamar mandi kering. Ketimbang kamar mandi yang selalu basah dan lembab, kamar mandi yang kering lebih sehat. Sebab, tempat yang basah dan lembab menjadi tepat yang paling nyaman untuk perkembangbiakan bakteri dan kuman. Buat yang memiliki kamar mandi yang rentan basah dan lembab, Anda bisa menyiasatinya dengan memasak kipas exhaust.

Silakan baca: Mulut Tetap Bau Padahal Sudah Gosok Gigi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

8. Bersihkan dapur segera begitu selesai masak

Biasakan diri untuk segera membersihkan dapur, termasuk peralatan masak, begitu selesai masak.

Silakan baca: 4 Tips Membuat Dapur Tetap Bersih dan Rapi

9. Tidak menumpuk piring dan gelas kotor


Setelah makan, segeralah mencuci piring dan gelas kotor. Jangan pernah menumpuk piring dan gelas kotor di tempat cuci piring. Bukan cuma memberikan kesan berantakan dan jorok, tapi juga berisiko memicu perkembangbiakan bakteri dan kuman.

Silakan baca: Sering Ada Kecoa di Dapur Bunda? Ini Penangkalnya

10. Singkirkan sampah basah

Sampah basah mudah busuk dan menimbulkan bau yang tak sedap. Selain itu, bakteri dan kuman juga mudah berkembang biak di sana. Jika ingin merawat rumah agar tetap rapi, sehat, dan bersih, singkirkan sampah basah dan jangan pernah meletakkannya di dalam rumah.

Silakan baca: Cara Sederhana Ini Sangat Ampuh Mengusir Lalat

Ternyata mudah kan merawat rumah agar tetap rapi, sehat, dan bersih? Yuk, mulai kita lakukan sekarang juga.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Cara Mudah Merawat Rumah Agar Tetap Rapi Sehat dan Bersih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel