8 Kuliner Bandung Murah Meriah dan Banyak Disuka Mulai Anak-anak hingga Orangtua


Loading...
Selain terkanal sebagai gudanya wanita cantik, Bandung juga dikenal sebagai surganya kuliner, mulai dari kuliner bergenre tradisional hingga modern. Hal itu tentu tak lepas dari kreativitas masyarakatnya dalam menciptakan berbagai macam kuliner baru.

Dan, menariknya hampir semuanya banyak disuka mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orangtua. Tak berhenti sampai di situ saja, bukan cuma orang Sunda saja yang suka, tapi orang asli Bandung juga banyak yang suka. Buktinya, hampir di seluruh wilayah Pulau Jawa dan bahkan di luar Pulau Jawa, banyak pedagang yang menjajakan kuliner Bandung.

kuliner Bandung

Peminatnya juga cukup banyak. Mungkin karena selain cocok dilidah mayoritas orang Indonesia, harga jualnya juga relatif murah.

Nah, dari berbagai kuliner Bandung murah meriah, sepertinya 8 kuliner ini yang paling banyak disuka mulai dari anak-anak hingga orangtua. Mau tahu apa saja? Langsung saja simak ulasan singkatnya berikut ini!

1. Cilok Bandung

Di Jawa, popularitas cilok (aci dicolok) Bandung sepertinya tak perlu diragukan lagi, apalagi di kalangan anak-anak. Pasalnya, jajanan murah meriah ini kerap dijajakan di depan sekolah dan di tempat keramaian. Harganya cukup murah. Ada yang dijual mulai Rp 200-Rp 500 per butir.

Teksturnya kenyal karena dibuat dari tepung sagu. Rasanya gurih dengan potongan daun bawang dan atau tetelan daging sapi di dalamnya (simak: Dijamin berhasi, begini cara membuat cilok isi tetelan daging sapi paling lezat sejagat raya). Biasanya disantap dengan saus sambal yang sebelumnya sudah diolah. Atau, disajikan dengan kuah kaldu.

2. Cimol Bandung

Di mana ada cilok, hampir dapat dipastikan di situ juga ada cimol (aci digemol). Sebab, dua jajanan yang terbuat dari tepung sagu itu dijajakan bersama.

cimol Bandung

Bila cilok dihidangkan bersama saus sambal atau kuah kaldu, cimol biasanya disajikan dengan ditaburi aneka serbuk bumbu. Harga cimol lebih murah ketimbang cilok. Beli Rp 1.000 saja sudah dapat banyak.

3. Cireng Bandung

Masih menggunakan bahan yang sama, yaitu tepung sagu atau aci, cireng (aci goreng) Bandung juga biasa dijajakan di depan sekolah dan di tempat keramaian. Cireng biasanya diisi dengan aneka filling (simak: Resep cireng isi tempe masak pedas bikin lidah bergoyang (simak: Dijamin berhasi, begini cara membuat cilok isi tetelan daging sapi paling lezat sejagat raya).

Selain itu, ada juga cireng isi ayam suwir atau cincang yang dimasak dengan bumbu pedas, potongan keju, dan masih banyak lagi yang lain. Umumnya cireng dijual seharga Rp 1.000 per biji.

4. Siomay Bandung

Sebelum beberapa kuliner Bandung yang telah disebut sebelumnya, siomay Bandung sudah lebih dulu terkenal. Bahan bakunya juga menggunakan tepung sagu. Tapi, dicampur dengan daging cincang. Daging yang digunakan biasanya daging ikan tenggiri (lihat: Terkuak! Beginilah cara pedagang membuat siomay asli Bandung).

Bukan cuma siomaynya saja yang enak, tapi juga bumbu atau saus kacangnya yang juga membuat salah satu kuliner Bandung ini terasa istimewa. Dalam seporsi siomay Bandung, biasanya ada kentang rebus, kol rebus, dan pare rebus.

Harga seporsi siomay tak lebih dari Rp 10.000. Bahkan, ada juga pedagang yang menjualnya per butir.

5. Batagor Bandung

Batagor adalah akronim dari bakso tahu goreng. Sama seperti siomay, batagor Bandung juga disajikan bersama saus atau bumbu kacang (lihat: Resep cara membuat batagor seperti yang dijual di pinggir jalan).

Harga batagor juga tak beda jauh dari siomay. Tapi, biasanya pedagang yang menjajakannya di depan sekolah, menjual batagor lebih murah.

6. Cilung Bandung

Kuliner Bandung murah meriah lainnya adalah aci gulung atau cilung. Cara membuatnya sangat sederhana. Adonan aci atau tepung sagu dituang pada minyak panas, kemudian digulung dengan menggunakan tusuk sate. Cara penyajiannya, biasanya ditabur dengan serbuk bumbu aneka rasa, seperti serbuk bumbu balado, jagung manis, asin, dan gurih.

Sama murahnya dengan cireng, cilung dijual seharga Rp. 1.000 per gulung. Kalau ingin membuat sendiri, silakan simak resep cilung sederhana seperti yang dijual di depan sekolah atau pinggir jalan.

7. Cilor Bandung

Aci telor atau cilor Bandung merupakan buah inovasi dari cilok. Kuliner Bandung yang satu ini dibuat dari cilok yang dipotong kecil-kecil kemudian digoreng dengan telur kocok.

Cilor Bandung yang dijual mulai dari Rp 3.000 ini disajikan dengan serbuk bumbu. Varian rasanya ada macam-macan, mulai dari asin gurih, asin pedas, dan pedas manis. Salah satu varian cilor bisa dilihat pada resep cilor tusuk enak banget bikin ketagihan.

8. Seblak Bandung

Yang tak kalah populer dari kuliner Bandung yang sudah disebutkan adalah seblak. Ada dua varian sebkal, yakni seblak basah (ada kuahnya) dan seblak kering (tanpa kuah).

Kuliner yang disuka mulai dari kalangan anak-anak hingga orangtua ini dijual mulai dari Rp 7.000 per porsi. Bahan utamanya adalah kerupuk mentah yang direbus hingga lunak (lihat: Resep seblak ceker lezat dijamin lebih enak dibanding langganan Anda).

Nah, itu dia 8 kuliner Bandung murah meriah yang disuka mulai anak-anak hingga orangtua. Kamu suka yang mana?
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Kuliner Bandung Murah Meriah dan Banyak Disuka Mulai Anak-anak hingga Orangtua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel