Resep Kue Kering Pastel Isi Abon Spesial Natal dan Tahun Baru


Loading...
Natal dan Tahun Baru 2019 hampir tiba. Bagi Anda yang terbiasa merayakan dua memon istimewa tersebut dengan membuat aneka cemilan untuk keluarga, teman, atau tamu spesial, kenapa tidak mencoba untuk membuat pastel isi abon?

Pastel isi abon merupakan satu dari aneka kue kering yang terdiri dari 2 bagian, yakni kulit dan isi. Kulit pastel terbuat dari adonan tepung dan mentega yang nantinya akan digoreng setelah diberi isiannya. Hasilnya, tekstur pastel akan terasa renyah dan gurih.

Isian kue kering pastel memang umumnya adalah abon. Tapi, jenis abon yang digunakan pun boleh disesuaikan selera, mulai dari abon sapi, abon ayam homemade, hingga abon ikan.

kue kering pastel isi abon spesial Natal dan Tahun Baru
sumber: ig/@aneka.resep.kue.kering

Nah, buat Anda yang tertarik untuk membuat, simak ulasan lengkap resep kue kering pastel isi abon spesial Natal dan Tahun Baru yang didapat dari pemilik akun instagram @aneka.resep.kue.kering berikut ini. Jangan lewatkan juga untuk membaca tipsnya agar hasilnya memuaskan.


Bahan kering:
1. 500 gram tepung terigu protein tinggi.
2. 1 sendok makan kaldu ayam instan.
3. 1 sendok makan kaldu sapi instan.
4. 0,5 sendok teh garam.
5. 2 sendok teh gula pasir.
6. 0,5 sendok teh lada putih bubuk.
7. 300 gram abon.

Bahan basah:
1. 200 gram mentega.
2. 4 sendok makan minyak sayur.
3. 225 mililiter air putih.


Tips:
1. Pastikan jenis tepung terigu yang digunakan adalah tepung terigu protein tinggi. Ini dimaksudkan agar tekstur kulit pastel setelah digoreng nanti lebih renyah.
2. Kalau kesulitan, penggunaan kaldu instan boleh 1 jenis saja. Maksudnya, boleh menggunakan kaldu ayam instan saja atau kaldu sapi instan saja. Jika menggunakan 1 jenis kaldu instan, berarti takarannya menjadi 2 sendok makan.
3. Jika tekstur adonan dirasa kurang kalis, makan Anda boleh menambahkan tepung atau air secukupnya hingga adonan menjadi kalis.
4. Karena setiap orang memiliki selera berbeda-beda, untuk memastikan rasa kulit pastel sudah sesuai, ada baiknya goreng sedikit adonan yang sudah digiling tipis. Setelah dirasa sesuai dengan selera Anda, lanjutkan ke tahap selanjutnya.
5. Gunakan api kecil saat menggoreng.
6. Disarankan untuk menggunakan minyak sayur dalam jumlah cukup banyak. Dan, sebelum digunakan untuk menggoreng, pastikan minyak sayur sudah dalam kondisi cukup panas.


Cara membuat kue kering pastel isi abon spesial Natal dan Tahun Baru:
1. Masukkan kaldu instan, garam, gula pasir, dan lada putih bubuk ke dalam wadah, aduk sampai tercampur rata.
2. Tambahkan tepung terigu, aduk sampai tercampur rata.
3. Masukkan mentega, uleni sampai tercampur rata (berberindil).
4. Sedikit demi sedikit dan sambil diuleni, tuangkan air putih, uleni sampai kalis.
5. Bagi adonan menjadi bulan kecil (@ lebih kurang 4 gram), giling sampai tipis.
6. Beri abon sebegai isian, lipat, dan cubit-cubit bagian ujungnya hingga menyatu.

sumber: dxshare.cf

7. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
8. Masukkan ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil diaduk (dibolak-balik) sampai berwarna cokelat keemasan dan matang, angkat, tiriskan.
9. Setelah suhunya dingin, simpan di dalam toples agar tekstur renyahnya lebih awet, dan siap disajikan bersama aneka kue kering lain, seperti sagu keju enak tanpa santan dan kue kering coklat spesial.

Pastel isi abon seperti ini paling cocok disantap bersama bubur kacang hijau homemade atau susu soda mega mendung. Adapun resep kue kering pastel isi abon spesial Natal dan Tahun Baru ini cukup untuk 8 orang.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resep Kue Kering Pastel Isi Abon Spesial Natal dan Tahun Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel