Cara Masak Ayam Goreng Tepung Agar Super Crispy, Matang Sempurna dan Tidak Berdarah


Loading...
Siapa sich yang nggak suka ayam goreng tepung yang super crispy? Kamu pasti salah satunya, bukan?

Ya, makanan ini memang enak. Selain itu, juga cocok disantap kapan saja. Baik dihidangkan untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Buktinya, dari KFC yang memperkenalkan kuliner ini puluhan tahun silam, sampai sekarang masih saja banyak penggemarnya. Bahkan, dari masakan ini, muncul berbagai varian ayam goreng tepung. Seperti, ayam goreng tepung saus pedas hingga ayam geprek yang sekarang (artikel ini pertama kali diposting) tengah viral.

Cara Masak Ayam Goreng Tepung Agar Super Crispy, Matang Sempurna dan Tidak Berdarah
ayam goreng tepung yang super crispy, matang sempurna, dan tidak berdarah

Meski terlihat gampang, tapi bila tak tahu caranya, pasti nggak bakalan bisa dech bikin ayam goreng tepung yang super crispy, matang sempurna, dan tidak berdarah. Nah, kali ini saya akan mengulas cara masak ayam greng tepung agar hasilnya super crispy, matang sempurna, dan tidak berdarah. Simak!

1. Pastikan ayam dari rumah potong hewan terpercaya

Konon, penyebab ayam masih berdarah adalah karena cara memotong ayamnya yang tidak benar. Jadi, pastikan membeli ayam yang berasal dari rumah potong hewan terpercaya. Selain dipotong dengan cara yang benar, pastinya juga mempertimbangkan aspek kehalalannya.

2. Sayat dengan pisau

Sebelum digoreng, sayat terlebih dulu potongan ayam dengan pisau. Hal ini dimaksudkan agar ketika digoreng nanti, minyak sayur panas dapat dengan mudah menjangkau seluruh bagian potongan ayam hingga bagian dalam. Selain disayat-sayat dengan pisau, kamu juga bisa menusuk-nusuk permukaan potongan ayam dengan garpu.

3. Kukus terlebih dulu

Selain menyayat dengan pisau atau menusuk-nusuk permukaan potongan ayam mentah dengan pisau, Anda juga bisa menggunakan cara yang ketiga ini. Yaitu dengan mengukusnya terlebih dulu.

Mengukusnya tidak perlu sampai matang, tapi cukup setengah matang saja. Dengan begitu, proses mematangkan ayam ketika digoreng jadi lebih singkat.

4. Gunakan minyak sayur dalam jumlah cukup

Agar daging ayam matang sempurnya sampai ke bagian dalam, sebaiknya gunakan minyak sayur dalam jumlah cukup. Maksudnya cukup adalah minyak sayur dapat merendam seluruh potongan ayam ketika digoreng.

5. Kontrol besar-kecilnya api kompor

Agar matangnya merata, sebaiknya kontrol penggunaan api. Jangan sampai minyak sayur terlalu panas, sebab malah akan membuat bagian luar cepat matang, sedangkan bagian dalam belum matang.

6. Pilih resep yang tepat

Untuk membuat ayam goreng tepung yang super crispy, kamu harus menggunakan resep yang tepat. Sebab, komposisi adonan tepung pelapis dan pencelup juga harus tepat.

Adapun beberapa referensi resep ayam goreng tepung yang bisa kamu gunakan, antara lain, resep ayam goreng tepung homemade, renyah, dan kelezatannya tak kalah dengan KFC atau resep ayam goreng tepung sajiku super renyah.

Nah, itulah beberapa cara masak ayam goreng tepung agar hasilnya super crispy, matang sempurna, dan tidak berdarah. Masih banyak lho tips dan trik masak lain yang berguna dan berfaedah yang sudah saya bahas di County Food. Seperti, cara menyingkirkan tulang ceker ayam, cara menghilangkan bau babat iso agar lebih enak dimasak hingga cara masak keong sawah dan kerang agar tidak bau amis. Semoga berguna ya!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Masak Ayam Goreng Tepung Agar Super Crispy, Matang Sempurna dan Tidak Berdarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel