10 Kuliner Tradisional Istimewa Khas Idul Adha, Lengkap Resep dan Cara Membuatnya


Loading...
Lebaran Idul Adha adalah hari yang sangat spesial untuk umat Islam. Bagaimana tidak, di hari ini umat Muslim diajarkan untuk berbagi. Di mana mereka yang beriman dan memiliki rezeki lebih diminta untuk berkurban kepada mereka yang tidak mampu.

Wujud dari kurban itu adalah hewan ternak berkaki empat. Di Indonesia sendiri, hewan ternak yang umumnya dikurbankan adalah kambing, sapi, dan kerbau.

Semua orang berpesta. Sebab, tak peduli si kaya maupun si miskin, di hari istimewa itu semua orang bisa makan daging.

daging

Menyambut hari yang seistimewa itu, tak berlebihan rasanya jika semua orang memasak masakan-baik itu kuliner tradisional atau kuliner modern-berbahan daging.

Nah, apa saja kuliner tradisional istimewa yang bisa kita sajikan di Hari H Idul Adha? Simak ulasannya berikut ini.

1. Gulai

gulai

Siapa yang bisa menolak kelezatan gulai. Kuliner warisan nenek moyang ini memang sangat identik dengan kuliner tradisional Indonesia yang memang banyak menggunakan rerempahan.

Dengan kuah yang berasal dari santan, cita rasa gurih gulai semakin kuat terasa. Referensinya bisa Anda lihat pada resep gulai daging sapi istimewa menggoda selera atau Terkuak! Begini cara membuat gulai Bustaman khas Semarang.

2. Sate

sate

Kalau kuliner tradisional yang satu ini makin enak jika dimasak dan dimakan ramai-ramai bersama keluarga dan sahabat. Cara membuatnya juga sangat mudah.

Ini referensinya, Selamat Idul Adha, ini resep sate kambing bumbu kecap, resep sate daging kerbau khas Kudus, atau resep sate maranggi sederhana (daging sapi). Selain tiga resep sate tersebut, sebenarnya sudah banyak aneka resep sate berbahan daging sapi dan daging kambing yang sudah diulas County Food.

3. Krengsengan

krengsengan

Buat Anda yang orang Jawa Timur, pasti sudah sangat familier dengan krengsengan daging. Masakan ini merupakan kuliner tradisional masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Rasanya manis, asin, dan gurih. Ada satu bumbu yang digunakan pada masakan ini yang membuat cita rasanya begitu lezat dan sangat khas. Yaitu, petis.

Simak ulasan resepnya pada resep krengsengan daging kambing istimewa dan resep krengsengan daging sapi Jawa Timur asli enak.

4. Rendang

rendang

Dibanding tiga masakan sebelumnya, mungkin rendang yang paling banyak di suka. Buktinya, kuliner tradisional masyarakat Padang ini telah dinobatkan sebagai makanan terenak sedunia di urutan teratas.

Tak heran karena cita rasa rendang Padang memang istimewa. Rasa bumbu yang kuat dan tekstur dagingnya empuk sungguh lezat dan cocok disantap kapan saja. Itu karena waktu yang digunakan untuk memasak rendang memang cukup lama.

Jika Anda ingin masak rendang, tapi tidak tahu resep dan cara membuatnya, silakan lihat referensinya di resep rendang Nantulang Meisya Siregar atau resep rendang daging kambing spesial Idul Adha.

5. Soto

soto

Bukan cuma daging ayam kampung yang enak dimasak soto. Kalau tahu rahasia resep dan cara membuatnya, kita juga bisa membuat soto daging sapi yang lezat dan istimewa.

Hampir mirip dengan sup, kuah soto juga menonjolkan cita rasa gurih dan segar. Tapi, jika dilihat dari bumbu yang digunakan, yang digunakan pada bumbu soto lebih beragam.

Silakan simak ulasan lengkap mengenai resep dan cara membuat soto pada resep soto kambing kuah bening atau resep soto kuning tetelan daging sapi lezat tiada duanya.

Atau, jika ingin membuat kuah soto yang lebih segar, Anda bisa menyimak ulasannya di Nggak nyangka, ternyata cara membuat soto seger khas Bolyolali itu mudah banget! Tengok yuk resepnya!. Daging ayam kampung yang disebut pada resep tersebut dapat diganti dengan daging sapi, daging kambing, atau bahkan daging kerbau.

6. Tengkleng

tengkleng

Nah, buat Anda yang kebetulan tidak cuma mendapat daging, tapi juga mendapat bagian tulang, kuliner tradisonal yang satu ini sepertinya cocok buat Anda. Pasalnya, bahan utama dari tengkleng khas Solo adalah potongan tulang kambing, pun bisa juga tulang sapi atau kerbau.

Rasa gurih rerempahan berpadu menjadi satu dengan cita rasa gurih dari kaldu. Referensi resepnya ada pada resep tengkleng kambing asli Solo.

Bukan cuma potongan tulang, bagian kepala dan jeroan pun bisa dimasak tengkleng. Dijamin rasanya lezat. Simak ulasannya pada resep tengkleng kepala kambing istimewa dan resep tengkleng jeroan kambing spesial sedap.

7. Tongseng

tongseng

Bagi Anda yang asli orang Jawa Tengah dan berdomisili di wilayah selatan, pasti sudah akrab dengan masakan ini. Ada perpaduan cita rasa gulai pada masakan ini, karena biasanya para pedagang menggunakan kuah gulai saat memasak tongseng. Kalau ingin membuat sendiri simak ulasan resep dan cara membuatnya pada resep tongseng kambing muda bumbu original.

8. Kari

kari

Ada yang bilang kuliner kari aslinya berasal dari India, tapi apapun alasan dan latar belakangnya, masakan ini sudah menjadi bagian dari masyarakat Aceh dan Sumatera. Kari menawarkan cita rasa gurih yang berasal dari kaldu daging dan pedas yang berasal dari aneka rempah yang digunakan sebagai bumbunya.

Ada kari yang sengaja dibuat kental. Sebaliknya ada pula kari yang kuahnya sengaja dibuat agak encer. Nah, varian kari yang terakhir sangat cocok bila disantap dengan lontong atau ketupat.

Jika Idul Adha (Lebaran Kurban) nanti ingin memasak kari, silakan simak resep kari kambing super pedas praktis dan bikin ketagihan atau resep kari daging sapi menggoda selera.

9. Sup (sop)

sup (sop)

Kalau suka soto, kemungkinan besar kamu bakal suka kuliner tradisional bernama sup atau sop. Tapi, membuat sop tak seribet membuat sup. Sebab, selain bumbu yang digunakan sedikit, bahan tambahan atau pelengkap yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

Dibanding sup ayam, tentu cita rasa sop daging kambing, daging sapi, atau daging kerbau lebih istimewa. Simak referensinya pada resep sup kambing kuah bening segarnya membuat ketagihan atau resep sup iga bakar.

10. Oseng mercon

oseng mercon

Kalau kuliner tradisional yang satu ini berasal dari Jogja (Daerah Istimewa Yogyakarta). Umumnya, memang tidak dibuat dari daging, tapi dari bagian tetelan, koyor atau kikil sapi.

Disebut oseng mercon karena cita rasa pedasnya memang sangat keterlaluan, alias super pedas. Bahkan, penggunakan cabai dan bahan utama yang dipakai bisa mencapai 1:1. Maksudnya, jika tetelan atau koyor yang dipakai 1 kilogram, maka jumlah cabai yang digunakan juga 1 kilogram.

Berani mencoba? Simak ulasan resep dan cara membuatnya pada resep oseng-oseng mercon, pedasnya memekakkan telinga atau resep oseng mercon kikil khas Jogja bikin nafsu makan bertambah.

Karena dari 10 masakan tersebut, hampir semuanya menggunakan daging, sepertinya Anda wajib mengetahui trik membuat tekstur daging alot jadi empuk. Semoga berguna, dan selamat Hari Raya Idul Kurban.
Loading...

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Kuliner Tradisional Istimewa Khas Idul Adha, Lengkap Resep dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel