Resep Cara Membuat Kerupuk Tepung Kanji Dijamin Enak dan Super Renyah


Loading...
Pasti Anda sudah akrab dengan kerupuk kanji. Kuliner khas Indonesia yang satu ini memang sudah sangat populer. Bagaimana tidak, mau apapun makanannya, akan makin lezat bila disantap dengan kerupuk.

Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah memberikan warna tersendiri ketika disantan bersama aneka hidangan utama. Bahkan, kerupuk kanji kerap digunakan sebagai topping atau pelengkap aneka masakan tradisional. Misalnya, bubur ayam (simak: Resep bubur ayam khas Sukabumi yang spesial) dan rujak cingur (simak: Terkuak! Beginilah Cara Membuat Rujak Cingur Jawa Timur yang Sedap dan Lezat).

kerupuk tepung kanji

Selain sebagai lauk dan topping, tak jarang kuliner tradisional yang biasa dikategorikan ke dalam makanan ringan ini juga kerap dijadikan sebagai alternatif cemilan. Bahkan tidak digoreng pun rasanya enak. Lihat resep seblak basah khas Bandung enak atau resep seblak kering pedas enak.

Meski sudah sangat sering makan kerupuk kanji, namun belum tentu semua orang tahu bagaimana cara membuat kerupuk kanji. Jika Anda salah satunya dan sekarang tengah mecari resepnya, silakan simak resep dan cara membuat kerupuk tepung kanji dijamin enak dan super renyah berikut ini.


Bahan untuk membuat kerupuk tepung kanji dijamin enak dan super renyah:
1. 500 gram tepung kanji.
2. 600 mililiter air putih.

Bumbu kerupuk tepung kanji dijamin enak dan super renyah:
1. 3 siung bawang putih.
2. 1 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai.
3. Garam dan penyedap rasa secukupnya.


Tips:
1. Jika ingin memperkaya cita rasa kerupuk tepung kanji ini, Anda bisa menambahkan irisan kucai atau irisan daun seledri.
2. Gunakan minyak sayur cukup banyak untuk menggoreng. Dan, pastikan minyak sayur sudah panas agar mekar sempurna. Silakan simak dulu: Terungkap! Inilah tips menggoreng kerupuk agar renyah dan mekar sempurna serta Makanya tak mekar dan tak renyah, inilah 3 kesalahan yang sering dilakukan saat menggoreng kerupuk.
3. Hentikan penambahan air jika adonan kerupuk tepung kanji sudah kalis atau tidak lengket.


Cara membuat kerupuk tepung kanji dijamin enak dan super renyah:
1. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan.
2. Larutkan dengan air putih.
3. Sambil diaduk perlahan, tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit, aduk terus sampai kalis.
4. Masukkan ke dalam plastik.
5. Susun di dalam panci pengukus yang sebelumnya sudah dipanaskan, kukus sampai matang (lebih kurang selama 1 jam), angkat, angin-anginkan.
6. Iris tipis adonan yang tadi sudah matang.
7. Susun di atas loyang atau tampah, jemur di bawah sinar matahari sampai kering.
8. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
9. Masukkan irisan kerupuk kanji yang sudah kering ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil dibolak-balik sampai matang dan mekar, angkat, tiriskan, dan angin-anginkan.
10. Setelah suhunya dingin, segera masukkan ke dalam toples agar awet renyahnya. Simak: Cemilan sudah melempem, jangan digoreng, cukup lakukan langkah mudah ini, pasti bakal renyah lagi.

Selain kerupuk tepung kanji, sebenarnya masih banyak lagi aneka resep kerupuk yang sudah dibahas County Food. Antara lain, resep kerupuk udang sederhana anti-gagal dan resep cara membuat kerupuk tepung terigu renyah enak.

Adapun resep cara membuat kerupuk tepung kanji dijamin enak dan super renyah ini cukup untuk 8 orang.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resep Cara Membuat Kerupuk Tepung Kanji Dijamin Enak dan Super Renyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel