6 Resep Sambal Pecel yang Bakal Membuat Kamu Jatuh Cinta dengan Kuliner Tradisional Indonesia


Loading...
Berbicara tentang kuliner tradisional Indonesia sepertinya tak bisa dipisahkan dengan cita rasa pedas, baik itu yang berasal dari bumbu rempahnya ataupun cabai. Salah satu yang paling populer adalah sambal.

Jika mendengar kata sambal, pasti kita langsung bersiap menikmati cita rasa pedas yang menggugah selera. Entah kenapa masyarakat Indonesia suka sambal. Mungkin karena dulu nenek moyang kita memang suka dengan rasa pedas.

Ada banyak varian sambal di Indonesia. County Food pun sudah banyak mengulas resep sambal. Seperti, 3 resep sambal kecap sederhana yang bakal membuat kamu ketagihan hingga resep cara membuat sambal khas untuk bebek goreng Surabaya.

Dari sekian resep sambal yang pernah County Food ulas, ada satu sambal yang namanya sama, namun banyak variannya. Yakni, sambal pecel.

Nah, pada kesempatan ini County Food akan memberikan gambaran kepada Anda tentang 6 resep sambal pecel yang bakal bikin kamu lebih jatuh cinta lagi dengan kuliner tradisional Indonesia. Yuk, langsung simak!

1. Sambal pecel khas Jawa


Sambal pecel khas Jawa ini berbahan kacang tanah goreng yang dihaluskan dengan cabai dan beberapa jenis bumbu dapur lainnya. Ini merupakan sambal dasar untuk membuat pecel sayur.

Nantinya, hampir semua sambal pecel dari sejumlah daerah menggunakan bumbu dan bahan yang sangat mirip. Jika ingin tahu lebih jauh tentang sambal pecel ini, penjelasan selengkapnya ada pada resep pecel sayur khas Jawa.

2. Sambal pecel lele

Berbeda dengan sambal pecel yang dijelaskan sebelumnya, sambal pecel lele lebih mirip dengan sambal tomat (lihat resep sambal tomat multi guna) atau sambal terasi (resep sambal terasi khas Sunda enak banget).

Meski mirip tapi tentu bahan dan komposisi yang digunakan tetap ada bedanya. Hal itu pula yang membedakan kekhasan cita rasa sambal pecel lele ketimbang sambal sejenis lainnya.

Nah, Anda bisa mempelajari cara membuat sambal tersebut pada resep pecel lele bumbu tradisional. Selain sebagai pelengkap ikan lele goreng, sambal tersebut juga biasa dihidangkan untuk pelengkap ayam goreng maupun bebek goreng.

3. Sambal pecel wijen khas Solo


Meski namanya sama-sama pecel, tapi sambal pecel khas Solo ini tidak menggunakan kacang tanah goreng, melainkan wijen sangrai. Tentu saja rasanya sangat gurih.

Kuliner tradisional ini masih bisa Anda temukan di kota asalnya. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Pecel Ndeso Bu Ndari yang terletak di Jalan Menteri Supeno, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta (Solo), Jawa Tengah.

Tapi, jika tak punya kesempatan berkunjung ke sana, Anda tetap masih bisa lho menikmati pecel wijen khas Solo dengan cara membuat sendiri di rumah. Ini referensinya: resep pecel bumbu wijen kuliner khas Solo Jawa Tengah.

4. Sambal pecel Sunda


Meski mirip dengan sambal pecel khas Jawa Tengah, namun bumbu yang digunakan pada sambal pecel Sunda tetap ada yang beda. Ada kencur yang ditambahkan dan pada bumbu sambal pecel Sunda.

Tak heran jika meski sama-sama menggunakan kacang tanah goreng, dibanding dengan sambal pecel dari daerah lain, sambal pecel Sunda tetap menawarkan cita rasa tersendiri. Jika ingin membuat sendiri di rumah, silakan simak resep pecel sayur komplit khas Sunda.

5. Sambal pecel Medan


Meski bumbu yang digunakan sambal pecel Medan sangat mirip dengan sambal pecel Jawa maupun Sunda, namun tetap ada yang beda. Perbedaan yang mencolok pada bahan yang digunakan.

Pasalnya, tak hanya sayur yang menjadi isian pecel Medan. Tapi ada juga mie, telur, dan suwiran daging ayam.

Menggoda selera bukan? Ini referensinya: resep pecel mie Medan membuat acara makan siang menjadi lebih spesial.

Meski sudah jarang, namun masih ada beberapa pedagang pecel mie di Medan. Salah satunya adalah Mie Pecel Mba Supia yang terletak di Jalan Sei Putih Baru No. 16, Babura, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

6. Sambal pecel Maduin


Dibanding sambal pecel khas beberapa daerah yang sudah disebut sebelumnya, sambal pecel Madiun juga punya ciri tersendiri. Kalau yang lain didominasi oleh rasa manis, sambal pecel Madiun sebaliknya. Rasa asin yang lebih mendominasi.

Meski begitu, banyak juga orang yang menggandrungi cita rasa sambal pecel Madiun ini. Bahkan, penggemarnya bukan cuma orang asli Madiun saja lho.

Di Madiun sendiri, warung pecel yang terkenal, antara lain, Pecel Madiun 99 (Jl. Cokroaminoto No. 99, Kejuron, Taman, Kota Madiun, Jawa Timur), Nasi Pecel Madiun Murni (Jl. H Agus Salim No. 138, Pandean, Taman), dan Nasi Pecel Yu Gembrot (Jl. Imam Bonjol No. 33, Klegen, Kartoharjo).

Namun kalau tak punya kesempatan datang ke sana, jangan khawatir, Anda bisa membuat sendiri di rumah. Ini referensinya, resep pecel Madiun komplit enaknya serta resep bumbu pecel Madiun versi kering lebih tahan lama.

Nah, itu dia 6 resep sambal pecel yang dijamin bakal membuat Anda semakin jatuh cinta dengan kuliner tradisional Indonesia. Semoga berguna!
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Resep Sambal Pecel yang Bakal Membuat Kamu Jatuh Cinta dengan Kuliner Tradisional Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel