10 Restoran dan Rumah Makan di Semarang yang Menyajikan Kuliner Khas nan Lezat yang Wajib Kamu Coba


Loading...
Selain dikenal sebagai Kota Atlas, Semarang juga banyak kuliner khas nan lezat. Bila berkunjung ke kota ini, kamu wajib mencobanya. Beberapa kuliner khas Semarang ini banyak juga banyak dijual di warung makan di pinggir jalan. Tapi, bila ingin menikmati makanan khas Semarang di tempat yang lebih nyaman, Anda bisa berkunjung ke 10 restoran dan rumah makan berikut ini.

1. Lunpia Express Semarang

lunpia Express Semarang

Sebelum mencicipi kuliner khas Semarang yang beraneka ragam itu, makanan khas petama yang wajib kamu coba adalah lumpia atau lunpia. Pasalnya, makanan berbahan rebung yang dicampur dengan udang cincang dan orak-arik telur ini adalah ikon kota Semarang hingga dijuluki sebagai Kota Lumpia.

Restoran atau rumah makan Lunpia Express berada di Jalan Gajahmada 142 AA Semarang. Jam bukanya mulai dari pukul 05.00-22.00. Dan menariknya, hari Minggu dan Hari Libur Nasional tetap buka.

Ada juga cara penyajian yang bisa Anda pilih. Yaitu, lunpia goreng dan lunpia yang tidak digoreng.

Simak juga: 9+ destinasi wisata edukasi untuk isi waktu liburan anak sekolah

2. Bandeng Presto Semarang

bandeng presto Semarang

Selain lumpia atau lunpia, Kota Semarang juga terkenal akan kuliner bandeng presto. Anda bisa mendapatkan olahan ikan bandeng ini di sepanjang Jalan Pandanaran.

Lokasinya sangat dekat dengan pusat kota Semarang. Yaitu, Simpang Lima Semarang. Ada banyak toko, restoran, dan rumah makan bandeng presto di sepanjang tersebut.

Cara membuat bandeng presto pun cukup unik. Ikan bandeng segar yang sudah dibersihkan dan disiangi, dibumbui dan di susun dan di masak di dalam panci presto. Tujuannya agar duri ikan bandeng menjadi lunak. Dengan begitu seluruh bagian ikan bandeng, termasuk kepala dan ekor bisa dimakan.

Simak juga: Ini Manfaat Berjemur Sinar Matahari yang Mungkin Belum Anda Ketahui

3. Soto Bangkong Semarang

soto ayam di Rumah Makan Soto Bangkong Semarang

Tidak cuma Lamongan (lihat resep soto ayam Lamongan spesial) dan Solo (simak resep soto seger khas Solo enak banget) yang punya makanan khas bernama soto. Nah, salah satu restoran dan rumah makan soto yang terkenal di Semarang adalah Soto Bangkong.

Cita rasa soto khas Semarang menonjolkan rasa segar kuah kaldu ayam yang bening. Rasa kaldunya cukup kuat karena dibuat dari ayam kampung.

Rumah makan Soto Bangkong berlokasi di Jalan Bangkong yang sekarang berganti nama menjadi Jalan Brigjen Katamso. Yang menarik, soto Bangkong disajikan dengan beraneka macam lauk, seperti tempe, perkedel kentang, sate ayam, sate telur puyuh, dan sate kerang.

Sedikit tips, agar cita rasanya lebih kaya, Anda bisa menambahkan kuah sate pada kuah soto. Cita rasa manis dan gurih kuah sate memberikan warna tersendiri pada soto Bangkong yang segar itu.

4. Ayam Goreng Lombok Ijo Semarang

ayam goreng sambal ijo di Restoran Lombok Ijo Semarang

Restoran dan rumah makan selanjutnya di Semarang yang sangat terkenal adalah Lombok Ijo. Ada berbagai menu Lezat yang ditawarkan salah satu restoran yang berlokasi di Jalan Gajahmada 158 ini. Namun, yang paling terkenal ada ayam goreng dengan sambal ijo sebagai pelengkapnya.

Restoran Lombok Ijo menjadi pionir sebagai tempat makan asyik yang mengandalkan cita rasa sambal. Sebelum ada rumah makan Cowek Ireng, SS, dan sebagainya, Restoran Lombok Ijo lebih dahulu ada.

Dibanding dengan ayam goreng dari daerah lain, ayam goreng dan sambal ijo di restoran ini memiliki cita rasa tersendiri. Dan, jika punya kesempatan mampir ke Semarang, Anda wajib mencobanya karena enak banget.

Simak juga: Mulut Tetap Bau Padahal Sudah Gosok Gigi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

5. Asem-asem Koh Liem Semarang

asem-asem daging Koh Liem Semarang

Rumah makan selanjutnya yang wajib kamu sambangi ketika berkunjung ke Semarang adalah Warung Makan Asem-asem Koh Liem. Nasi asem-asem yang berbahan daging, di rumah makan yang berlokasi di Jalan Karanganyar 28 ini, Anda juga menemukan beberapa masakan rumahan, salah satunya adalah sayur lodeh.

Simak juga: "Minyak Kelapa Sehat untuk Menggoreng", Jangan Langsung Percaya! Ini Penjelasannya

6. Seafood di Restoran Kampung Laut Semarang

salah satu menu andalan di Restoran Kampung Laut Semarang

Sebagai sebuah wilayah yang berbatasan dengan pantai utara (Pantura) Jawa, Kota Semarang juga memiliki beragam seafood yang khas. Nah, bila Anda termasuk orang yang gemar makan seafood, sepertinya Anda wajib menjajal seafood khas Semarang di Restoran Kampung Laut.

Restoran tersebut berlokasi di Komplek Puri Maerokoco. Lokasinya sangat dengan dengan PRPP dan Pantai Marina. Di restoran tersebut, Selain masakan seafood-nya yang lezat, Anda dapat menikmati suasana laut dan pantai di atas saus yang seolah-olah terapung di atas laut.

Simak juga: Dikira Menyehatkan, 7 Ikan Ini Justru Dilarang Dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui

7. Rumah Makan Mangut Welut Hj Nasimah Semarang

mangut welut Hj. Nasimah Sampangan Semarang

Rumah makan selanjutnya yang wajib disambangi saat berkunjung ke Semarang adalah Rumah Makan Mangut Welut Hj Nasimah. Mangut adalah salah satu masakan khas Semarang bercita rasa pedas dengan kuah santan.

Welut sendiri merupakan Bahasa Jawa dari belut. Belut merupakan sejenis ikan yang biasa hidup di parit dan sawah. Rasa dagingnya gurih dan biasanya sebelum dimasak mangut diolah dulu dengan proses pengasapan.

Rumah Makan Mangut Welut Hj Nasimah bisa Anda temukan di Jalan Menoreh Raya 10B, Sampangan, Gajahmungkur. Buka mulai pukul 08.00. Agar tak kehabisan, ada baiknya untuk datang sebelum pukul 11.00. Lebih dari jam tersebut, tidak ada jaminan mangut welut masih ada.

Simak juga: Kerap Dianggap Sepele, Inilah Fakta Mencengangkan tentang Penyakit Flu, Kamu Harus Waspada!

8. Rumah Makan Sop Pak Ginarto Raden Patah Semarang

sop daging Pak Ginarto (Karangdoro) Raden Patah

Selain soto Bangkong, Kota Semarang juga punya salah satu rumah makan yang menawarkan kuliner bercita rasa segar, yaitu Rumah Makan Sop Pak Ginarto Raden Patah.

Rumah makan sederhana yang mengandalkan kuliner sop atau sup ini berlokasi di daerah Karangdoro, Semarang. Tepatnya di Jalan Raden Patah, Semarang. Buka mulai pagi hingga siang hari.

Simak juga: Wow! 3 Bahan Alami Ini Sangat Ampuh untuk Menyingkirkan Bau Busuk Gigi Berlubang

9. Rumah Makan Sop Buntut Pak Supar Semarang

sop buntut Pak Supar

Sama segarnya dengan soto Bangkong dan Sop daging Pak Ginarto, rumah makan yang berlokasi di Jalan Moh. Suyudi 48, Miroto, Semarang Tengah ini juga menawarkan kuliner segar bernama sop buntut.

Sop buntut di rumah makan tersebut sangat terkenal. Tak heran karena rasanya benar-benar lezat banget.

Simak juga: Nggak Nyangka, Bumbu Dapur Seperti Ini Ternyata Sangat Ampuh Meredakan Batuk

10. Gama Ikan Bakar & Seafood Semarang

ikan bakar di Gama ikan bakar & seafood Semarang

Selain Restoran Kampung Laut, di Semarang Anda juga punya alternatif restoran lain untuk menyantap ikan bakar dan aneka seafood. Yaitu, di Restoran Garam Ikan Bakar & Seafood.

Di restoran ini Anda bisa memesan berbagai menu ikan bakar dan aneka masakan laut (seafood). Harganya juga relatif terjangkau. Tempatnya juga cukup nyaman.

Lokasi Restoran Gama Ikan Bakar & Seafood berada di Jalan MT Haryono 870A, Peterongan, Semarang. Buka mulai pukul 10.00.

Simak juga: Gunakan 3 Ramuan Ini untuk Meredakan Batuk Anak, Dijamin Lebih Aman Bunda

Selain 10 restoran dan rumah makan yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak restoran dan rumah makan lain yang juga menyajikan makanan khas Semarang. Tapi paling tidak kesepuluh tempat makan asyik yang menyajikan masakan yang lezat tersebut sudah bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin makan makanan lezat dengan tempat yang nyaman di Semarang. Semoga bermanfaat.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Restoran dan Rumah Makan di Semarang yang Menyajikan Kuliner Khas nan Lezat yang Wajib Kamu Coba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel