Resep Kerupuk Udang Sederhana Anti-gagal


Loading...
Kerupuk udang merupakan makanan ringan yang bisa dijadikan cemilan maupun lauk. Teksturnya yang renyah membuat makanan khas Indonesia ini banyak disuka, selain karena rasanya yang memang enak: gurih dan sedikit manis.

Adapun daerah yang terkenal akan kerupuk udang-nya adalah Sidoarjo, Jawa Timur. Di sana ada sentra pembuatan kerupuk udang.

Tak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan kerupuk udang. Sebab, Anda bisa membuat sendiri di rumah.

kerupuk udang

Dengan mengaplikasikan resep kerupuk udang sederhana inj, Anda bisa membuat kerupuk udang homemade yang rasanya tak kalah lezat dari kerupuk udang asli Sidoarjo.

Dan, jika diaplikasikan secara benar, dijamin anti-gagal. Yuk, langsung saja simak ulasan resep kerupuk udang sederhana berikut ini hingga tuntas.


Bahan untuk membuat kerupuk udang sederhana anti-gagal:
1. 500 gram udang segar.
2. 500 gram tepung tapioka.
3. Minyak sayur untuk menggoreng.
4. Air putih secukupnya.

Bumbu kerupuk udang sederhana anti-gagal:
1. 3 siung bawang putih.
2. 1 sendok teh gula pasir.
3. Sejumput garam.


Tips:
1. Perbandingan antara jumlah udang dan tepung tapioka adalah 1:1. Jika ingin membuat lebih banyak atau lebih sedikit, Anda bisa menggunakan perbandingan itu sebagai patokannya. Adapun jumlah bumbu dan bahan lain jumlahnya menyesuaikan.
2. Fungsi air di sini hanya untuk menyatukan adonan, jadi jangan sampai kebanyakan. Asal adonan sudah menyatu dan kalis, hentikan penambahan air.
3. Saat menggoreng dirasankan untuk menggunakan minyak sayur cukup banyak agar hasilnya memuaskan. Penjelasan selengkapnya bisa dilihat pada Terungkap! Inilah Tips Menggoreng Kerupuk Agar Renyah dan Mekar Sempurna. Ketahui juga Makanya Tak Mekar dan Tak Renyah, Inilah 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggoreng Kerupuk.
4. Ukuran udang yang dipakai boleh kecil-besar.


Cara membuat kerupuk udang sederhana anti-gagal:
1. Masukkan udang, gula pasir, garam, dan bawang putih ke dalam blender, nyalakan proses sampai lembut.
2. Tuangkan ke dalam wadah dan tuangkan air putih.
3. Sambil diaduk, masukkan tepung tapioka sedikit demj sedikit, aduk terus sampai tercampur rata dan kalis.
4. Masukkan ke salam plastik dan bungkus dengan daun pisang.
5. Masukkan ke dalam panci pengukus yang sebelumnya sudah dipanaskan, kukus sampai matang (lebih kurang selama 45 menit), angkat, angin-anginkan sampai suhunya normal atau dingin.
6. Iris tipis adonan kerupuk udang yang sudah matang, susun di loyang, jemur di bawah sinar matahari sampai kering sempurna.
7. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
8. Masukkan adonan kerupuk udang yang tadi sudah dikeringkan ke dalam minyak sayur panas, goreng sampai matang dan mengembang, angkat, tiriskan, dan angin-anginkan.
9. Segera masukkan ke dalam toples agar awet atau tidak melempem. Simak: Cemilan Sudah Melempem, Jangan Digoreng, Cukup Lakukan Langkah Mudah Ini, Pasti Bakal Renyah Lagi.

Mau tahu aneka kerupuk yang tak kalah enak dengan kerupuk udang? Silakan simak Terkuak! Resep Kerupuk Atom (Bulat) Ikan Tenggiri Renyah Gurih Enak serta Stop Beli Kerupuk Bawang, Resep dan Cara Membuatnya Ada di Sini.

Adapun resep kerupuk udang sederhana anti-gagal ini cukup untuk 12 orang.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resep Kerupuk Udang Sederhana Anti-gagal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel