Simak Yuk! 5 Makanan Berbahan Wortel Ini Sangat Efektif untuk Mencegah Rabun Dekat, Rabun Jauh, maupun Silinder


Loading...
Sudah bukan rahasia umum lagi jika ingin sehat, maka kita sangat dianjurkan untuk rajin mengonsumsi wortel. Alasannya, wortel memiliki kandungan betakarotin yang merupakan pro vitamin A. Vitamin inilah yang berfungsi untuk menjaga metabolisme mata dan kelejar air mata.

Meski banyak faktor yang menyebabkan masalah mata, seperti rabun dekat, rabun jauh maupun silinder, namun karena kandungan vitamin A-nya sangat baik untuk menunjang metabolisme mata, maka tak heran jika kita selalu dianjurkan untuk rajin-rajin mengonsumsinya. Pasalnya, vitamin A pada buah wortel sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata.


Selain itu, wortel juga mengandung nutrisi baik yang kaya akan protein, vitamin B1, vitamin C, kalori, karbohidrat, dan lemak. Wortel juga mengandung minerat penting untuk metabolisme tubuh secara keseluruhan, seperti, kalsium, fosfor, serta zat besi.

Tak hanya untuk menjaga kesehatan serta metabolisme mata, kandungan nutrisi lain dan mineral pada wortel juga dipercaya efektif untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Di antaranya, cacat atau kematian pada penderita stroke serta mencegah penyakit kanker paru-paru bagi perokok aktif mapun pasif.

Berbagai cara dapat kita gunakan untuk mengonsumsi wortel, mulai dari mengolahnya menjadi jus hingga berbagai masakan tradisional maupun modern. Nah, jika kita tak ingin sampai mengalami gangguan mata, seperti, rabun rabun dekat, rabun jauh, atau bahkan silinder, berikut ini 5 makanan berbahan wortel rekomendasi County Food.

1. Jus wortel


Membuat jus wortel tentu bukan merupakan hal yang susah. Setelah dikupas dan dipotong-potong, kita tinggal memasukkannya ke dalam blender. Tambah pemanis, seperti gula atau madu, dan air atau es serut. Tinggal nyalakan blender-nya, tak sampai 3 menit, jus wortel pun sudah siap diminum.

Agar rasanya tidak monoton, kita bisa menambahkan beberapa bahan makanan lain, seperti buah atau sayur. Ini beberapa referensinya, cara membuat jus wortel dan susu serta resep jus obat mata.

2. Sup wortel


Tak cuma diolah menjadi jus, wortel juga enak lho jika ditambahkan saat kita membuat sup ayam, sup daging, maupun sup bakso. Tapi, jangan terlalu lama merebus wortel saat membuat sup agar nutrisi dan mineral baik yang kita butuhkan untuk menjaga kesehatan serta metabolisme mata dan badan secara keseluruhan tak banyak yang hilang.

Berbagai varian resep pun bisa Anda buat agar tak bosan jika mengolah wortel menjadi sup. Ini beberapa referensinya, resep sup ayam makaroni sensasi tomat serta resep sup iga bakar.

3. Tumis wortel


Selain sup, kita juga mengolah wortel dengan cara masak tumis. Ada banyak aneka masakan tumis wortel yang bisa kita buat.

Tak hanya banyak, teknik memasak yang satu ini juga sangat mudah untuk diaplikasikan. Berbagai bahan sehat lainnya juga bisa kita tambahkan.

Adapun referensi aneka resep masakan wortel yang bisa Anda coba, antara lain, resep tumis buncis wortel & bakso pasti enak serta resep tumis brokoli wortel & udang praktis nikmat.

4. Agar atau Puding wortel


Tak perlu terkejut, mendengar orang menyebut agar-agar atau puding wortel. Ya, buah wortel yang memiliki rasa sedikit manis itu juga enak jika diolah menjadi puding.

Tapi sebelum mencampur  potongan wortel dengan cairan agar-agar atau puding, wortel harus direbus terlebih dulu sampai matang. Selain agar lebih enak dimakan, tekstur wortel yang empuk di dalam agar-agar atau puding juga lebih menyenangkan saat dikunyah. Jika ingin membuat sendiri, silakan simak ulasan lengkap resep puding wortel yang cocok dijadikan sebagai alternatif cemilan sehat untuk anak di rumah.

5. Kue wortel


Selain 4 jenis kuliner yang sudah disebutkan, wortel juga bisa diolah menjadi kue lho. Seperti, kue basah maupun kue kering.

Salah satu contoh resep kue berbahan wortel adalah cemilan sehat dari wortel dan apel untuk bayi 6 bulan ke atas. Meski memang dikhususkan buat bayi, cemilan sehat itu juga bisa dimakan semua umur.

Nah, ternyata banyak ya aneka makanan yang bisa kita buat dari wortel. Yuk rutin makan wortel agar kesehatan mata tetap terjaga.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Simak Yuk! 5 Makanan Berbahan Wortel Ini Sangat Efektif untuk Mencegah Rabun Dekat, Rabun Jauh, maupun Silinder"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel